70 Persen Penduduk RI Sudah Vaksinasi COVID Dosis 1

Jumlah orang yang melakukan vaksinasi COVID dosis ke-1 terus merangkak naik dan diharapkan dosis ke-2 mengalami hal serupa.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 22 Feb 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2022, 09:00 WIB
Vaksinasi Massal di Klaster Covid-19 Cilangkap
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin untuk warga di MTs As-Syafiiyah, Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal di zona merah RT 03/RW 03 Cilangkap akibat klaster halal bi halal itu dilakukan terhadap warga yang telah menjalani tes usap dengan hasil negatif. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah lonjakan kasus COVID-19 sebuah kabar baik datang dari sisi vaksinasi Kemarin, Minggu, 20 Februari 2022 sebanyak 189.646.917 orang di Tanah Air tercatat sudah mendapatkan vaksinasi COVID 19 dosis pertama.

"Itu artinya 70 persen dari populasi sudah mendapatkan dosis pertama," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Namun, tidak boleh senang berlebihan terlebih dahulu. Indonesia masih perlu mengejar agar segera mencapai angka yang sama untuk vaksinasi dosis kedua.

"Kita harus mengejar agar dosis kedua bisa naik segera mencapai angka tersebut. Agar bisa lengkap 70 persen populasi mendapatkan dua kali suntikan (dosis lengkap)," kata Budi dalam Update PPKM pada Senin, 21 Februari 2022.

Per kemarin, sudah 140 juta penduduk Indonesia yang mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua. Berarti masih ada sekitar 49 juta target sasaran yang belum mendapatkan suntikan dosis kedua.

Bagi yang belum mendapatkan dosis lengkap vaksinasi COVID-19, Budi mengatakan agar segera menuju pusat kesehatan maupun sentra vaksinasi. Segera lengkapi dan jangan pilih-pilih vaksin.

"Yang ada langsung saja dipakai baik sebagai booster maupun primer atau dosis lengkap vaksin COVID-19," Budi memberi saran..

 


Penyebab Kasus Kematian Akibat COVID-19

Covid-19 NTT
Foto: Gugus tugas covid-19 Kota Kupang saat mengevakuasi jenazah pasien yang meninggal dunia karena covid-19 (Liputan6.com/Ola Keda)

Di kesempatan yang sama, Budi mengatakan beberapa faktor pada pasien COVID-19 yang meninggal. Budi mengatakan kasus meninggal biasanya terjadi pada pasien COVID-19 dengan penyakit penyerta (komorbid), belum divaksinasi serta baru mendapatkan satu kali dosis.

"Segera divaksin ya, vaksinnya harus lengkap minimal dua kali," kata Budi.

Ia juga meminta agar mereka yang sudah lanjut usia juga mendapatkan perlindungan optimal dari vaksin dengan mendapatkan suntikan dua kali serta booster.

Vaksinasi COVID-19 terbukti menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat virus SARS-CoV-2.


Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis
Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya