10 Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Lebih Efektif

Cara menghafal cepat dipengaruhi oleh jumlah latihan, kondisi tubuh, hingga kondisi lingkungan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 23 Nov 2022, 19:15 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 19:15 WIB
Membaca
Ilustrasi membaca buku. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Liputan6.com, Jakarta Cara menghafal cepat mungkin perlu dipahami oleh pelajar, terutama saat akan diadakan tes atau ujian. Tidak hanya pelajar, cara menghafal cepat juga diperlukan oleh para pekerja saat mempersiapkan proposal ataupun presentasi terkair pekerjaan.

Menghafal biasanya dilakukan dengan mengulangi proses membaca secara terus-menerus. Pada akhirnya kamu akan hafal dan terbiasa dengan materi yang sedang kamu pelajari. Namun, membaca berulang-ulang kadang cukup menyita waktu, padahal ada kalanya kamu harus segera menghafal materi tersebut.

Cara menghafal cepat dipengaruhi oleh jumlah latihan, kondisi tubuh, hingga kondisi lingkungan. Tidak hanya menerapkan berbagai trik dalam menghafal, kamu juga perlu memahami kondisi tubuh serta lingkungan, agar tidak mengganggu proses menghafal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022) tentang cara menghafal cepat.


Cara Menghafal Cepat

Ilustrasi membaca. (Photo by Christian on Pexels)
Ilustrasi membaca. (Photo by Christian on Pexels)

Membaca berulang-ulang

Cara menghafal cepat yang pertama yaitu dengan membaca berulang-ulang. Melakukan pengulangan berkali-kali dapat meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek seseorang. Hal ini akan membantu kamu memiliki daya ingat yang lebih baik. Kamu juga perlu melakukannya dengan konsentrasi penuh, dan hindari melakukan hal lainnya saat menghafal.

Contohnya, seperti saat ingin menghafal pembukaan Undang-Undang Dasar, baca naskah Pembukaan UUD beberapa kali lalu coba ulangi tanpa melihat naskah. Ulangi terus menerus sampai kamu bisa melafalkan pembukaan UUD tanpa melihat naskah dengan lancar.

Mencatat poin-poin penting

Cara menghafal cepat berikutnya adalah mencatat poin-poin penting. Tidak hanya mencatat poin-poin penting, kamu juga bisa mencatat kembali dengan menggunakan bahasamu sendiri. Ketika kamu bisa menulis ulang catatan dengan bahasamu sendiri, maka kamu juga telah memahami apa yang kamu hafal tersebut.

Seorang psikolog dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, mengatakan bahwa menulis dengan tangan membantu menajamkan kemampuan otak untuk mengingat dan memahami. Menuliskan poin penting dari suatu materi membantu otak mengorganisir informasi yang masuk sehingga materi lebih mudah diingat. 


Cara Menghafal Cepat

Ilustrasi membaca buku
Ilustrasi membaca buku. (Photo by Nathan Aguirre on Unsplash)

Jangan mendadak

Tidak mendadak dalam menerapkan cara menghafal cepat juga sangat penting diperhatikan. Menghafal suatu materi tentunya tidak dapat dilakukan secara mendadak atau tergesa-gesa, karena kinerja otak tidak akan maksimal. Apabila waktu yang disediakan lebih panjang, gunakan sebaik mungkin dan seefektif mungkin. Membaca dan menghafalkan sesuatu dalam jangka waktu yang panjang akan jauh lebih efektif daripada menghafal dan membaca sesuatu dengan mendadak atau bahkan menggunakan ‘sistem kebut semalam’.

Hindari gangguan

Menghindari gangguan juga sangat penting dilakukan saat kamu menerapkan cara menghafal cepat. Menghafal memerlukan konsentrasi penuh agar informasi yang masuk dapat terserap dengan baik. Memilih tempat belajar yang jauh dari keramaian sangat disarankan untuk menghindari distraksi, sebab keramaian dapat mengganggu konsentrasi. Hindari juga melakukan hal lain saat menghafal suatu materi.


Cara Menghafal Cepat

Membaca Buku
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Thought

Membaca dengan suara keras

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengatakan bahwa membaca dengan bersuara terbukti menjadi metode menghafal yang efektif. Cara menghafal cepat ini efektif terutama bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori. Mendengar materi yang harus dihafal akan lebih mudah kan proses menghafal ketimbang hanya membacanya dalam hati.

Rekam

Cara menghafal cepat yang efektif untuk orang-orang dengan gaya belajar auditori adalah merekam suara guru atau dosen yang sedang memberi penjelasan.  Kemudian, rekaman tersebut didengarkan berulang-ulang. Kamu juga dapat merekam suara sendiri dengan bahasa dan cara yang lebih mudah diingat. 


Cara Menghafal Cepat

Ilustrasi membaca, buku, teks
Ilustrasi membaca, buku, teks. (Photo created by drobotdean on www.freepik.com)

Buat mind map (peta konsep)

Selain menuliskan poin-poin penting, kamu juga dapat membuat mind map untuk membantu proses menghafal. Cara menghafal cepat ini mengaktifkan kemampuan otak kanan yang melibatkan imajinasi, kreativitas, dan juga berhubungan dengan otak bawah sadar sehingga materi lebih mudah diingat. Cara ini juga dapat mengorganisir informasi yang masuk di otak sehingga lebih mudah dipahami. 

Metode jembatan keledai

Cara menghafal cepat selanjutnya adalah metode jembatan keledai. Jembatan keledai adalah metode mengingat atau menghafalkan sesuatu dengan mengambil kata atau suku kata dari poin yang harus dihafal. Kemudian menjadi kata atau akronim yang mudah diingat. Contohnya, menghafalkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris dengan singkatan SunMing MoSen TuSel WeRa ThurKa FriJu SaSa.


Cara Menghafal Cepat

Kumpulkan Sumber dan Bahan Bacaan
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Konsumsi makan sehat

Memperhatikan kondisi tubuh juga sangat penting sebagai cara menghafal cepat. Pasalnya, asupan makanan juga penting untuk memaksimalkan fungsi otak dalam menghafalkan pelajaran. Sama seperti organ tubuh lain, otak juga memerlukan nutrisi dari makanan. Nutrisi yang baik bagi otak dapat membantu cara menghafal cepat. Jenis nurisi yang baik bagi otak, contohnya asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic (DHA), vitamin E, asam folat, zat antioksidan, dan lain-lain.

Istirahat yang cukup

Memiliki jam tidur dan istirahat yang cukup juga dapat memaksimalkan fungsi otak. Tidur dan istirahat yang cukup juga membantu menangkal stres dan kelelahan. Berikut jam tidur optimal sesuai usia, anak sekolah (6-13 tahun) memiliki jam tidur yaitu 9-11 jam. Remaja (14-17 tahun) memiliki jam tidur yaitu 8-10 jam. Dewasa (18-64 tahun) memiliki jam tidur yaitu 7-9 jam. Cara cepat menghafal ini juga perlu diperhatikan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya