Sebelum Dikenalkan dengan Buah, Kenalkan Dulu Sayur pada Anak

Bila anak sudah mengenal rasa manis lebih dahulu dari buah maka anak lebih sulit anak menerima makanan dengan rasa tawar.

oleh Kusmiyati diperbarui 02 Sep 2013, 18:23 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2013, 18:23 WIB
anak-sayuran-130902b.jpg
Rasa khawatir dan cemas atas gizi yang diasup si kecil kerap menghantui kita. Tidak ingin melakukan kesalahan para ibu mesti selektif memilih makanan pendamping ASI. Ketakutan terkena risiko gangguan pencernaan dan alergi menjadi pertimbangan untuk mengenalkan jenis makanan untuk anak.

"Memberi makanan pendamping ASI sering membuat para ibu bingung mengenai jenis makanan apa yang perlu diperkenalkan lebih dahulu," ungkap Dokter Gizi, dr. Sylvia Irawati, Senin (2/9/2013).

Menurut dr. Sylvia sebaiknya perkenalkan sayuran terlebih dahulu sebelum buah, agar anak lebih mudah mengenal mana rasa tawar dan manis.

Sayur dan buah dalam bentuk puree dapat dicampurkan dengan sedikit ASI, air matang dan berikan sebanyak satu sendok teh kemudian dilakukan secara bertahap.

"Memperkenalkan sayuran sebelum buah membantu anak mengenal rasa. Bila anak sudah mengenal rasa manis lebih dahulu maka anak lebih sulit anak menerima makanan dengan rasa tawar," ujarnya.

(Mia/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya