Makanan Natal Favorit Keluarga Kerajaan Inggris, Ada Kalkun Panggang sampai Puding

Makanan Natal favorit keluarga Kerajaan Inggris menurut koki kerajaan.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 26 Des 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 26 Des 2023, 19:00 WIB
Perayaan Natal Keluarga Kerajaan Inggris Pertama Tanpa Ratu Elizabeth II, Kate Middleton Curi Perhatian
Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton di acara Natal kerajaan di Sandringham. (dok. Daniel LEAL / AFP)

Liputan6.com, Inggris - Keluarga Kerajaan Inggris biasa dikenal dengan kemewahan, istana, perhiasan bernilai jutaan poundsterling, dan perjamuan besar, tetapi pada Hari Natal, mereka rupanya sangat menjunjung nuansa tradisional.

Nuansa tradisional yang kental terlihat adalah makanan Natal. Menurut penuturan koki kerajaan Nottinghamshire, Darren McGrady, salah satu tradisi yang unik adalah pria dan wanita sarapan terpisah.

Sekali lagi, Raja Charles mungkin tidak mengizinkan upacara pagi-pagi sekali ini dan memilih sesuatu yang lebih sesuai dengan sudut pandangnya.

Di sisi lain, McGrady yang berusia 61 tahun mengatakan, di bawah mendiang Ratu Elizabeth II, para pria disajikan sarapan ala Inggris lengkap, termasuk telur, daging asap, jamur, kippers, dan daging panggang.

Para wanita kerajaan menikmati sarapan ringan berupa irisan buah, setengah jeruk bali, roti panggang, dan kopi yang diantarkan ke kamar mereka.

Setelah sarapan, keluarga kerajaan mengunjungi gereja, sebelum kembali lagi untuk makan siang.

Kalkun Panggang sampai Puding Natal

Selepas kunjungan ke gereja selesai, ada makan siang Natal ala Sandringham, yang secara tradisional terdiri dari hidangan pembuka salad udang atau lobster. Diikuti dengan kalkun panggang dan segala pelengkapnya.

"Dan untuk puding, tentu saja puding Natal dengan mentega brendi," tutur McGrady, dikutip dari The Mirror, Selasa (26/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hidangan Utama Natal yang Sama Tiap Tahun

Darren McGrady menambahkan, hidangan makanan utama untuk keluarga Kerajaan Inggris itu sama tiap tahunnya alias tidak berubah sama sekali.

"Itu adalah makanan yang sama setiap tahun. Kami memasak tiga kalkun untuk Ratu dan keluarganya di ruang makan kerajaan, satu kalkun untuk kamar anak-anak, dan kemudian lebih banyak lagi untuk sekitar 100 staf, jadi semua orang menikmati makan siang Natal," tambahnya.

Kalkun disajikan dengan kentang tumbuk dan kentang panggang, kastanye atau chestnut dan bawang bombay, saus cranberry, dan saus roti. Sayurannya meliputi kubis Brussel, wortel, dan parsnip panggang.

Minuman pada tahun-tahun sebelumnya termasuk gin klasik dan koktail dubonnet, serta segelas Gewurztraminer - anggur putih Jerman - namun hal itu juga dapat berubah di bawah pemerintahan Raja Charles.


Santap Puding Natal Tradisional

Di bagian sesi menu penutup, keluarga Kerajaan Inggris akan menyantap puding Natal tradisional yang dihias dengan bunga holly, disiram dengan brendi, dan pelayan istana akan membawanya ke ruang makan kerajaan.

Setelah hidangan tersebut selesai, pesta meriah mereka berlanjut dengan prasmanan kalkun malam versi mereka sendiri.

"Tepat sebelum prasmanan Natal, koki senior yang bertugas masuk ke ruang makan dan memotong iga panggang atau kalkun atau ham," lanjut Darren McGrady.

McGrady sendiri telah bekerja untuk mendiang Ratu Elizabeth II dan Putri Diana dan memasak sekitar tujuh kali makan malam Natal untuk keluarga kerajaan selama kariernya,

"Tidak akan ada menu mewah atau hidangan eksotis, bahkan kemungkinan besar mereka akan menyantap makanan yang biasa dinikmati oleh banyak keluarga di Inggris di rumah," pungkasnya.

Tukar Hadiah dan Menghias Pohon Natal

Sebagai permulaan, perayaan Natal keluarga Kerajaan Inggris dimulai pada Malam Natal. Anggota keluarga yang diundang ke Sandringham akan diberi waktu kedatangan yang berurutan dan seperti halnya acara-acara publik, waktu tersebut mencerminkan status - anggota keluarga yang lebih muda akan tiba lebih dulu dan anggota keluarga yang paling senior akan tiba paling akhir.

Setelah bertukar hadiah dan menghias pohon, keluarga kerajaan akan mengenakan pakaian formal untuk makan malam Natal, yang mana semua tamu diharapkan mengenakan dasi hitam atau gaun malam.

Anda akan melihat hidangan enam hidangan dengan penerangan lilin, dengan menu yang sering kali ditulis dalam bahasa Prancis.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya