Puber Kedua? Itu Bisa-bisanya Pria Saja!

Istilah puber kedua biasanya melekat pada pria usia di atas 38 tahun. Padahal, dalam dunia medis istilah itu tak ada.

oleh Melly Febrida diperbarui 05 Des 2013, 14:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2013, 14:00 WIB
ilustrasi-perkosa130520c.jpg
Orang kerap mengatakan wanita waspada ketika pria berusia 38 tahun ke atas karena bakal mengalami puber kedua. Namun, istilah puber kedua itu dalam dunia medis sebenarnya tidak pernah ada.

""Istilah di dunia medis itu nggak ada. Itu hanya reaksi psikologi yang berlebih karena ketidakmampuannya," kata Pakar Pakar Andrologi dan Seksologi, Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (5/12/2013).

Menurut Dr Wimpie, jika pria beristri tertarik dengan wanita muda biasanya karena beberapa alasan seperti kejenuhan, mungkin juga pasangannya tidak menarik lagi, atau pasangannya tidak mau berhubungan seks lagi.

Hal senada disampaikan Psikolog Klinis Rosdiana Setyaningrum, M. Psi., MHPEd. Menurut wanita yang akrab disapa Diana itu di dunia psikologi istilah puber kedua juga tidak ada.

"Itu bisa-bisanya pria aja. Memang biasanya pada usia 40 tahun mereka pas lagi jaya-jayanya. Secara fisik belum payah, kalau jaga badan 40 itu oke banget. Apalagi karir lagi bagus-bagusnya lagi naik," kata Diana.

Menurutnya, puber kedua lebih kepada cara seseorang membayar utang masa lalunya yang belum selesai.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya