Berhenti Merokok dan Usia Metabolik 17 Tahun, Rahasia Dokter Tirta Menjaga Kesehatan

Dokter Tirta berhenti merokok dan usia metaboliknya kini setara 17 tahun! Temukan rahasia perubahan hidup sehatnya.

oleh Aditya Eka PrawiraAde Nasihudin Al AnsoriTim Health diperbarui 19 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 18:00 WIB
Dokter Tirta Mandira Hudhi Pilih Setop Rokok Gegara Harganya Setara dengan 1Kg Dada Ayam
Dokter Tirta Mandira Hudhi Pilih Setop Rokok Gegara Harganya Setara dengan 1Kg Dada Ayam. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Dokter Tirta membagikan kisah transformasinya yang mengesankan, mulai dari seorang perokok berat hingga menjadi sosok dengan usia metabolik 17 tahun. Bagaimana dia bisa mencapai perubahan luar biasa ini? 

Dari Perokok Berat ke Pelaku Hidup Sehat

Dokter Tirta memulai kebiasaan merokok sejak usia 14 tahun dan menghabiskan 17 tahun sebagai perokok. Namun, keputusan untuk berhenti merokok muncul dua tahun lalu, bukan tanpa alasan.

Dokter Tirta mengungkapkan,"Harga rokok semakin mahal. Simpelnya, saya lebih memilih untuk menginvestasikan uang tersebut ke hal yang lebih bermanfaat, seperti daging ayam."

Tirta menyebutkan bahwa harga rokok kini setara dengan harga dada ayam boneless. Dengan perhitungan sederhana ini, dia memutuskan untuk berhenti merokok dan mengalihkan dana tersebut untuk kegiatan yang lebih sehat dan produktif.

Usia Metabolik 17 Tahun, Hasil dari Gaya Hidup Sehat

Keputusan Tirta untuk berhenti merokok diikuti dengan perubahan besar dalam gaya hidupnya. Dia mulai rajin olahraga, dari bersepeda hingga mendaki gunung. Hasilnya? Usia metaboliknya kini setara dengan usia 17 tahun, padahal usia aslinya adalah 33 tahun.

"Olahraga bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk jiwa. Setelah berhenti merokok dan berolahraga, saya merasa lebih muda dan energik," kata Tirta. Dia juga menambahkan bahwa gaya hidup sehat ini membantunya mengurangi derajat skoliosis yang dideritanya dan membuat tubuhnya lebih berisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengubah Kebiasaan dan Menginspirasi

Tidak hanya merasakan perubahan pada tubuhnya, Tirta juga melihat teman-temannya mulai mengadopsi gaya hidup sehat. "Teman-teman saya sudah mulai aktif berolahraga dan membagikan momen mereka di sosial media. Ini membuat saya semakin yakin bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai olahraga," tambahnya.

Menurut Tirta, olahraga adalah cara efektif untuk mengurangi stres. "Olahraga adalah bagian dari cara saya untuk mengurangi stres, meskipun kadang-kadang pamer hasil di media sosial bisa menambah stres. Tapi setidaknya, 80 persen olahraga saya dilakukan sendiri tanpa komunitas," kata Tirta.

 


Tidak Ada Kata Terlambat

Satu pesan penting dari Cipeng adalah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. "Walaupun Anda baru memulai olahraga di usia 40 atau 50 tahun, itu tidak masalah. Yang penting adalah memulai dan konsisten," kata Tirta.

Dia percaya bahwa kesehatan adalah usaha atau ikhtiar yang harus dilakukan setiap orang. Dengan berhenti merokok dan menerapkan gaya hidup sehat, Tirta tidak hanya mengubah kondisi fisiknya tapi juga kesejahteraannya secara keseluruhan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya