Siomay Indonesia Rebut Tahta Dumpling Terbaik Dunia Versi TasteAtlas 2024, Netizen Malah Protes dan Ngomong Begini

Situs kuliner TasteAtlas menobatkan siomay sebagai dumpling terbaik di dunia pada 2024. Prestasi ini menjadi sorotan, tapi juga menuai beragam reaksi dari netizen.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 20 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 16:00 WIB
Siomay Indonesia Jadi Juara Dumpling Terbaik 2024 Versi TasteAtlas.
Siomay Indonesia Jadi Juara Dumpling Terbaik 2024 Versi TasteAtlas (Tangkapan Layar TikTok TasteAtlas)

Liputan6.com, Jakarta - TasteAtlas, situs terkenal dengan ulasan kuliner dari seluruh penjuru dunia, baru-baru ini merilis daftar dumpling terbaik di dunia untuk tahun 2024. Dalam daftar yang diumumkan melalui video TikTok, siomay, salah satu kuliner khas Indonesia, berhasil menduduki posisi teratas. Siomay mengalahkan berbagai dumpling terkenal dari berbagai negara lainnya.

Siomay adalah makanan yang terbuat dari adonan ikan yang dibungkus kulit pangsit dan dikukus. Biasanya, siomay disajikan dengan saus kacang, kecap manis, dan perasan jeruk limau. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, siomay sangat populer dan banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima sebagai camilan yang lezat dan praktis.

Namun, tidak semua netizen merayakan kemenangan ini dengan suka cita. Beberapa protes muncul terkait klaim bahwa siomay adalah makanan asli Indonesia. Banyak yang berpendapat bahwa siomay mirip dengan dim sum, makanan tradisional Tiongkok. Bahkan, kata 'siomay' sendiri diyakini berasal dari bahasa Tiongkok, 'shaomai'.

Protes ini bukan tanpa alasan. Banyak orang merasa bahwa siomay merupakan hasil akulturasi antara kuliner Tiongkok dan Indonesia, terjadi karena interaksi antara pedagang Tiongkok dan masyarakat lokal di Indonesia sejak lama.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa siomay telah mengalami modifikasi yang signifikan sehingga layak dianggap sebagai kuliner khas Indonesia. "Siomay ini altukurasi budaya emang dari Cina tapi kalau di Cina itu shumai. Berubah menjadi siomay karena di-mix dengan beragam jenis variasi, kayak tahu dan sayuran juga. Jadi, beda dengan shumai," tulis akun Runmaru Run.

Penggunaan bumbu dan bahan lokal seperti saus kacang dan kecap manis juga memberikan sentuhan khas Indonesia pada siomay. "Bumbu kacangnya bikin siomay ini unik," sahut netizen lain merespons komentar tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Netizen yang Bangga Siomay Indonesia Mendunia

Siomay telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dan sering disajikan dalam berbagai acara, baik formal maupun informal. Terlepas dari protes yang muncul, prestasi siomay ini tetap menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

Banyak orang merasa bangga bahwa makanan jalanan sederhana ini mendapatkan pengakuan internasional. Prestasi ini diharapkan dapat mendorong pariwisata kuliner Indonesia dan memperkenalkan lebih banyak makanan khas Indonesia kepada dunia.

"Keren, setelah rendang, sekarang siomay," tulis akun emaku.

"Tiba-tiba banget siomay,"

"I love siomay Indonesia," ujar yang lain.

 

@tasteatlas 10 Best Dumplings in the World #tasteatlas #dumplings ♬ original sound - TasteAtlas

Selain Siomay, Berikut Daftar Kuliner Khas Indonesia Kategori 'Terbaik' TasteAtlas

Selain siomay, Indonesia memiliki banyak makanan khas yang juga layak mendapatkan pengakuan internasional, seperti rendang, nasi goreng, dan sate. Semua makanan ini mencerminkan kekayaan budaya kuliner Indonesia.

Berikut adalah daftar kuliner khas Indonesia yang masuk dalam kategori 'terbaik' versi TasteAtlas:

  1. Pempek Palembang - Masuk dalam daftar 50 makanan terbaik berbasis seafood.
  2. Rujak Cingur - Masuk dalam daftar 10 makanan olahan dengan mangga.
  3. Rujak - Mendapatkan predikat sebagai salad buah terlezat kedua di dunia, sementara asinan masuk 5 besar.
  4. Pecel dan Ketoprak - Kembali masuk dalam daftar salad terbaik dunia.
  5. Siomay - Juara dalam daftar street food terbaik dunia tiga bulan lalu.
  6. Lapis Legit - Masuk dalam daftar menu iftar tradisional untuk buka puasa Ramadhan.
  7. Serabi, Dadar Gulung, dan Kue Ape - Termasuk dalam daftar pancake terlezat.
  8. Kopi Tubruk - Masuk dalam daftar kopi terpopuler.
  9. Bawang Goreng - Menjadi kondimen terbaik kedua di dunia.
  10. Kue Putu - Masuk dalam daftar kue terbaik di dunia versi TasteAtlas.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya