Gawat! Polisi Sita 100 Ton Bahan Pembuat Bom Siap Ledak

Pasukan keamanan telah menyita 100 ton bahan pembuat bom dari sebuah ruangan.

oleh Tan diperbarui 21 Agu 2013, 07:25 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2013, 07:25 WIB
peledak-pakistan-130821a.jpg
Pasukan keamanan telah menyita 100 ton bahan pembuat bom dari sebuah ruangan. Tak hanya itu, mereka juga menahan 10 orang dalam serangan di Quetta, Pakistan.

"Bungkusan itu berisi bahan kimia yang digunakan untuk mencampur bom, kabel dan peralatan peledak lain," kata Kolonel Maqbool Shah," seperti dimuat dalam CNN yang dilansir Rabu (21/8/2013).

Bahan peledak yang ditemukan itu, lajut Kolonel Maqbool, adalah jenis yang sama yang digunakan dalam 2 serangan di Pakistan awal tahun 2013, dengan korban meninggal lebih dari 120 orang.

Provinsi Balochistan, di Ibukota Quetta, memang sering terjadi serangan oleh Taliban serta kekerasan sektarian.

Penyitaan bahan peledak itu berawal dari tangkapan 2 sopir truk yang membawa 15 ton potasium klorat. Lalu mereka memberitahu penyidik ​​tentang keberadaan potasium klorat, asam amonium klorat, peralatan peledak dan mesin untuk mencampur bahan bersama-sama di sebuah kompleks di Pakistan.

80 drum bahan peledak yang ditemukan itu sudah disiapkan dengan baik, dan siap untuk diledak jika detonator telah terpasang.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan bahwa hari ini kita diselamatkan, Quetta khususnya dan Balochistan umumnya dari kecelakaan besar," tambah Maqbool.

Hingga saat ini belum ada kelompok yang diidentifikasi sebagai pemilik peralatan pembuat bom itu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya