10 Negara dengan Bandara Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Dari ribuan bandara yang tersebar di berbagai belahan Bumi, ternyata Indonesia masuk 10 besar negara dengan bandara terbanyak di dunia.

oleh Therresia Maria Magdalena Morais diperbarui 02 Des 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 02 Des 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi wisatawan di bandara (pixabay)
Ilustrasi wisatawan di bandara (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu metode yang paling cepat, aman, dan mudah untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya adalah dengan menggunakan pesawat. Dalam waktu beberapa jam, seseorang dapat menempuh jarak ribuan kilometer.

Terdapat puluhan ribu landasan pacu yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh dunia. Bandara merupakan tempat yang terdiri dari bangunan-bangunan beragam yang meliputi landasan pacu, tempat lepas landas, pendaratan, serta infrastruktur layanan pesawat lainnya.

Dari ribuan bandara yang tersebar di berbagai belahan Bumi, beberapa negara menonjol dengan jumlah bandara yang banyak. Namun, di antara negara-negara yang memiliki jumlah bandara terbanyak di dunia, di manakah posisi Indonesia?

Indonesia ternyata masuk dalam 10 besar negara dengan bandara terbanyak di dunia. Selain Indonesia, berikut daftar negara dengan bandara terbanyak di dunia, merangkum dari Jagran Josh, Sabtu (2/12/2023):

1. Amerika Serikat

Dengan posisi di antara 10 negara terpadat di dunia dan terus menarik perhatian jumlah kunjungan tertinggi pada tahun 2015, Amerika Serikat (AS) memiliki jumlah bandara terbesar di seluruh dunia.

Dengan 14.712 bandara yang tersebar di berbagai wilayahnya, setiap tahun AS menyambut jutaan wisatawan melalui jaringan penerbangan yang sangat luas. Keunggulan ini terhubung erat dengan persepsi bahwa AS adalah negara terkaya dan paling berpengaruh di dunia, yang menarik orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk mengejar peluang keberhasilannya di sana.

Contohnya, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, yang terkenal sebagai yang terbesar dan tersibuk di Amerika Serikat, tidak hanya unggul dalam layanan penumpang, tetapi juga dalam fasilitas lepas landas dan mendarat, melayani lebih dari 89 juta penumpang setiap tahun sejak tahun 2005.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Brasil

Ilustrasi bendera Brasil (AFP)
Ilustrasi bendera Brasil (AFP)

Meliputi sebagian besar destinasi pariwisata di Amerika Selatan, Brasil menonjol sebagai yang terdepan di bidang ini. Hal ini terbukti dari keberadaan 4.093 bandara, menjadikan Brasil sebagai peringkat kedua negara terbesar di dunia dalam hal infrastruktur bandara.

Berkat keberagaman budayanya dan pesona liburan tropisnya, Brasil menarik banyak perhatian para wisatawan. Bandara Internasional Guarulhos menjadi yang paling sibuk dalam hal jumlah penumpang di Brasil, dengan hampir 40 juta penumpang yang menggunakan layanannya pada tahun 2014.

3. Meksiko

Meksiko berada di peringkat keempat dengan memiliki 1.714 bandara. Perlu diperhatikan bahwa mayoritas bandara di Meksiko masuk dalam kategori kecil hingga menengah. Bandara Internasional Benito Juárez, yang menjadi yang tersibuk di negara ini, melayani lebih dari 38 juta penumpang pada tahun 2015.

4. Kanada

Pesona pariwisata Kanada, dengan pesonanya yang meliputi landmark ikonik seperti Air Terjun Niagara, Menara CN, Gunung Grouse, dan Taman Nasional Banff, menjadi bagian besar dari daya tariknya. Di sisi lain, dalam industri penerbangan, Kanada memiliki beberapa perusahaan terkemuka seperti Air Canada, Air Transat, Canadian North, Canada Jetlines, dan Air Canada Express yang menjadi bagian penting dari keragaman lanskap penerbangannya.


5. Rusia

Jet Pribadi Jatuh
Jet pribadi dengan nomor ekor RA-02795 di bandara di St. Petersburg, Rusia pada 9 Mei 2023. (Luba Ostrovskaya via AP)

Rusia menempati peringkat ketiga di dunia dalam jumlah bandara. Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, sektor penerbangan Rusia terus berkembang pesat, didorong oleh sejarah pentingnya sebagai pusat produksi dan pengujian pesawat selama Perang Dunia II.

Bandara Domodedovo Moskow, yang dinamai dari kota Domodedovo, menjadi gerbang internasional terbesar di Rusia.

6. Argentina

Di Argentina, terdapat 916 bandara yang tersebar di seluruh wilayahnya. Aeroparque Jorge Newbery Buenos Aires adalah bandara tersibuk di negara ini. Beberapa perusahaan penerbangan terkemuka di Argentina meliputi Aerolineas Argentinas, Andes Lineas Aereas, dan Flybondi.

Sementara maskapai penerbangan ini populer di dalam negeri, namun ada juga raksasa-raksasa global seperti Singapore Airlines Limited, Delta Air Lines, Inc., dan American Airlines Group Inc. yang mendapat pengakuan di skala global.

7. Bolivia

Bolivia memiliki 855 bandara, dengan Bandara Internasional Viru Viru menjadi yang tersibuk. Perusahaan penerbangan Bolivia yang terkenal termasuk Aeroeste, Línea Aerea Amaszonas, dan EcoJet.


8. Kolombia

Ilustrasi bendera Kolombia (pixabay)
Ilustrasi bendera Kolombia (pixabay)

Keragaman budaya dan kemajuan infrastruktur membuat Kolombia menjadi destinasi wisata yang menarik, dan hal ini tercermin dalam jaringan bandaranya yang luas, mencapai hampir 836 bandara. Perusahaan-perusahaan penerbangan kunci di Kolombia termasuk Avianca, Viva Colombia, dan LATAM Colombia.

9. Paraguay

Paraguay berada di peringkat di antara 20 negara teratas dengan jumlah bandara terbanyak di seluruh dunia, yang kini mencapai hampir 800 bandara. Beberapa dari perusahaan penerbangan utama di Paraguay adalah LATAM Paraguay dan Paranair.

10. Indonesia

Indonesia, yang dikenal dengan hidangan lezatnya dan kebudayaannya yang unik, menjadi tujuan wisata terkenal di dunia dengan dukungan dari 673 bandara. Di peta penerbangan Indonesia, maskapai penerbangan utama seperti Batik Air, Garuda, Wings Air, dan Lion Air memainkan peran penting.

Infografis Pemicu Tiket Pesawat Mahal & Taktik Turunkan Harga
Infografis Pemicu Tiket Pesawat Mahal & Taktik Turunkan Harga (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya