Teman-teman Terdekat Narsis? Kemungkinan Besar Anda Juga

Orang narsis cenderung memilih bergaul dengan tipikal orang yang sama.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 16 Mar 2016, 19:33 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2016, 19:33 WIB
Narsis
Ternyata orang yang memiliki skor nilai narsis tinggi memiliki teman yang juga mendapat nilai yang hampir sama.

Liputan6.com, Jakarta Jika teman-teman Anda narsis, kemungkinan besar sifat narsistik juga ada pada Anda. Hal tersebut terungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Social Psychology.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan dari Humbolt University di Jerman. Mereka menganalisis tipikal karakter dari 290 pasangan sahabat. Para responden kemudian diklasifikasikan sebagai sosok yang narsis, manipulatif, psychopathology, serta keterbukaan, dan keramahan.

Ternyata orang yang memiliki skor nilai narsis tinggi memiliki teman yang juga mendapat nilai yang hampir sama. Hal ini berlaku bagi hubungan persahabatan antarperempuan, antarlaki-laki maupun laki-laki dengan perempuan.

Menurut peneliti hal ini bisa terjadi karena orang narsis cenderung memilih bergaul dengan tipikal orang yang sama seperti tertulis dalam laman Women's Health, Rabu (16/3/2016).

Meski ini studi kecil namun hasilnya menarik. Sayangnya peneliti tidak menanyakan lebih lanjut apakah responden puas dengan persahabatan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya