Bukan Cuma Susu, Ini Daftar Minuman dan Makanan yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Tidur nyenyak adalah modal penting agar besok pagi menjalani awal pekan dengan lebih bersemangat. Selain susu, berikut daftar asupan minuman dan makanan yang bantu tidur lebih nyenyak.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 11 Agu 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2024, 20:00 WIB
Kiwi
Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa bantu bikin tidur lebih nyenyak selain susu. Salah satunya buah kiwi. (Foto: Freepik/jcomp)

Liputan6.com, Jakarta Tidur yang berkualitas adalah salah satu pilar utama kesehatan yang baik. Namun, banyak orang mengalami kesulitan tidur atau tidak tidur nyenyak.

Salah satu cara alami untuk meningkatkan kualitas tidur adalah melalui konsumsi makanan dan minuman tertentu yang telah terbukti memiliki efek menenangkan dan mendukung tidur.

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak tentu didukung oleh penelitian ilmiah.

1. Susu Hangat

Susu mengandung triptofan, asam amino yang dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, triptofan dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk tertidur dan bantu bikin tidur nyenyak.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Medicine Reports menunjukkan bahwa chamomile dapat mengurangi gejala insomnia dan meningkatkan kualitas tidur berkat kandungan apigenin, antioksidan yang berikatan dengan reseptor tertentu di otak yang dapat mengurangi kecemasan dan memicu tidur.

3. Almond

Almond adalah sumber magnesium yang baik, mineral yang penting untuk kualitas tidur. Sebuah studi dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa kadar magnesium yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama pada orang yang mengalami insomnia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung serotonin dan antioksidan yang dapat membantu mengatur siklus tidur. Penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, durasi, dan efektivitas tidur.

5. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan produksi serotonin. Sebuah studi dalam Journal of Sleep Research menunjukkan bahwa konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia.

 


6. Pisang

Sudah banyak yang tahu ya kalau pisang bisa membantu agar tidur nyenyak. Kenapa bisa begitu ya? Ternyata pisang mengandung magnesium, kalium, dan vitamin B6, yang semuanya dapat membantu tubuh memproduksi melatonin.

Menurut sebuah artikel dalam Journal of Pineal Research, melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur-bangun dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

7. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan produksi serotonin. Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan kaya karbohidrat kompleks dapat meningkatkan kualitas tidur dengan meningkatkan kadar tryptophan di otak.


Selain Asupan Makanan

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya