Panas Ekstrem Hantam Wilayah Antartika, Ancaman Klimatologi Global

Ilmuwan khawatir akan kondisi Antartika di masa depan dan konsekuensinya bagi jutaan orang di seluruh dunia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Agu 2024, 19:10 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 19:10 WIB
Permukaan Air Laut Meningkat, Pencairan Lapisan Es Antartika Barat Tidak Dapat Dihindari
Pencairan lapisan es di Antartika Barat akan meningkat dan tidak bisa dihindari dalam beberapa dekade mendatang. (Photo: I. NOYAN YILMAZ/SCIENCE PHOTO LI via AFP)

Liputan6.com, Antartika - Sebuah rekor gelombang panas yang sedang berlangsung di tempat yang seharusnya paling dingin di Bumi telah menimbulkan kekhawatiran ilmuwan.

Mereka khawatir, hal buruk bisa terjadi untuk kesehatan kontinen Antartika di masa depan dan konsekuensinya bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Dilansir CNN, Rabu (7/8/2024), suhu sejak pertengahan Juli telah naik hingga 50 derajat Fahrenheit atau 10 derajat Celcius di atas normal di beberapa bagian Antartika, dan kehangatan tidak biasa ini mungkin akan terus berlangsung selama setengah pertama bulan Agustus.

Data terbaru menunjukkan suhu tinggi di bagian timur Antartika – tempat kondisi abnormal paling berat – yang biasanya berkisar antara minus 58 hingga minus 76 derajat Fahrenheit sekarang lebih dekat mendekati minus 13 hingga minus 22 derajat Fahrenheit.

Meskipun suhu itu masih sangat dingin, Bismarck, North Dakota, telah mencapai minus 20 derajat setidaknya satu kali setiap tahun sejak tahun 1875. Suhu dingin biasa musim dingin Antartika seharusnya beroperasi pada tingkat yang tidak dapat dibayangkan oleh kebanyakan orang di AS.

Jika es di seluruh Antartika meleleh, maka ini akan meningkatkan rata-rata permukaan laut global dengan lebih dari 150 kaki. Bahkan fitur es kecil seperti yang disebut Doomsday Glacier juga dapat meningkatkan permukaan laut hingga 10 kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mungkin Akan Terjadi Lagi di Masa Depan

Gunung Es Terbesar
Gambar satelit yang diambil oleh satelit Copernicus Sentinel-3 pada 15 November 2023 dan dirilis oleh Maxar Technologies pada 26 November 2023, menunjukkan gunung es A23a (CR) di dekat Pulau Joinville (CL), di Samudra Selatan. Gunung es terbesar di dunia, yang terpisah dari garis pantai Antartika pada 1986, kini mulai bergerak setelah lebih dari 30 tahun. Luasnya hampir 4.000 km persegi (1.500 mil persegi), lebih dari dua kali luas London Raya, dan tebalnya kira-kira 400 m (1.312 kaki). (HANDOUT / COPERNICUS SENTINEL-3 / AFP)

Seorang ahli meteorologi peneliti di Pusat Penelitian dan Data Meteorologi Antartika di Universitas Wisconsin-Madison, David Mikolajczyk, mengatakan bahwa ada kemungkinan gelombang panas seperti ini akan terjadi lagi di musim dingin mendatang, yang dapat membuat benua es itu kurang terlindungi untuk musim terpanasnya dan lebih rentan terhadap pencairan selama gelombang panas berikutnya.

Pencairan Antartika yang meningkat juga berpotensi mengubah sirkulasi samudra global, kata Mikolajczyk kepada CNN. Sirkulasi ini memainkan peran yang sangat besar dalam membuat iklim planet ini layak huni.

"Saya yakin lebih banyak (dampak) akan muncul seiring waktu saat kita memahami (gelombang panas ini) dengan lebih baik," kata Thomas Bracegirdle, wakil pemimpin sains untuk tim Atmosfer, Es, dan Iklim Survei Antartika Inggris.


Berdampak dalam Jangka Waktu Panjang

Ilustrasi melelehnya  lapisan es di perairan Antartika (AFP/Vanderlei Almeida)
Ilustrasi melelehnya lapisan es di perairan Antartika (AFP/Vanderlei Almeida)

Bracegirdle mengatakan kepada CNN bahwa suhu dalam peristiwa ini memecahkan rekor dan merupakan sinyal penting tentang apa yang mungkin terjadi dalam jangka panjang. Menurutnya, gelombang panas sebesar ini seharusnya cukup jarang terjadi di Antartika dan para ilmuwan belum yakin apakah gelombang itu terjadi lebih sering.

"Yang dapat kami katakan pada tahap ini adalah bahwa suhu ekstrem yang lebih tinggi adalah apa yang kami harapkan (di Antartika) di bawah iklim yang berubah, tetapi untuk peristiwa khusus ini kami harus mempelajarinya lebih lanjut," kata Bracegirdle.

Menurut analisis dari Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa, hal itu juga berkontribusi signifikan terhadap hari terpanas baru di Bumi yang tercatat pada akhir Juni.

Infografis Suhu Panas dan Gerah Melanda Sejumlah Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Suhu Panas dan Gerah Melanda Sejumlah Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya