Komandan Pengawal Presiden Liberia Selundupkan 297 Kg Ganja

Perry Dolo tertangkap membawa ganja menggunakan mobil dinas yang biasa digunakan untuk mengawal rombongan presiden.

oleh Riz diperbarui 12 Nov 2013, 10:43 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2013, 10:43 WIB
selundup-ganja-liberia-131112b.jpg

Perry Dolo, komandan pengawal Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf dibekuk lantaran menyelundupkan ganja. Ia tertangkap membawa ganja menggunakan mobil dinas yang biasa digunakan untuk mengawal iring-iringan presiden.

"Kepala pengawal presiden di Liberia ditangkap menggunakan Escort 1 yang biasa ia gunakan untuk mengawal rombongan Presiden Ellen Johnson Sirleaf," Kepala Badan Narkoba (DEA) Liberia Anthony Souh, seperti dimuat BBC, Selasa (12/11/2013).

Dia menjelaskan, kejadian terjadi saat Perry melintas Sierra Leone. Kemudian mobilnya diperiksa aparat perbatasan dan ditemukan ganja dengan jumlah yang banyak: 297 kilogram. Perry pun langsung ditangkap dan digelandang ke kantor polisi.

"Saat ini, Perry sedang kami interogasi," ujar Anthony.

Setelah pemeriksaan selesai. Perry akan langsung disidang. Menurut Anthony, ini merupakan kasus terbesar lantaran menggunakan mobil dinas dan jumlah ganjanya begitu besar.

"Kami akan kirim dia secepatnya ke pengadilan. Memang dia tidak sedang bertugas tapi menggunakan mobil dinas," jelas Perry.

DEA Liberia saat ini sedang gencar menindak maraknya peredaran narkoba di perbatasan negara. Sejauh ini, sejumlah penyelundup telah ditangkap. Namun badan antinarkoba tersebut masih belum menemukan pemasok utamanya.

Menurut data Badan Narkoba dan Kriminal PBB, 9% siswa SMA Liberia menggunakan narkoba di negara yang masih proses pembenahan setelah perang sipil 1 dekade atau 10 tahun lalu ini. (Riz/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya