Cegah Efek Samping Makan Sebelum Olahraga, Perhatikan 4 Hal ini

Tidak sedikit orang yang memilih makan sebelum olahraga agar lebih bertenaga

oleh Melly Febrida diperbarui 10 Agu 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2021, 07:00 WIB
6 Macam Olahraga untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh saat Pandemi Covid-19
Macam-macam olahraga ini bisa meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi Covid-19. (Pexels/andrea piacquadio).

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah makanan bisa dikonsumsi sebelum olahraga. Namun, perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi. Jangan sampai Anda mual atau muntah-muntah saat berolahraga.

Banyak ahli diet olahraga yang mengatakan bahwa makan makanan sebelum berolahraga baik untuk kesehatan tubuh, dengan memilih makanan yang tepat.

Apabila tidak mengisi bahan bakar tubuh dengan benar, Anda mungkin akan mengalami efek samping terburuk yakni mual dan masalah pencernaan.

Konsultan ahli diet olahraga untuk tim olahraga profesional, Mandy Tyler, menjelaskan alasan spesifik orang mungkin mengalami efek samping dari makan sebelum berolahraga.

1. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan selama latihan

Sebaiknya memilih camilan ringan sebelum berolahraga. Ini untuk menghindari mual atau masalah perut saat berolahraga. Menurut Tyler, setipa orang sangat bervariasi dalam toleransi terhadap makanan di perut selama berolahraga.

"Makan terlalu banyak makanan mendekati sesi latihan juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan," kata Tyler.

 

Simak Video Berikut Ini


2. Pastikan makan pada waktu yang tepat

Tyler berpesen agar bereksperimen dan menemukan waktu terbaik dan jumlah makanan yang paling cocok sebagai makanan pralatihan.

"Misalnya, apabila seseorang secara konsisten mengalami masalah pencernaan selama latihan sore, cobalah makan siang satu jam lebih awal atau makan siang yang lebih kecil sebelum latihan dan kemudian camilan bergizi setelah sesi latihan," kata Tyler dikutip dari Eat This pada Senin, 9 Agustus 2021.

 


3, Hindari makanan yang digoreng atau berminyak

"Jika seseorang mengalami masalah pencernaan, seperti mual atau diare, selama berolahraga, kemungkinan hal ini disebabkan makan jenis makanan yang salah atau terlalu banyak makanan sebelum sesi latihan," kata Tyler.

Tyler bilang, sebelum olahraga harus 'menghindari' makanan yang digoreng atau berminyak, krim kental atau saus mentega, daging tinggi lemak, kacang-kacangan atau polong-polongan, dan biji-bijian berserat tinggi sebelum berolahraga

"Terutama jika individu tersebut cenderung memiliki masalah pencernaan," katanya.

 


4. Makan makanan ini sebagai gantinya

Tyler tetap merekomendasikan makan sebelum berolahraga. Tetapi, pilih makanan yang ringan yang akan memberi energi pada tubuh. Bahkan jika latihan Anda ringan, makan sedikit saja supaya memberi Anda energi

Misalnya, pretzel, granola bar, buah kering, bagel, atau pisang semuanya akan menjadi pilihan yang baik untuk dimakan dalam satu atau dua jam menjelang sesi latihan.

"Sebelum berolahraga, yang terbaik adalah memilih makanan yang menyediakan sumber karbohidrat yang baik dan rendah serat dan lemak," kata Tyler.

 


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya