BMKG Perkirakan Hujan dan Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah, Pemudik Diminta Waspada

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran perlu mewaspadai kondisi cuaca hujan dan potensi gelombang tinggi.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Apr 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 11:00 WIB
Cuaca Ekstrem Jakarta, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah
Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan deras di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2022). Sejak Oktober, DKI Jakarta mulai memasuki musim penghujan yang sudah masuk ke dalam tahap ekstrem. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran perlu mewaspadai kondisi cuaca. Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan selama masa arus mudik lebaran.

"Unuk periode angkutan lebaran arus mudik 2023, yang perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat ini yang warna-warna merah, itu di Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua," terang Fachri dalam konferensi pers "Antisipasi Dampak Peningkatan Intensitas Bibit Siklon 98S dan 90W di Indonesia, Sabtu.

Beberapa wilayah juga diperkirakan akan mengalami hujan yaitu Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, juga Papua.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo juga meminta masyarakat yang akan mudik lewat jalur laut untuk mewaspadai gelombang tinggi.

Eko pun menyebut sejumlah wilayah yang harus dihindari.

"Perlu waspada untuk menghindari pelayaran di sekitar perairan sebelah barat Sumatra, sebelah selatan Jawa hingga Nusa Tenggara, ini harus dihindari. Juga di sebelah utara Papua juga harus dihindari, untuk tidak dipakai atau digunakan untuk aktivitas pelayaran atau diupayakan untuk dihindari," kata Eko, dilansir Antara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Antisipasi Penundaan Jadwal Pelayaran

BMKG juga meminta masyarakat untuk mengantisipasi jika terjadi penundaan aktivitas pelayaran akibat cuaca hujan yang diperkirakan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Ini sebagian besar pelabuhan di Indonesia ini berpotensi terjadi hujan, otomatis ini perlu kewaspadaan tersendiri atau adaptasi tersendiri untuk para pemudik yang mau beraktivitas mudik melalui jalur laut," kata Eko.

Eko menambahkan, BMKG akan terus menginformasikan cuaca dan dan ketinggian gelombang dan masyarakat diminta terus memantau perkembangan cauca terkini sebelum berlayar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya