Warga Pakistan Disalahkan atas Maraknya Penjualan Benda Kedaluwarsa di Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki masalah dengan barang palsu dan orang asing yang menyewa tempat usaha untuk menjual makanan kedaluwarsa.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 08 Sep 2024, 01:06 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 13:37 WIB
Ilustrasi makanan kedaluwarsa. (Unsplash/Markus Spiske)
Ilustrasi makanan kedaluwarsa. (Unsplash/Markus Spiske)

Liputan6.com, Johannesburg - Awal tahun ini, Independent Media melaporkan bahwa ekonomi Afrika Selatan merugi miliaran setiap tahun karena maraknya penjualan makanan palsu dan barang palsu, kegiatan penambangan ilegal, alkohol ilegal, bahan bakar, dan rokok ilegal.

Sebuah laporan oleh Transnational Alliance to Combat Illicit Trade (Tracit), yang dirilis bersama Business Unity South Africa, mengindikasikan bahwa perdagangan gelap menimbulkan bahaya bagi ekonomi.

Esteban Giudici, penasihat kebijakan senior di Tracit, baru-baru ini mengatakan tentang laporan tersebut: “Kami memiliki masalah dalam menangani korupsi, yang memfasilitasi perdagangan barang terlarang.”

Sentimennya digaungkan pada oleh Menteri Kepolisian Bheki Cele, yang memimpin Operasi Shanela untuk menindak produk palsu di Johannesburg, dikutip dari iol.co.za, Jumat (6.9/2024).

Cele mengatakan, Afrika Selatan memiliki masalah dengan barang palsu dan orang asing yang menyewa tempat usaha untuk menjual makanan palsu dan kedaluwarsa serta barang-barang lainnya kepada warga Afrika Selatan.

Sebelumnya, anggota SAPS melakukan penggerebekan dengan menyita rokok ilegal dan makanan kedaluwarsa di beberapa gedung yang ditempati secara ilegal di pusat kota.

Mereka kemudian meluncurkan perburuan terhadap orang-orang yang telah menyewa gedung di Johannesburg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjual Barang Palsu

Beras Merah
Ilustrasi Beras Merah Credit: freepik.com

Menurut laporan polisi, beberapa penangkapan dilakukan dalam proses tersebut, dengan ditemukannya identitas palsu, paspor, dan barang palsu lainnya.

Krim pemutih kulit dan pil peningkat performa seksual adalah beberapa dari sekian banyak produk yang disita oleh polisi di CBD sebagai bagian dari peluncuran Operasi Shanela.

Pejabat Kementerian Kepolisian, Dalam Negeri, dan Departemen Tenaga Kerja juga menjadi bagian dari operasi tersebut.

Cele mengatakan, langkah selanjutnya adalah menemukan orang-orang yang menyewakan bangunan tersebut kepada orang-orang yang menjual barang-barang ini.

"Operasi ini adalah salah satu dari sekian banyak operasi di seluruh kota dalam bulan lalu yang dimaksudkan untuk memberantas operasi ilegal di tempat-tempat yang rawan seperti Johannesburg CBD," katanya.

Polisi menemukan barang-barang terlantar dan menyita barang-barang palsu dan rokok ilegal senilai lebih dari 1 juta Rand Afrika Selatan.

Minggu lalu, polisi di Westenburg, Polokwane, menemukan banyak imigran ilegal, sebagian besar menjual barang-barang kedaluwarsa.


Barang Kedaluwarsa

beras ketan
ilustrasi beras/Photo by Foto T on Unsplash

Polisi melaporkan bahwa sebagian besar toko kelontong memiliki barang-barang kedaluwarsa di rak-rak mereka, dan terkadang tanggal kedaluwarsanya terhapus.

Banyak warga di daerah tersebut mengeluhkan bahwa penjualan makanan kedaluwarsa merupakan hal yang umum di sebagian besar toko makanan ringan milik warga negara Pakistan.

Polisi menyita dan memusnahkan produk makanan yang ditemukan.

Dilaporkan bahwa hanya ada sedikit pengawas makanan yang mengawasi banyak toko makanan ringan yang menjual makanan palsu dan kedaluwarsa.

Cele mengatakan dia terkejut menemukan toko-toko milik warga negara Afrika Selatan disewakan kepada imigran ilegal, yang akhirnya menggunakannya untuk menjual produk palsu dan kedaluwarsa.

“Toko-toko ini dimiliki oleh warga negara Afrika Selatan. Mereka menyewakannya kepada warga negara asing."

“Kami katakan itu salah. Itulah sebabnya kami harus mendapatkan daftar toko-toko tersebut, dan jika mereka tidak menggunakannya, mereka harus memberikannya kepada orang lain yang dapat menggunakannya."

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya