Ganip Warsito Fokus Pantau Potensi Kenaikan Tempat Tidur COVID-19

Ganip Warsito ikut fokus memantau potensi kenaikan keterisian tempat tidur COVID-19 di daerah.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 07 Jun 2021, 15:37 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2021, 15:00 WIB
Kepala BNPB Ganip Warsito
Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito memberikan arahan kepada 450 prajurit TNI dalam apel gelar pasukan di Makodim 0722 Kudus, Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021). (Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito ikut fokus memantau potensi kenaikan keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) COVID-19 di daerah. Apalagi saat ini terjadi ledakan kasus COVID-19 di sejumlah daerah, seperti Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

"Saya selaku Ketua Satgas COVID-19 akan fokus di lapangan (memantau) di daerah mana saja yang BOR (berpotensi) akan meningkat. Kami akan intervensi, berkoordinasi dengan kementerian terkait, TNI, polri, dan pemerintah daerah," terang Ganip usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 7 Juni 2021.

Langkah selanjutnya dalam menghadapi lonjakan COVID-19 dengan peningkatan testing dan tracking. Tak lupa protokol kesehatan juga harus terus digencarkan.

"Kami akan terus meningkatkan jumlah pemeriksaan dan tracking juga pendisipinan protokol kesehatan. Kami selalu mengimbau kepada pemerintah daerah dan Satgas di daerah untuk memastikan tentang ketersediaan tempat tidur terkait antisipasi lonjakan COVID-19," lanjut Ganip Warsito.

"Ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit, tenaga kesehatan. Kemudian tempat isolasi mandiri ini terus-menerus dipantau."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Pendampingan Kapasitas RS

20 Warga Cipayung Terpapar COVID-19 Dibawa ke Wisma Atlet
Warga saat akan dibawa ke wisma atlet di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta, Jumat (21/5/2021). 20 warga diantaranya 17 orang bergejala ringan dibawa ke Wisma Atlet, 3 orang bergejala sedang dibawa ke RSUD Ciracas dan 12 orang OTG isolasi mandiri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Strategi koordinasi penanganan COVID-19, Ganip Warsito tegaskan berupa pendampingan, dari tingkat mikro (RT/RW) sampai pemerintah daerah.

"Pertama, kami akan melakukan pendampingan mulai tingkat mikro sampai dengan pemerintah daerahnya. Kemudian penambahan personil, baik untuk penegakan disiplin tenaga kesehatan maupun dukungan dukungan sarana pra sarananya," tegasnya.

"Lalu strategi mengaktifkan lagi kolaborasi pentahelix, terutama terkait dengan tokoh masyarakat, tokoh adat. Ini karena mereka berperan dalam edukasi dan sosialisasi."

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, ada pendampingan dengan rumah sakit dalam penanganan COVID-19. Sehingga BOR di rumah sakit segera bisa turun, termasuk juga apakah tenaga kesehatan di masing-masing rumah sakit di setiap kabupaten/kota kurang.

"Kalau tenaga kesehatan kurang, maka akan kami tambah dan juga membantu di tempat-tempat isolasi yang dibangun oleh kabupaten maupun kota," katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memaparkan, Kemenkes mempersiapkan kondisi terburuk bila pasien COVID-19 mesti masuk rumah sakit. Kemenkes mempersiapkan 72.000 tempat tidur isolasi.

"Pada tanggal 18 Mei 2021, baru terisi sekitar 22.000 tempat tidur, sekarang memang ada kenaikan sampai ke 31.000. Tetapi alhamdulillah kita masih memiliki cadangan tempat tempat tidur isolasi yang cukup," ujarnya.


Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi

Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya