Sering Dibuang, 6 Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Berkhasiat

Ada beberapa bagian dari buah dan sayur berikut kerap dibuang, padahal bermanfaat untuk kesehatan lho. Salah satunya daun stroberi.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jul 2018, 17:30 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2018, 17:30 WIB
Buah & Sayur di Kulkas Anti Layu dengan Lakukan Hal Sederhana Ini
Salah satunya jangan buah daun stroberi yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Saat mengonsumsi buah dan sayur kita terbiasa memilih yang dianggap perlu saja. Bagian daun, biji, kulit, serta beberapa bagian lain kerap dibuang karena dianggap tak memiliki manfaat.

Ternyata, justru ada bagian dari buah dan sayuran yang sering dianggap remeh dan dibuang sia-sia memiliki aneka manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa bagian buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan Anda, dilansir dari laman Boldsky, Jumat (20/7/2018).

1. Daun stroberi

Jangan buang daun stroberi. Cuci bersih, dan bisa dimasukkan ke dalam juicer untuk dihaluskan bersamaan dengan stroberi.

Daun stroberi  mengandung kalsium, vitamin C, dan banyak zat besi yang baik bagi tubuh. 

Cara lain mengonsumsi daun stroberi dengan menjadikan teh. Siapkan 6 - 7 daun lalu masukkan ke dalam air panas sekitar 5 menit, kemudian Anda sudah dapat mengonsumsinya.

2. Kulit bawang merah

Lapisan kulit terluar bawang merah adalah hal yang tidak mungkin karena sulit dikunyah dan ditelan. Namun, lapisan terluar bawang memiliki quercetin lebih banyak 45 persen dibandingkan lapisan di dalamnya.

Kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi hipertensi dan mengobati demam. Setelah dicuci bersih, masukkan ke dalam makanan yang sedang dimasak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Biji labu madu (butternut squash)

Khasiat Si Manis Labu Madu Kesukaan Orang Kaya
Buah yang dikenal di luar negeri dengan nama pumpkin butternut itu namanya sedang naik daun. (Liputan6.com/Gun ES)

 

Biji labu muda kerap dibuang karena dianggap tak bermanfaat. Padahal, biji satu ini mengandung banyak protein, serat, vitamin A, folat, kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan sangat penting, seng. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan seng sangat penting untuk fungsi kognitif, kekebalan, penyembuhan luka, dan sistem reproduksi.

Untuk menginsumsi biji labu pun mudah. Anda hanya perlu mencuci biji kemudian memanggangnya.

4. Inti Nanas

Inti nanas dapat dimakan dengan sempurna atau dengan dicincang menjadi potongan-potongan halus yang kemudian ditambahkan ke salad buah atau makanan penutup.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa inti nanas dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.


5. Kulit Kiwi

Buah kiwi (iStock)
Ilustrasi buah kiwi (iStockphoto)

Lapisan terluar buah kiwi mengandung banyak vitamin E, vitamin C, dan folat. Kandungan tersebut dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Mengonsumsi kulit buah kiwi dapat meningkatkan sebanyak tiga kali lipat asupan serat yang berguna sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

 

6. Lapisan terluar kubis

Lapisan ini ternyata mengandung banyak karotenoid yang berfungsi untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan karotenoid memiliki efek antioksidan.

Lapisan terluar kubis ini dapat dikonsumsi dengan mencucinya, kemudian potong-potong sesuai selera Anda. Kemudian Anda dapat menumis dengan sedikit tambahan minyak zaitun dan rempah-rempah. Setelah itu, Anda dapat menambahkan lapisan kubis ini ke sajian salad.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya