Pangeran Harry Akhirnya Dapat Izin Kenakan Pakaian Militer, Hanya Saat Jaga Peti Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry diperbolehkan mengenakan pakaian militer untuk proses penjagaan peti mati Ratu Elizabeth II.

oleh Diviya Agatha diperbarui 18 Sep 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2022, 11:00 WIB
Pangeran Harry Berseragam Militer di Malam Penjagaan Ratu Elizabeth II
Pangeran William, pangeran Wales, Pangeran Harry, Putri Beatrice, Lady Louise, Zara Tindall, Peter Phillips, Viscount James Severn dan Putri Eugenie, berdiri di samping peti jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu (17/9/2022). Saat memasuki kastil, kepala mereka tegak sampai menuju di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II, ke-8 cucu mulai menundukkan kepalanya. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta Esok hari, proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan. Sejak beberapa hari belakangan, proses iring-iringan peti jenazah Ratu Elizabeth II menuju Westminster Hall sudah berlangsung.

Dalam proses iring-iringan tersebut, terlihat para anggota keluarga Kerajaan Inggris berjalan di belakang peti Ratu Elizabeth II. Semua anak dan cucu Ratu Elizabeth II terlibat dalam prosesi ini, termasuk Pangeran Harry.

Pada Sabtu, 17 September 2022, malam waktu setempat, delapan cucu Ratu Elizabeth nampak berdiri berjaga di sekitar peti mati yang sudah terletak di Westminster Hall menjelang pemakaman.

Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Beatrice, Putri Eugenie, Zara Tindall, Peter Philips, Lady Louise, dan Viscount Severn akan mengelilingi peti mati nenek mereka selama 15 menit.

Pangeran Harry dan Pangeran William masing-masing akan berdiri pada salah satu ujung peti mati. Mengutip Insider, semua cucu Ratu Elizabeth II akan mengenakan jas pagi dan gaun gelap.

Namun, Pangeran William dan Pangeran Harry akan mengenakan seragam militer atas perintah ayahnya, Raja Charles III. Sebelumnya, Pangeran Harry tidak diizinkan untuk mengenakan pakaian militernya.

Hal tersebut lantaran Pangeran Harry dianggap sudah tidak bekerja sebagai anggota kerajaan senior. Kabar bahwa Pangeran Harry akan mengenakan pakaian militer pun menjadi perubahan besar.

"Pangeran Harry, Duke of Sussex akan mengenakan setelan pagi di seluruh acara untuk menghormati neneknya," ujar juru bicara kerajaan mengutip Insider, Minggu (18/9/2022).


Fokus pada Penghormatan Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry Berseragam Militer di Malam Penjagaan Ratu Elizabeth II
Pangeran Harry, Viscount James Severn dan Putri Eugenie berpartisipasi acara berjaga di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II bersama dengan cucu-cucu ratu lainnya, di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu (17/9/2022). Ini adalah momen pertama kalinya dalam sejarah ke-8 cucu dari ratu ikut serta dalam upacara tersebut. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)

Juru bicara kerajaan mengungkapkan bahwa dinas militer Pangeran Harry tidak ditentukan oleh seragam. Permintaan tersebut dilakukan agar para anggota keluarga dapat berfokus untuk Ratu Elizabeth II.

"Dasawarsa dinas militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dia kenakan dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan dan warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II," kata juru bicara.

Momentum Pangeran Harry kali ini menggunakan pakaian militer merupakan yang pertama sejak dua setengah tahun terakhir. Di sana, Pangeran Harry dan Pangeran William akan memimpin tugas pertama mereka yakni berdiri di ujung peti mati Ratu Elizabeth II.

Pangeran William akan berdiri di kepala peti mati selama 15 menit, diapit oleh sepupu pertamanya Zara Tindall dan Peter Phillips. Zara dan Peter sendiri yang merupakan anak dari Putri Anne tidak memegang gelar kerajaan.

Sedangkan Pangeran Harry akan berdiri di kaki peti mati bersama Putri Beatrice dan Putri Eugine, putri dari putra kedua Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew.

Sepupu mereka yang lain, Lady Louise Windsor dan Viscount Severn, anak-anak Pangeran Edward, putra bungsu Ratu, akan berdiri di tengah peti mati.

 


Terakhir Kenakan Pakaian Militer pada 2020

Pangeran Harry dan Andrew Dilarang Pakai Seragam Militer dalam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II
Pangeran Harry mengenakan seragam militer di Westminter Abbey pada 7 November 2019. (dok.Tolga AKMEN / AFP)

Pangeran Harry terakhir kali secara resmi mengenakan seragam militer ke Festival Musik Mountbatten di Royal Albert Hall di London pada Maret 2020. Kemudian menjabat sebagai Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, sang pangeran tampil dalam balutan jas merah tua dan regalia lengkap.

Pangeran Harry, yang bertugas di Angkatan Darat Inggris selama 10 tahun dan dikerahkan ke Afghanistan dua kali, kehilangan tiga gelar kehormatan militernya setelah menikah dengan Meghan Markle mundur dari anggota kerajaan senior pada Maret 2020.

Ketiga gelar tersebut adalah Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, Komandan Udara Kehormatan RAF Honington dan Komandan Tertinggi, Kapal Kecil dan Menyelam, Royal Naval Command.

Sejak saat itu, Pangeran Harry tidak lagi pernah menggunakan seragam militer. Namun untuk prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry mengenakan setelah gelap.

Sejauh ini, izin untuk menggunakan pakaian militer hanya dilakukan saat menjaga peti mati. Belum ada keterangan lebih lanjut soal pakaian tersebut nantinya ketika proses pemakaman berlangsung.


Anggota Kerajaan yang Bukan Lagi Bangsawan

Pangeran William dan Harry Jalan Berdampingan dalam Iring-Iringan Peti Jenazah Ratu Elizabeth II
Pangeran William dan Harry Jalan Berdampingan dalam Iring-Iringan Peti Jenazah Ratu Elizabeth II.  foto: Youtube The Royal Family Channel  

Sebenarnya, anggota keluarga Kerajaan Inggris yang tidak lagi memiliki status bukan hanya Pangeran Harry, melainkan juga Pangeran Andrew. Pangeran Andrew merupakan anak Ratu Elizabeth II yang memutuskan untuk tidak menjalankan tugas militernya sebagai anggota kerajaan.

Namun pada hari Rabu lalu, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew sama-sama diperbolehkan mengenakan pakaian pagi selama prosesi upacara pemakaman Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham ke Westminster Hall.

Mengutip laman People, kedua pria itu memang menyematkan medali militer pada jas mereka sebagai pengakuan atas dinas militer mereka, yang dalam kasus Pangeran Andrew termasuk medali untuk melayani sebagai pilot helikopter dalam Perang Falklands pada tahun 1982.

"Andrew dan Harry bukan lagi bangsawan senior yang bekerja, fokusnya adalah pada berkabung untuk ratu," ujar bicara Pangeran Harry.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya