Cara Bijak Makan Nasi Liwet Solo yang Pakai Santan Menurut Ahli Gizi, Masih Aman Asal...

Areh santan menjadi salah satu komponen yang melengkapi nasi liwet Solo. Bagi Anda pemilik kolesterol tinggi, ada tips dalam mengonsumsi nasi liwet Solo agar tetap aman.

oleh Diviya Agatha diperbarui 26 Agu 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 07:00 WIB
Nasi Liwet Solo Kuliner Jawa Tengah
Nasi liwet kuliner favorit di Solo, Jawa Tengah yang punya kandungan gizi lengkap. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu jadi salah satu pilihan yang bisa dinikmati. (Foto: Liputan6.com/Diviya Agatha)

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta nasi liwet Solo yang takut akan kolesterol mungkin punya kekhawatiran sendiri saat mengonsumsinya. Hal itu lantaran nasi liwet khas Solo memang disajikan bersama dengan areh santan atau santan kental.

Areh santan yang sudah diracik sedemikian rupa tersebut biasanya disiram hingga tercampur dengan nasi putih. Lantas, bagaimana cara mengonsumsi nasi liwet Solo dengan bijak agar tidak takut kolesterol melonjak?

Menurut pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ir Ahmad Sulaeman, Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi nasi liwet Solo yang mengandung areh santan asalkan masih dalam porsi kecil.

Sebab, nasi liwet Solo biasanya sudah dilengkapi sayuran seperti labu siam.

"Kalau dalam porsi kecil sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tinggal tambah saja asupan sayurannya. Misalnya tambah labunya. Kalau jenis labu yang digunakan adalah labu siam," ujar Ahmad ketika dihubungi Health Liputan6.com usai ditemui saat acara Jelajah Gizi 2023 bersama Danone Indonesia dan Citilink di Kota Solo, Jawa Tengah ditulis Kamis, (24/8/2023).

Ahmad mengungkapkan bahwa porsi nasi liwet Solo pun tidak terlalu banyak. Sehingga santan yang ada di dalamnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

"Santan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena porsi makan nasi liwet biasanya tidak terlalu banyak sehingga asupan lemak jenuh dari santan masih dalam jumlah yang bisa ditoleransi," kata Ahmad.

Selain itu, bagi Anda pemilik kolesterol tinggi, Ahmad memiliki tips jika ingin mengonsumsi nasi liwet Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kombinasikan Nasi Liwet dengan Asupan Lain

Nasi Liwet Kuliner Solo Jawa Tengah
Nasi liwet kuliner favorit di Solo, Jawa Tengah yang punya kandungan gizi lengkap. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu jadi salah satu pilihan yang bisa dinikmati. (Foto: Dok. Danone Indonesia)

Ahmad mengungkapkan bahwa jika masih ada kekhawatiran terkait areh santan yang ada dalam nasi liwet Solo, maka Anda bisa menambahkan sayuran lain atau buah untuk menyeimbangkannya.

"Kalau masih ada kekhawatiran tambah dengan sayuran lain misal ada mentimun dan disediakan pencuci mulut berupa buah-buahan," ujar Ahmad.

"Bisa pisang, pepaya, melon, apel, dan sebagainya untuk menambah jumlah (asupan) serta sehingga hal ini juga akan mengurangi penyerapan lemak jenuh maupun kolesterol," sambung Ahmad.


Manfaat Labu Siam dalam Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Kuliner Solo Jawa Tengah
Nasi liwet kuliner favorit di Solo, Jawa Tengah yang punya kandungan gizi lengkap. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu jadi salah satu pilihan yang bisa dinikmati. (Foto: Liputan6.com/Diviya Agatha)

Lebih lanjut Ahmad mengungkapkan bahwa ada kandungan serat dan fitokimia pada sayur labu yang disajikan dalam seporsi nasi liwet.

"Zat gizi lain (dalam nasi liwet) yang terkandung adalah serat dari labu," kata Ahmad.

"Sayur labu ini cukup baik untuk penderita hipertensi karena mengandung fitokimia yang dapat menurunkan tekananan darah tinggi. Dengan demikian nasi liwet boleh dikatakan mengandung zat gizi cukup lengkap," tambahnya.


Areh Santan dalam Seporsi Nasi Liwet

Nasi Liwet Kuliner Solo Jawa Tengah
Nasi liwet kuliner favorit di Solo, Jawa Tengah yang punya kandungan gizi lengkap. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu jadi salah satu pilihan yang bisa dinikmati. (Foto: Liputan6.com/Diviya Agatha)

Ahmad menuturkan bahwa nasi tentunya berperan sebagai sumber karbohidrat dalam nasi liwet Solo. Sedangkan, untuk areh santan, fungsinya sebagai lemak.

Namun, lemak dalam nasi liwet Solo tidak hanya berasal dari areh santan, melainkan bisa pula dari nasi itu sendiri dan komponen lain seperti tempe, ayam suwir, dan telur.

"Mengandung karbohidrat yang berasal dari nasi, lemak yang berasal dari santan, tempe, nasi, dan ayam suwir, dan telur," kata Ahmad.

Infografis 7 Kiat Turunkan Kolesterol dengan Cepat
Infografis 7 Kiat Turunkan Kolesterol dengan Cepat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya