Kurangi Makan Gula Biar Gusi Sehat

Gusi yang tidak sehat akan memicu kerusakan gigi, untuk itu perlu juga dijaga dan dirawat seperti gigi.

oleh Kusmiyati diperbarui 29 Des 2013, 15:01 WIB
Diterbitkan 29 Des 2013, 15:01 WIB
sikat-gigi-131229b.jpg
Kesehatan mulut bukan hanya sekadar membersihkan gigi tetapi juga perlu merawat gusi. Gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan dan kehilangan gigi.

Untuk itu perlu juga menjaga kesehatan gusi dengan cara berikut ini seperti dikutip Healthmeup, Minggu (29/12/2013): 

1. Sikat perlahan

Tidak hanya gigi yang perlu disikat, gusi pun butuh dibersihkan. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut, jangan menyikatnya terlalu keras. Cara yang baik menyikat gigi yaitu dengan memutar kuas dengan sudut 45 derajat sehingga bulu sikat gigi tidak menekan gusi terlalu keras.

2. Lakukan pijatan lembut

Gusi butuh sedikit pijatan lembut untuk mengaktifkan aliran darah, gunakan minyak tonik khusus untuk gigi atau bisa gunakan minyak kayu putih atau peppermint. Bahan tersebut memiliki antiseptik dan dapat memperlancar aliran darah. Ambil sedikit minyak pada jari yang bersih kemudian pijat dengan gerakan melingkar di gusi dalam dan luar. Lakukan juga di rahang atas dan bawah.

3. Latihan untuk Gusi

Selain pijatan lembut, gusi juga membutuhkan latihan untuk merangsang aliran darah dan membuatnya tetap sehat. Buat rahang atas dan bawah bertemu sehingga menimbulkan suara gemeretak, namun lakukan dengan pelan sekitar 30 sampai 40 kali.

4. Kumur jadi keharusan

Selain menyikat gigi dan flossing, berkumur menjadi suatu keharusan untuk menjaga kebersihan gusi. Berkumur dengan air yang bersih akan membantu membunuh baktrei yang menjadi penyebab bau mulut dan penyakit gusi.

5. Kurangi asupan gula

Dengan mengonsumsi gula maka dapat meningkatkan kandungan bakteri di dalam mulut sehingga memicu munculnya plak. Gusi berdarah dan gigi berlubang terjadi akibat plak yang ada pada gigi. Makanan yang mengandung gula tinggi dan minuman bersoda dapat melarutkan enamel gigi sehingga gigi akan rentan rusak. (Mia/Adt/Igw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Jangan Hanya Gigi, Gusi Mesti Rajin Diperiksakan ke Dokter!
Minum Teh dan Makan Popcorn Bisa Bersihkan Gigi
Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya