Generasi Milenial Harus Cerdas Saat Beli Kosmetik secara Online

Marak iklan kosmetik di dunia digital, jangan sampai beli yang ilegal atau mengandung bahan berbahaya.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 11 Mei 2018, 16:15 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2018, 16:15 WIB
Ilustrasi Kosmetik 2 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi beli kosmetik secara online

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengingatkan generasi milenial agar cerdas saat membeli kosmetik secara online. Jangan sampai membeli kosmetik ilegal atau mengandung bahan berbahaya di tengah maraknya iklan di dunia digital dan fenomena kehadiran beauty vlogger atau blogger.

"Produk (kosmetik) yang dijual secara online belum tentu memenuhi persyaratan keamanan mutu dan manfaat," kata Penny dalam sambutan 'Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Milenial' yang dibacakan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, Mayagustina Andarini di Bandung, Jumat (11/5/2018).

Lalu, banyak juga produk kosmetik online yang dijual dengan harga murah dengan merek terkenal. Hal ini terkadang membuat konsumen jadi kurang waspada dengan produk yang dibeli yang mungkin saja ilegal atau mengandung bahan berbahaya.

Melalui kegiatan kampanye yang diikuti oleh komunitas remaja tingkat sekolah menengah atas, produsen dan asosiasi serta lembaga pemerintah dan satuan kerja perangkat daerah di Kota Bandung ini, BPOM berharap masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial, menjadi konsumen cerdas. Konsumen ini dapat melindungi diri sendiri dari kosmetik berisiko bagi kesehatan di tengah maraknya promosi dan penjualan kosmetik secara online.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang kita bersama untuk perlindungan kepada masyarakat Indonesia dari kosmetik ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya serta dapat membentuk konsumen cerdas dalam memilih kosmetika yang aman, bermanfaat, dan bermutu dengan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)”, ajak Penny. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sorot generasi milenial

'Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Milenial' di Bandung pada Jumat 11 Mei 2018. (Foto: Humas BPOM)
'Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Milenial' di Bandung pada Jumat 11 Mei 2018. (Foto: Humas BPOM)

Fokus utama BPOM dalam memberi informasi dan edukasi cerdas membeli kosmetik secara online adalah generasi milenial. Pasalnya, dibanding generasi lain, anak milenial lebih akrab dengan dunia digital.

"Generasi milenial lebih sering terpapar dengan beragam informasi tentang kosmetik melalui iklan online serta beauty blogger dan beauty vlogger yang sekarang sedang marak," tutur Penny. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya