10 Wisata Pandeglang Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Pandeglang Banten.

oleh Laudia Tysara diperbarui 21 Sep 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2022, 14:30 WIB
[Bintang] Banten
Sungai Cigenter di Pulau Handeleum, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. (Liputan6.com/IG/mamduh.j)

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sedang berada di Pandeglang, provinsi Banten jangan lewatkan kunjungan ke tempat wisata Pandeglang. Kabupaten ini memiliki panorama alam yang menakjubkan dan lengkap.

Di mana saja wisata Pandeglang Banteng yang populer dan wajib dikunjungi? 

Ada sepuluh rekomendasi tempat wisata Pandeglang Banteng yang populer. Mulai dari wisata Pandeglang pantai dan pulau-pulau eksotis. Kemudian sungai dan hutan yang suasananya bak sedang menyusuri hutan Amazon.

Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi wisata Pandeglang Banten berupa curug atau air terjunnya. Lalu berwisata bersama anak-anak dengan belajar flora dan fauna di Taman Wisata Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

Berikut Liputan6.com ulas sepuluh rekomendasi wisata Pandeglang Banten yang populer dan wajib dikunjungi, Rabu (21/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wisata Pandeglang Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi

[Bintang] Poppy Bunga dan Muhammad Fattah Riphat
Liburan Poppy Bunga dan Muhammad Fattah Riphat ke Pulau Umang. (Liputan6.com/IG/Poppy Bunga)

1. Curug Ciajeng

Curug Ciajeng adalah wisata Pandeglang Banten yang populer berupa air terjun kembar. Lokasinya berada di Carita Pandeglang Banten, memiliki tebing yang indah, bebatuan yang besar dan pepohonan yang masih hijau, bebas dari sampah.

Air terjun sebagai wisata Pandeglang Banten yang populer ini mungkin bisa dibilang jauh dari rumah penduduk, karna air tejun ini berada di tengah tengah pegunungan perhutani. Wisatawan yang ingin datang, harus berjalan kaki dari kampung Jaha sampai ke tempat tujuan.

2. Pulau Umang

Pulau Umang adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Pulau indah dan mempesona ini memiliki luas wilayah sekitar 9.160 km2 dengan panorama yang terkenal sangat indah.

Lokasi wisata Pandeglang Banten yang populer dan wajib dikunjungi ini berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tak hanya keindahan alamnya yang memukau, di wisata Pandeglang Banten yang populer ini wisatawan bisa menikmati wahana permainan air. Misalnya, bermain jetski dan banana boat.

3. Pulau Oar

Pulau Oar adalah wisata Pandeglang Banten yang populer dan wajib dikunjungi. Meskipun sepintas masih terdengar cukup asing di telinga, kecantikan pulau kecil ini mulai dilirik oleh banyak traveler mancanegara.

Keindahan wisata Pandeglang Banten yang populer ini memang sudah terasa, begitu menginjakkan jemari kaki di atas pasir pantainya. Memiliki pasir putih nan halus dan perairan jernih, menjadi pesona yang tak terlupakan.

Lokasi wisata Pandeglang Banten yang populer ini berada di Desa Sumur, Pandeglang. Desa Sumur masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Tertarik berkunjung ke tempat wisata Pandeglang Banten yang populer ini?

4. Kolam Es Citaman

Kolam Es Citaman adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Ini kolam renang alami yang cocok bagi wisatawan yang suka berenang, sesuai namanya air di kolam ini sangatlah dingin. Lokasi wisata Pandeglang Banten yang populer ini berada di Gunung Pulosari. Pemandangan hijaunya menambah daya tarik tempat wisata ini. 

5. Pulau Badul

Pulau Badul adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Berupa hamparan pasir putih lembut yang diliputi lautan biru sejernih kristal yang menampakkan kehidupan di bawahnya. Ukuran wisata Pandeglang Banten yang populer berupa pulau ini terbilang sangat mini sekali.

Di pulau yang terletak di Taman Nasional Ujungkulon, Banten ini wisatawan hanya akan menemukan secuil rumpun pepohonan yang mustahil dipakai untuk berteduh dari panasnya matahari. Meski begitu, dijamin siapa pun yang datang akan terpesona oleh hamparan taman laut yang dihuni berbagai koral dan ikan-ikan cantik.


Wisata Pandeglang Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Harimau Jawa
Hewan diduga harimau Jawa di padang penggembalaan Cidaon, Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. (Foto: Gabel, petugas Taman Nasional Ujung Kulon/Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

6. Belajar Budaya Mongolia

Belajar budaya Mongolia adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Wisatawan akan diajak seolah sedang menjelajah ke negara di Asia Timur dengan berbagai budaya khasnya. Ragam pernak-pernik seperti rumah tenda hingga pakaian ala raja menjadi fasilitas yang dihadirkan oleh pengelola.

Lokasi wisata Pandeglang Banten yang populer ini diketahui dirancang oleh arsitek asal Mongolia, dan pemodelannya dibuat oleh Kedutaan Besar Mongolia untuk Indonesia. Hal itu demi menjaga orisinalitas dari destinasi yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare tersebut.

7. Mata Air Cikoromoy

Mata Air Cikoromoy adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Tempat wisata ini masih sangat alami sebab adanya bebatuan dan pasir yang dibiarkan begitu saja menambah kesan uniknya tempat wisata ini.

Sumber air di kolam wisata Pandeglang Banten yang populer ini berasal dari mata air di Desa Cikoromoy, karena itu objek wisata tersebut dinamakan mata air Cikoromoy. Lokasinya berada di Kampung Cibulakan, Desa Kadubungbang, Cimanuk, Pandeglang, Banten.

8. Kampung Domba

Kampung Domba adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Lokasinya berada di Desa Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang. Berada di kawasan hutan lindung lereng Gunung Karang dengan ketinggian 250-700mdpl.

Kampung Domba sebagai wisata Pandeglang Banten yang populer, menawarkan panorama alam yang gak kalah indahnya seperti di Puncak-Bogor. Akses jalan menuju Kampung Domba cukup mudah, cuma sekitar 20 menit dari Alun-Alun kota Pandeglang.

9. Padang Cidaon

Padang Savana Cidaon adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Di kawasan sabana yang luasnya kurang lebih 4 hektar ini anda akan disuguhi pemandangan flora dan fauna satwa liar.

Di wisata Pandeglang Banten yang populer ini, wisatawan akan bisa melihat beberapa fauna seperti sapi, kerbau, dan burung merak

Tidak ketinggalan, ada badak bercula satu, spesies badak asli Jawa yang merupakan spesies yang tergolong sangat langka, juga salah satu hewan yang masuk dalam daftar satwa yang dilindungi di Taman Wisata Ujung Kulon.

10. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter adalah wisata Pandeglang Banten yang populer. Menggunakan sampan di sungai Cigenter bisa menjadi pilihan utama bagi yang menyukai wisata yang memacu adrenalin. Mencapai sungai Cigenter, wisatawan harus menyewa perahu lokal dengan harga Rp 1.500.000 untuk pulang pergi.

Perahu ini dapat ditumpangi oleh 20 penumpang. Setelah perjalanan perahu, wisatawan harus menyewa sampan untuk menjelajahi Sungai Cigenter. Wisatawan akan merasakan sensasi bak berkeliling di hutan amazon, sepanjang 12 mil dengan buaya dan kijang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya