Posyandu di Bandung Beri Makanan Olahan Ikan pada Balita, Buatan Ibu-Ibu Setempat Lho

Pemberian makanan olahan ikan patin kepada balita di Posyandu di Bandung yang dimasak oleh ibu-ibu setempat.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 21 Mei 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 13:00 WIB
Imunisasi Anak Rutin di Posyandu Erma Bandung
Pemberian makanan tambahan kepada balita berupa olahan ikan patin yang dimasak oleh ibu-ibu PKK setempat di Posyandu Erma, Kelurahan Ledeng, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 17 Mei 2023. (Dok Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Liputan6.com, Bandung Posyandu Erma yang berlokasi di Kelurahan Ledeng, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa olahan ikan kepada balita. Makanan olahan ikan, khususnya menggunakan ikan patin ini demi meningkatkan gizi dan mencegah stunting pada anak.

Ketua Tenaga Pelatih Program Kesehatan (TPPK) Kelurahan Ledeng, Dewi Mulyaningsih Saputri menuturkan, program pemberian makanan olahan ikan ini dinamakan 'Gemerincing' (Gemar Makan Ikan Cegah Stunting). 

Program ini baru diluncurkan pihak Kelurahan Ledeng dan makanan pun dimasak langsung oleh ibu-ibu kader yang sudah terlatih. 

“Sebelumnya, kami sudah latih kadernya terlebih dahulu. Jadi beberapa bulan ke belakang, kami training kader, olahan-olahan ikan yang memang bisa dikonsumsi balita lima tahun ke bawah kan,” tutur Dewi saat ditemui Health Liputan6.com di Posyandu Erma pada Rabu, 17 Mei 2023.

“Ilmunya kita bekali ilmu dulu. Setelah mereka mumpuni dengan pengetahuan baru, deh start (mulai) Gemerincing di Posyandu.”

Demi Kesehatan Balita

Ketika ditanya, ribet atau tidak? Dewi menjawab hal itu bukan masalah. Karena intinya adalah dari dan untuk warga serta kesehatan anak-anak mereka.

“Enggak ribet, Insya Allah. Karena untuk warga dan warga juga dan kesehatan balita juga. Ini dibuat subuh, start-nya Posyandu baru periode bulan Mei ini,” ucapnya.

“Kami start dari hari Senin dan terakhir Sabtu. Tapi untuk bulan kemarin, kami sudah mulai juga yang ibu asuh stunting, jadi kami support (dukung) satu kilo ikan untuk sasaran balita yang rawan stunting di Kelurahan Ledeng.”


Dukungan dari Pasar Ikan, Harga Jadi Murah

Soal pasokan ikan, Dewi Mulyaningsih Saputri mengaku tak perlu cemas. Ini lantaran ada dukungan dari pasar ikan setempat.

Kerja sama juga dilakukan Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan untuk mengupayakan penyediaan ikan. Harga ikan pun menjadi lebih murah karena ikan dibeli dalam jumlah besar.

“Kebetulan kemarin kerja sama Dinas Kesehatan juga Dinas Perdagangan. Ada pasar ikan, murah ikannya. Terus ada donatur,” jelas Dewi.

“Jadi ya sudah cocok saja. Mereka support ikan banyak, se-kecamatan, kami beli 53 kilo ikan untuk balita yang rawan stunting.”

Tiap Posyandu Beri Makanan Olahan Ikan

Kepala Puskesmas Cipaku Verawati menambahkan, pemberian makanan olahan ikan berkolaborasi antara Puskesmas dan Posyandu. Setiap Posyandu di Kelurahan Ledeng khususnya kini mulai melakukan pemberian makanan olahan ikan kepada balita.

“Kebetulan pihak kelurahan launching program Gemerincing. Kami juga memang kolaborasi. Jadi di Posyandu ini enggak cuma satu program aja yang kami lakukan, tapi banyak program,” tambahnya.

“Salah satunya, cara mencegah stunting dan ini sesuai dengan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Tiap Posyandu di wilayah kami itu untuk PMT-nya berupa olahan ikan.”


Support Pemerintah Soal Penanganan Stunting

Imunisasi Anak Rutin di Posyandu Erma Bandung
Ide Gemerincing di Posyandu Erma, Kelurahan Ledeng, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat merespons upaya Pemerintah yang sedang gencar penanganan stunting. (Dok Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Lantas bagaimana ide ‘Gemerincing’ muncul? Dewi Mulyaningsih Saputri mengatakan, ide itu dari merespons upaya Pemerintah yang sedang gencar penanganan stunting. 

“Kami support (dukung) isu yang lagi dihadapi Pemerintah, yang lagi aktif kan penanganan stunting. Kita ada target kurang lebih 2024, penurunan angka stunting dan itu disupport oleh seluruh mitra Pemerintah, salah satunya kami,” katanya.

“Jadi, PKK kelurahan sendiri akhirnya menggagas ‘Gemerincing’ dan juga BUAS, yaitu Ibu Asuh Stunting. Programnya di Posyandu, pemberian makanan tambahan berupa olahan ikan.”

Untuk program Ibu Asuh Stunting menyasar balita yang rawan dengan gizi buruk. Sementara ‘Gemerincing’ untuk balita maupun anak dengan gizi buruk atau yang sehat.

Ikut Dukung Program Gemar Ikan Milik BKKBN

Selain makanan olahan ikan, Posyandu di wilayah kerjanya juga mendukung pemberian makanan dari sumber protein lain. Sebut saja, tempe dan telur.

“Kan sumber protein banyak ya, ada tempe, tahu, telur. Tapi kami support dari Bangga Kencana juga. Bangga Kencana kan punyanya program BKKBN, mereka programnya ‘Gemari’, Gemar Ikan. Kami support aja program itu, jadi nyambung ke sana,” pungkas Dewi.

Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya