`Prada` Akhirnya Pergunakan Model Berkulit Hitam

Industri fashion selama ini memiliki beragam masalah yang berkaitan langsung dengan ras. Termasuk Prada, akhirnya menyewa model kulit hitam

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 03 Jul 2013, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2013, 10:00 WIB
prada-model-negro130702b.jpg
Industri fashion selama ini memiliki beragam masalah yang berkaitan langsung dengan ras. Termasuk Prada, brand fashion tersohor dunia, yang pada akhirnya menggunakan model berkulit hitam.

Memang, pada tahun 1994 Prada pernah memakai jasa seorang Naomi Campbell untuk menjadi modelnya. Tapi, seiring berjalannya waktu, Prada tak pernah terlihat lagi menggandeng model yang berasal dari ras berkulit hitam.

Malaika Firth, model kelahiran Kenya ini terpilih untuk ikut andil dalam kampanye musim gugur dan musim dingin yang dilakukan Prada. Malaika masuk ke dalam daftar 7 model seksi yang akan meramaikan kampanye dan iklan baru milik Prada.

Ini merupakan tonggak sejarah yang dicatat Prada, setelah 19 tahun tidak pernah mengikutsertakan model dari kawasan Asia dan model yang berkulit hitam.

Siapa yang mengira, kalau Prada akhirnya kembali menggaet model berkulit hitam, dan menjatuhkan pilihannya ke Malaika Firth yang memulai debut modelnya pada tahun 2011.

Mendengar kabar baik ini, Twittersphere (pengguna Twitter) sangat bersemangat dan tak henti-hentinya memuji apa yang dilakukan merk terkenal tersebut.

"Prada breaks two decade hiatus by casting a black model in ad campaign," tulis @GlobalGrindStyl.

Lalu, ada juga yang menulis, "Prada wakes up, casts black model for first time in 19 years."

"Seperti yang telah kita berkali-kali dokumentasikan di dalam website ini, industri fashion secara keseluruhan memiliki sejumlah masalah dengan ras," ujar penulis dari situs Jazebel.com , Jenna Sauers, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (2/7/2013)

Mungkin ada merk lain yang nyarsi selalu menggunakan model berkulit putih. Apa yang pada akhirnya membuat brand tersebut menyewa model hitam untuk kampanye iklan musimannya? Entahlah, Prada pun tak membeberkannya secara langsung.

(Adt/Abd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya