Jangan Bunuh Laba-laba yang Ada di Rumah, Apa Sebabnya?

Ketika Anda menemukan dan melihat laba-laba di rumah, hindari membunuh laba-laba, apa alasannya?

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 21 Mei 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi laba-laba
Jangan bunuh laba-laba yang ada di rumah. (iStock)

Liputan6.com, Amerika Serikat Jika biasanya Anda menemukan laba-laba berkeliaran di dalam rumah, lalu membunuhnya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Ini karena laba-laba adalah bagian penting dari alam dan ekosistem.

Beberapa laba-laba tidak sengaja terjebak di dalam rumah, sedangkan laba-laba lain sebagai penghuni tetap di rumah. Laba-laba juga menikmati hidup di dalam ruangan yang besar. Mereka dengan senang hati menjalani hidup dan berkembangbiak.

Jenis laba-laba yang ada di rumah hampir semua tidak agresif atau berbahaya. Mereka mungkin menyediakan layanan untuk manusia, seperti makan hama, bahkan memakan laba-laba lainnya.

Survei pernah dilakukan terhadap 50 rumah di North Carolina, Amerika Serikat oleh Matt Bertone dari North Carolina State University untuk menganalisis jenis laba-laba. Laba-laba membangun jaring, yang mana mereka berbaring menunggu mangsa terjebak.

Meskipun laba-laba adalah predator, yang cenderung memakan apa pun yang dapat ditangkap, laba-laba secara teratur menangkap hama juga serangga pembawa penyakit kepada manusia, misalnya nyamuk.

Bahkan ada spesies laba-laba yang lebih suka makan nyamuk yang penuh darah di rumah-rumah Afrika, dilansir dari Independent, Senin (21/5/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lepaskan laba-laba di luar

cikole
Alih-alib bunuh, lepaskan laba-laba di luar rumah. (foto:Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Laba-laba tidak sengaja berkeliaran dan sebenarnya lebih suka menghindari manusia di rumah. Gigitan dari laba-laba sangat langka.

Jika Anda terganggu dengan laba-laba di rumah, apartemen, garasi, atau di mana pun. Alih-alih membunuhnya, cobalah menangkap, lantas melepaskannya di luar rumah.

Laba-laba akan mencari tempat lain untuk pergi. Tapi jika Anda bisa mengatasinya, boleh saja ada laba-laba di rumah. Sebenarnya, itu normal. Jika Anda tidak melihat, laba-laba mungkin saja tetap ada di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya