8 Manfaat Muesli untuk Kesehatan Tubuh, Simak Resep Praktisnya

Simak beragam manfaat muesli berikut bagi tubuh dan resep praktis membuatnya.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 07 Mar 2024, 09:49 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 09:40 WIB
Muesli (Image by Pexels from Pixabay)
Muesli (Image by Pexels from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Adanya berbagai manfaat muesli bagi kesehatan tubuh, menjadikan hidangan ini patut dijadikan pilihan sarapan alternatif yang sehat. Muesli sendiri pertama kali dibuat oleh seorang dokter yang berasal dari Swiss bernama Maximilian Bircher-Benner. Dirinya membuat muesli karena mendapat inspirasi saat mendaki di pegunungan Swiss.

Seiring perkembangannya, manfaat muesli dibuat sebagai suplemen bagi pasien terapi yang memang membutuhkan pola makan kaya akan serat, protein serta vitamin. Maka tidak heran, apabila di dalam muesli akan banyak ditemukan campuran buah-buahan.

Mungkin Anda bingung membedakan muesli dengan santapan oat biasa. Pada dasarnya hidangan muesli ini terbuat dari rolled oat yang kemudian diberi campuran kacang-kacangan, madu serta buah-buahan segar atau bisa jua buah kering. Bisa dibilang, campuran muesli tersebut merupakan bentuk sajian awal yang dibuat oleh dokter Benner.

Akan tetapi, cara penyajian muesli sendiri makin hari semakin berkembang dalam bentuk serta variasi yang bermacam-macam, beberapa di antaranya seperti fresh muesli, gluten-free muesli, toasted atau untoasted muesli, serta muesli yang tersedia dalam bentuk kemasan siap saji. Akan tetapi, bagaimana cara penyajiannya, manfaat muesli tetap baik bagi tubuh.

Berikut ini Liputan6.com telah melansir dari berbagai sumber, apa saja manfaat muesli yang baik bagi tubuh, Jumat (1/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Muesli

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

1. Baik untuk pencernaan

Salah satu manfaat muesli berasal dari kandungan seratnya. Dengan kandungan serat tersebut, tentunya akan sangat baik untuk menjaga pencernaan. Di selain dari oat, dalam muesli juga terkandung serat yang berasal dari biji dan beberapa jenis buah yang baik untuk sistem pencernaan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam muesli terdapat gandum. Gandum sendiri memiliki serat yang disebut beta-glukan. Berdasar berbagai penelitian, beta-glukan bisa membantu penurunan kadar kolesterol sampai 10%.

Dengan konsumsi muesli secara teratur, maka sekaligus membantu menjaga kesehatan jantung. Agar lebih nikmat dan kaya manfaat, coba untuk menambahkan jus lemon ke dalam campuran muesli. Sebab, lemon mengandung vitamin C yang turut membantu proses penurunan kolesterol jahat dalam tubuh dan akan menjaga daya tahan tubuh serta jantung.


Manfaat Muesli

BPJS
Ilustrasi Ibu Hamil Credit: pexels.com/Garon Piceli

3. Memiliki kandungan protein

Biasanya dalam hidangan muesli akan terdapat berbagai campuran jenis kacang-kacangan yang bisa memberi tambahan asupan protein serta asam lemak omega-3. Sedangkan adanya bahan lain seperti buah juga akan memberi tambahan dosis kalium, serat, vitamin E, C, B12 yang turut menjaga kesehatan tubuh.

Apabila dirasa masih kurang kandungan protein di dalam muesli, coba tambahkan bubuk whey protein atau tambahkan susu sapi rendah lemak. Tapi, jika memiliki alergi tidak ada salahnya menambahkan susu almond atau kedelai.

4. Bantu pertumbuhan janin

Kacang yang sangat sering digunakan di dalam campuran muesli antara lain kacang almond. Jenis kacang ini sering digunakan dalam penyajian muesli karena mengandung vitamin E dan vitamin B kompleks, sehingga dapat memberi manfaat muesli dalam menurunkan tingkat kolesterol, menjaga kesehatan kulit serta membantu pertumbuhan janin bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil.


Manfaat Muesli

Ilustrasi antioksidan
Ilustrasi antioksidan (Photo by Rawpixel on Freepik)

5. Tinggi antioksidan

Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan mengatasi stres oksidatif. Dengan konsumsi muesli secara teratur, juga akan membantu perawatan kulit serta otak. Kemudian, konsumsi muesli secara teratur juga akan membantu melindungi tubuh dari berbagai kerusakan sistem organ tubuh.

Pasalnya, radikal bebas merupakan molekul yang sangat bertanggung jawab terhadap rusaknya sel-sel dalam tubuh. Radikal bebas juga erat kaitannya dengan penuaan dini dan berbagai penyakit serius.

6. Kaya zat besi

Manfaat muesli selanjutnya yaitu mampu membantu memberi asupan tambahan zat besi dalam tubuh. Pasalnya, oat yang menjadi salah satu komponen utama dalam muesli merupakan sumber nutrisi penting seperti zat besi, folat, protein serta magnesium, di mana semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat besi juga akan membantu menjaga tekanan darah. Dengan konsumsi muesli juga akan meningkatkan penyerapan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Muesli

Cerita Akhir Pekan: 6 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang 2020
Ilustrasi turunkan berat badan. (dok. Ketut Subiyanto/Pexels/Brigitta Bellion)

7. Membantu kenyang lebih lama

Mengonsumsi muesli juga bisa membuat perut jadi merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga tidak lepas dari kandungan serat di dalam muesli yang cukup tinggi. Itulah mengapa, dengan konsumsi muesli tidak akan membuat rasa lapar timbul lebih cepat seperti saat konsumsi sereal pada umumnya.

8. Cocok untuk menurunkan berat badan

Dengan manfaat muesli untuk membantu kenyang lebih lama, hal tersebut tentu sangat cocok sekali bagi Anda yang mungkin sedang dalam program diet untuk penurunan berat badan. Sebab, dengan konsumsi muesli akan membantu menurunkan keinginan konsumsi camilan berlebih.


Resep Muesli Praktis

Muesli (Image by 🎄Merry Christmas 🎄 from Pixabay)
Muesli (Image by 🎄Merry Christmas 🎄 from Pixabay)

Bahan:

- 150 gram muesli

- Jeruk mandarin

- Strawberry

- Yogurt

- Madu

 

Cara membuat:

a. Masukan muesli ke dalam mangkuk.

b. Tambah jeruk mandarin dan stroberi iris ke dalam gelas.

c. Tambahkan madu.

d. Campur yogurt dengan madu dan aduk rata.

e. Tuang campuran yogurt dan madu ke dalam gelas.

f. Tabur gula palem dan sajikan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya