24 WNI Dapat Beasiswa di Community College Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri AS memberikan beasiswa kepada 24 warga negara Indonesia untuk mengikuti Program Community College Initiative (CCI) di Amerika Serikat selama satu tahun.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 06 Jun 2024, 15:02 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 15:02 WIB
24 Penerima Beasiswa Siap Belajar di Community College di AS
Departemen Luar Negeri AS memberikan beasiswa Program Community College Initiative (CCI) kepada 24 warga negara Indonesia untuk belajar selama satu tahun akademik di sejumlah community college di wilayah Amerika Serikat. (Dok: U.S. Embassy Jakarta-Press Office).

Liputan6.com, Jakarta - 24 warga negara Indonesia telah diberikan beasiswa Program Community College Initiative (CCI) oleh Departemen Luar Negeri AS, untuk belajar selama satu tahun di beberapa community college di Amerika Serikat.

Program CCI ini dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bersama dengan konsorsium community college yang berbasis di Northern Virginia Community College.

Para penerima beasiswa berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, dan provinsi-provinsi di Papua. Mereka mengikuti orientasi pra-keberangkatan yang sedang berlangsung selama tiga hari di Jakarta, mulai tanggal 4 hingga 6 Juni 2024, untuk mempersiapkan diri menghadapi pengalaman akademis dan budaya di Amerika Serikat.

Pada kegiatan orientasi pra-keberangkatan hari Selasa (4/6/2024), Pejabat Urusan Kebudayaan Kedutaan Besar AS di Jakarta Emily Y. Norris mengatakan, “Di tahun istimewa perayaan 75 tahun hubungan AS-Indonesia ini, kami senang melihat banyak peserta yang dapat berangkat ke AS untuk mempelajari keterampilan baru dan memperluas hubungan antar masyarakat yang mendasari semua aspek kemitraan strategis komprehensif kami dengan Indonesia."

Direktur Layanan Dukungan Strategis di PT Freeport Indonesia Scott Hanna juga turut menghadiri acara pembukaan tersebut.

PT Freeport Indonesia memberikan dukungan kepada tujuh penerima Program CCI yang berasal dari provinsi Papua, Papua Barat Daya, dan Papua Barat, sebagai wujud komitmennya terhadap pengembangan pendidikan di wilayah tersebut.

“Kami bangga melanjutkan kemitraan jangka panjang kami dengan AMINEF untuk memberikan kesempatan bagi warga Papua belajar di Amerika Serikat. Program beasiswa ini menunjukkan komitmen kami terhadap pendidikan dan membantu membangun masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Papua,” ujar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat upacara penandatanganan MoU untuk memperbarui kemitraan dengan AMINEF pada 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Orientasi Pengarahan Tentang Studi di AS

24 Penerima Beasiswa Siap Belajar di Community College di AS
Departemen Luar Negeri AS memberikan beasiswa Program Community College Initiative (CCI) kepada 24 warga negara Indonesia untuk belajar selama satu tahun akademik di sejumlah community college di wilayah Amerika Serikat. (Dok: U.S. Embassy Jakarta-Press Office).

Mitra AMINEF di AS untuk Program CCI, Matthew J. Sacco selaku Program Officer di Kantor Program Pendidikan Global, Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Luar Negeri AS, dan Sara Mohamed selaku Direktur Interim di Tim Administrasi Program CCI Northern Virginia Community College, juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut secara daring, untuk memberikan pidato dan dukungan kepada para penerima beasiswa.

Orientasi yang diselenggarakan oleh AMINEF ini mencakup pengarahan komprehensif mengenai berbagai aspek kehidupan dan studi di Amerika Serikat.

Sesi-sesi ini dirancang untuk memastikan bahwa para penerima beasiswa siap menghadapi perjalanan mereka. Selain itu, alumni Program CCI juga diundang untuk berbagi pengalaman pribadi dan wawasan mereka dengan para penerima beasiswa yang akan berangkat sehingga menjadi bekal nasihat dan dukungan yang sangat berharga.

Nadya Rima Damayanti, penerima beasiswa CCI 2020 mengatakan, "Berpartisipasi dalam Program CCI adalah pengalaman yang mengubah banyak aspek dalam hidup saya. Pengalaman belajar di AS membuka peluang besar untuk karier saya di Indonesia. Pengalaman sukarelawan juga memberikan perspektif yang kemudian saya terapkan dalam berbagai proyek di kota asal saya."


Mengenai Program CCI

Ilustrasi Formulir Pendaftaran Beasiswa
Ilustrasi Beasiswa (freepik/rawpixels)

Program Community College Initiative (CCI) menyediakan program akademik non-gelar berkualitas di community college AS yang bertujuan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris.

Seperti dikutip dari laman aminef.or.id, program ini juga memberikan kesempatan untuk magang profesional, pembelajaran layanan dan kegiatan keterlibatan masyarakat.

Peserta CCI direkrut dari komunitas yang secara historis kurang terwakili dan kurang dilayani.

Di Indonesia, hal ini berarti AMINEF bertujuan untuk merekrut pelamar di luar kota-kota besar Indonesia dan di provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa, yang secara historis memiliki sedikit kesempatan untuk studi di luar negeri.

Adapun bidang studi yang ditawarkan mencakup;

  • Pertanian
  • Teknik Terapan
  • Manajemen/Bisnis Administrasi
  • Pendidikan Anak Usia Dini
  • Teknologi Informasi (TI)
  • Media Digital, Jurnalisme, dan Komunikasi (sebelumnya: Media)
  • Layanan Sosial, Kesehatan, dan Keselamatan Masyarakat
  • Manajemen Pariwisata dan Perhotelan

Manfaat Beasiswa Program CCI

Ilustrasi kuliah
Ilustrasi mahasiswa sedang membaca di perpustakaan (dok.unsplash/ Eliott Reyna)

Program CCI akan menyediakan pendanaan untuk mendukung visa J-1, yang mencakup perjalanan pulang-pergi dari kota asal peserta ke institusi tuan rumah di Amerika Serikat.

Termasuk biaya lain seperti biaya kuliah, biaya wajib, akomodasi dan makanan, tunjangan kecil untuk buku dan pengeluaran tambahan, cakupan kecelakaan dan penyakit terbatas yang sesuai dengan visa J, serta berbagai kegiatan pengembangan pribadi dan profesional.

Mahasiswa akan dijadwalkan secara berkelompok oleh community college yang dipilih secara kompetitif untuk berpartisipasi dalam program ini. Mahasiswa diwajibkan untuk pulang ke rumah pada akhir program mereka dan tidak diizinkan untuk pindah ke institusi akademik selama empat tahun di AS.

Dengan catatan bahwa peserta CCI mungkin dapat memperoleh sertifikat di bidang akademik studi mereka masing-masing, tergantung pada kampus tuan rumah, penawaran akademik yang tersedia, dan penyelesaian sukses kursus yang diperlukan.

Meskipun sertifikat dari kampus tuan rumah merupakan kredensial yang sah, sertifikat tersebut bukanlah gelar. Peserta tidak dapat pindah dari status non-gelar ke status gelar selama program mereka di bawah keadaan apapun.

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya