Jubir Reisa: MaskerJangan Cuma Jadi Hiasan di Dagu dan Leher

Jubir Reisa tegaskan jangan jadikan masker hiasan di dagu dan leher.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 19 Sep 2020, 12:12 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2020, 12:12 WIB
Reisa Broto Asmoro
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan protokol kesehatan harus dilaksanakan tanpa terkecuali saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan untuk menggunakan masker dengan benar. Hindari menjadikan masker sebagai hiasan di dagu dan leher.

"Ingat, selalu pakai masker dengan baik dan benar, jangan asal-asalan. Tutupi bagian hidung sampai  dagu. Ini penting sekali," tegas Reisa saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

"Jangan malah (masker) dijadikan hiasan untuk menutupi dagu saja atau leher. Saya masih melihat beberapa orang malah dikalungkan saja maskernya di leher."

Lebih lanjut, Reisa menyarankan, membawa masker lebih dari satu tatkala beraktivitas di luar rumah.

"Selalu siapkan lebih dari satu masker per harinya, terutama ketika kita beraktivitas di luar rumah. Kemudian jaga jarak aman, jauhi kerumunan, lebih banyak di rumah. Kalau keluar rumah hanya untuk kepentingan yang mendesak," sarannya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Protokol Kesehatan di Rumah

Berendam atau Mandi dengan Shower
Protokol kesehatan di rumah. Credit: pexels.com/Jonathan

Masyarakat juga sebaiknya tetap menjaga jarak aman saat keluar rumah. Protokol kesehatan lain pun harus tetap dilakukan.

"Dengan orang lain, sekalipun itu teman kita sendiri ya tetap jaga jarak aman ya. Minimal 1 hingga 2 meter. Dan yang tidak kalah penting juga kita harus sering rutin mencuci tangan dengan baik, yakni pakai sabun dan air mengalir," tambah Reisa.

"Atau kalau tidak ada air, gunakanlah hand sanitizer. Jadi, hand sanitizer dibawa saja ke mana pun kita pergi."

Selanjutnya, kalau kita telah beraktivitas di luar rumah, sebelum masuk ke dalam rumah, harus menerapkan protokol kedatangan dengan baik.

"Lepas sepatu/sandal di luar rumah, bersihkan barang bawaan yang kita bawa keluar rumah. Lalu bersihkan badan (mandi) sampai bersih. Baru bertemu dengan anggota keluarga kita," ujar Reisa,

"Saya yakin, kita semua pasti bisa melakukannya."


Infografis Masker Dicari, Masker Ditimbun

Infografis Masker Dicari, Masker Ditimbun. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Masker Dicari, Masker Ditimbun. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya