Sedapnya 9 Makanan Natal Khas Indonesia

Tentu tidak lengkap rasanya apabila berkumpul bersama saat Hari Natal, tanpa menyantap makanan Natal. Ada berbagai makanan yang kerap disajikan sebagai hidangan khas Natal di Indonesia.

oleh Tifani diperbarui 21 Des 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2023, 14:00 WIB
Menikmati Tradisi Kuliner Makan Tengah Serasa di Rumah Nenek Saat Perayaan Natal di The Hermitage, Jakarta
Sajian Makan Tengah dihadirkan 1928 Restaurant, The Hermitage, Jakarta untuk perayaan Natal (The Hermitage, Jakarta)

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Raya Natal merupakan salah satu momen yang tunggu-tunggu umat Kristiani di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Umumnya, hari Natal akan digunakan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Tentu tidak lengkap rasanya apabila berkumpul bersama saat Hari Natal, tanpa menyantap makanan Natal. Ada berbagai makanan yang kerap disajikan sebagai hidangan khas Natal di Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan Natal khas Indonesia.

1. Klappertaart

Klappertaart merupakan makanan khas Natal yang paling populer di Indonesia. Klappertaart adalah kue tart yang terbuat dari kelapa muda, susu, mentega, kismis, dan kacang mede.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan creamy dengan rasa yang manis dan gurih. Klappertaart biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Babi Panggang Karo

Babi panggang karo adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Sumatra Utara. Makanan tradisional ini memiliki rasa yang sangat khas.

Perpaduan rasa dari bumbu yang terbuat dari daun serai, bawang putih, dan kecap manis. Babi panggang karo disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari darah babi yang sudah dibumbui dan dimasak di atas bara api.

Makanan ini menjadi salah satu hidangan yang wajib ada pada perayaan Natal di Sumatra Utara.

3. Kue Bagea

Kue bagea adalah makanan khas Natal yang berasal dari Malu dan Nusa Tenggara Timur. Kue bagea adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Kue ini populer dan sering disajikan saat perayaan Natal. Bagea terbuat dari bahan dasar sagu yang dicampur dengan gula dan kacang.

Kue Bagea memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

 


4. Babi Guling

Babi guling merupakan makanan khas Natal yang populer di Indonesia, terutama di daerah Bali dan Manado. Di Bali, babi guling menjadi makanan khas Natal yang sudah menjadi tradisi warga setempat yang merayakannya.

Di daerah Manado, babi guling juga menjadi santapan saat Natal. Proses memasak babi guling melibatkan memasak babi di atas bara api selama berjam-jam sampai matang, dan diputar atau diguling agar matang merata.

5. Kue Poporcis

Kue poporcis adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Ambon. Kue ini biasanya disantap sebagai menu sarapan di hari Natal, bahkan dihidangkan untuk para tamu yang berkunjung.

Kue Poporcis terbuat dari campuran labu kuning, tepung terigu, gula pasir, telur, vanili, garam, baking powder, susu, dan mentega. Kue ini memiliki rasa manis dan menjadi hidangan yang dinantikan pada perayaan Natal di Ambon dan sekitarnya.

6. Ikan Arsik

Ikan bumbu arsik adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Tapanuli. Ikan arsik atau ikan mas bumbu kuning merupakan hidangan yang dapat disajikan sebagai makanan khas Natal.

Ikan bumbu arsik ini biasanya terbuat dari ikan mas yang dimasak dengan bumbu khas, memberikan cita rasa yang khas dan lezat. Ikan dimasak dengan bumbu arsik yang terbuat dari asam jawa, serai, dan cabai.

Ikan arsik memiliki rasa yang asam, pedas, dan gurih, dengan daging ikan yang lembut. Hidangan ini menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu pada perayaan Natal di daerah Tapanuli.

 


7. Ayam Kodok

Ayam kodok adalah makanan khas Natal yang berasal dari Manado. Ayam kodok terbuat dari campuran daging ayam cincang dan rempah yang diisi ke dalam ayam utuh.

Terkadang tambah telur atau jeroan ayam. Ayam utuh dilumuri dengan bumbu-bumbu, lalu diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran.

Ayam kodok memiliki rasa yang gurih dan pedas, dengan daging yang empuk.

8. Ayam Budu Budu

Ayam budu budu adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Makassar. Ayam budu budu terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain.

Hidangan ini biasanya disajikan bersama nasi putih hangat dan menjadi salah satu hidangan yang populer dan sering disantap bersama keluarga pada perayaan Natal di daerah Makassar.

9. Sup Brenebon

Sup brenebon adalah makanan khas Natal Indonesia yang berasal dari Manado. Hidangan ini terbuat dari kacang merah dan biasanya disajikan sebagai hidangan Natal khas Manado.

Sup Brenebon merupakan salah satu hidangan yang populer dan sering disantap bersama keluarga pada perayaan Natal di daerah Manado. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Natal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya