Jangan Terburu-Buru, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Kencan di Usia 30-an

Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama.

oleh Benedikta DesideriaRuli Ananda Putri diperbarui 13 Jan 2024, 20:47 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 19:30 WIB
5 Cara Jalin Hubungan di Usia 30, Jangan Terburu-Buru
Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama.(Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Menjalin hubungan asmara di usia 30-an akan terasa berbeda saat masih 20-an. Pada usia 20-an, asmara terasa hal menyenangkan. Beberapa orang bahkan tak mencari hubungan yang serius. Namun, konsep itu biasanya banyak berubah ketika menginjak 30-an.

Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama. Apalagi pada rentang usia 30-an, banyak teman atau orang di sekitar yang telah hidup berkeluarga.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kencan di usia 30-an, dilansir dari Brides pada Jumat, 17 November 2023.

1. Jangan Terburu-Buru

Beberapa orang ada yang merasa saat sudah masuk kepala 3 alias 30 tahun ke atas maka identik dengan menikah, mapan, mempunyai anak. Hal ini menjadi salah satu penyebab seseorang terburu-buru dan tidak pikir panjang saat pilih pasangan.

Menurut coach hubungan, Jordan Gray, MA, LMFT, ketakutan tak sesuai ekspektasi orang kebanyakan membuat seseorang justru mendapatkan pasangan yang tidak tepat. Sehingga, Jordan Gray menyarankan agar tidak perlu terburu-buru saat menjalin hubungan dengan seseorang.

“Beberapa orang menikah dan memiliki anak pada usia 20. Ada juga orang menikah dan memiliki anak pada usia 40 atau 50-an. Jadi, siapa yang tahu sesuatu mungkin terjadi pada kita?” ungkap Gray.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Lupakan Masa Lalu

5 Cara Jalin Hubungan di Usia 30, Jangan Terburu-Buru
Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama. (Foto: unsplash.com/Eli Defaria)

Patah hati bukan hanya terjadi pada Anda seorang. Banyak juga yang melewati rasa tak menyenangkan itu entah karena diselingkuhi, putus cinta, atau bahkan perceraian. 

Namun, tak usah membawa beban masa lalu itu di masa saat ini. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang terjadi sekarang dan lihat ke mana tujuan selanjutnya.

“Masa lalu telah membantu pertumbuhan dan penyembuhan kita,” kata Gray.


3. Jangan Menargetkan Usia Calon Pasangan

5 Cara Jalin Hubungan di Usia 30, Jangan Terburu-Buru
Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama. (Foto: unsplash.com/Pablo Heimplatz)

Tidak perlu terlalu cepat mengabaikan orang karena mereka terlalu tua atau muda untuk kita. Hubungan berhasil karena dua orang saling jatuh cinta, mendukung, dan nyaman bersama. Lalu yang paling penting menginginkan hal yang sama dalam hidup dan hubungan.

“Ketika menjalin hubungan di usia 30-an, ada rentang usia yang lebih dapat diterima ketika memilih calon pasangan,” kata Gray.

“Pada akhirnya, semua tergantung pada tingkat kedewasaan dan kesamaan visi hidup keduanya,” lanjut Gray.


4. Jangan Mencari yang Sempurna

5 Cara Jalin Hubungan di Usia 30, Jangan Terburu-Buru
Menginjak usia 30-an, hubungan asmara bukan lagi perkara senang-senang. Tak menutup kemungkinan akan munculnya sebuah harapan untuk pernikahan dan hidup bersama. (Foto: unsplash.com)

Tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi ekspektasi dan mengevaluasi secara realistis.

Memang kita tidak boleh cepat merasa puas, namun mencari yang sempurna agak sulit. Hubungan adalah tentang pertemuan dan bersedia menerima seseorang apa adanya, bukan ada apanya.

5. Hindari Orang yang Tidak Disukai

Itulah gunanya tidak perlu terburu-buru. Memilih pasangan harus mengutamakan kenyamanan, jika tidak suka akan sulit mencapai itu.

Akan lebih tenang dan nyaman ketika keduanya sama-sama saling menyukai.

“Menjalin hubungan menjadi lebih terencana di usia 30-an, karena kita tahu apa yang harus dioptimalkan,” kata Gray.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya