Profil PT Enkei Indonesia, Perusahan Manufaktur dan Penjualan Velg

PT Enkei Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur dan penjualan produk velg ban.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 10 Jan 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 19:10 WIB
Ganti Velg Mobil, Jangan Lupa Spooring dan Balancing
Wibowo Santosa dari Permaisuri Ban akan memberikan informasi pentingnya melakukan spooring dan balancing

Liputan6.com, Jakarta PT Enkei Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur dan penjualan produk velg ban. Adapun velg yang diproduksi PT Enkei Indonesia mencakup kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan velg untuk keperluan mobil balapan, termasuk velg untuk mobil balap F1.

PT Enkei Indonesia sebenarnya merupakan perusahaan penanaman modal asing di bawah naungan perusahaan induk, yakni Enkei Corporation yang berkantor pusat di Jepang. PT Enkei Indonesia, didirikan pada 1995 dan sampai saat ini masih beroperasi di Kawasan Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Adapun bisnis PT Enkei Indonesia lebih berfokus pada produksi dan penjualan produk velg yang dipasarkan dengan merek ENKEI. Velg yang diproduksi oleh PT Enkei Indonesia tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, melainkan juga dipasarkan secara global.

PT Enkei Indonesia merupakan satu dari sebelas anak perusahaan di bawah naungan Enkei Corporation, yang tersebar di seluruh dunia. Untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai PT Enkei Indonesia, berikut ulasan selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekilas tentang Enkei

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Enkei Indonesia didirikan pada 1995. Namun sejarah Enkei Corporation telah dimulai jauh sebelum itu. Enkei sendiri didirikan pada 1950. Sejak saat itu, Enkei terus berkomitmen untuk menghadirkan velg paling inovatif dan berkualitas tinggi kepada pembalap top dan penggemar mobil.

Saat ini, Enkei telah berkembang menjadi produsen roda aluminium nomor satu untuk memenuhi permintaan dari pembuat mobil terkemuka dan pengguna roda aftermarket di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Enkei.com, Enkei merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi velg untuk berbagai jenis kendaraan, mulai dari kendaraan roda dua  dan roda empat. Tidak hanya itu, Enkei juga menyediakan velg untuk berbagai jenis keperluan, bahkan untuk keperluan balapan.

Saat ini, Enkei telah menjadi pemasok resmi untuk sejumlah pabrikan mobil yang ada di Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Eropa. Tidak hanya itu, semua pabrikan mobil Jepang terbesar dan General Motors di pasar OEM, pemasoknya adalah Enkei.

Tidak hanya menjadi pemasok velg untuk pabrik mobil di hampir seluruh dunia, Enkei juga menyediakan velg aftermarket untuk keperluan modifikasi. Sebagai penyedia produk velg aftermarket, Enkei menyediakan orda khusus dengan desain dan teknologi terbaru.

Tidak hanya itu, Enkei juga memproduksi roda untuk mobil balap canggih berteknologi tinggi untuk berbagai olahraga motor, termasuk reli, drift, balap mobil sport, termasuk memasok roda balap Formula 1 magnesium ringan ke tim McLaren Honda. Enkei telah menjadi Pemasok Resmi tim McLaren F1 sejak 1995.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa Enkei Corporation, termasuk PT Enkei Indonesia di dalamnya, merupakan perusahaan dengan reputasi yang sangat baik di dunia otomotif.


Filosofi Enkei

Velg mobil
Velg mobil (Foto: Yongki Sanjaya/Liputan6.com)

Dalam memproduksi velg dan roda untuk keperluan kendaraan, Enkei tidak hanya mengedepankan aspek teknis semata. Lebih dari itu, Enkei juga memiliki filosofi yang menjadi pedoman dalam berinovasi untuk menciptakan produk velg terbaik.

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa roda yang baik adalah yang memiliki bobot yang ringan. Meski demikian, Enkei tidak berpikir demikian. Enkei tidak hanya berfokus pada bobot velg yang ringan. Untuk mencapai performa roda yang maksimal, Enkei juga berfokus pada “kekakuan” dan “kekuatan”.

Kekakuan adalah dasar dari kinerja roda. Apa itu "kekakuan"? Kekakuan artinya adalah kemampuan velg untuk mempertahankan bentuknya. Meskipun sebagian besar logam keras, namun logam memiliki kecenderungan untuk berubah bentuk saat terkena gaya dan kembali ke bentuk semula saat gaya tersebut hilang.

Kekakuan sering dikacaukan dengan kekuatan, tetapi ini berbeda karena kekuatan adalah ukuran kecenderungan untuk dapat dipatahkan. Untuk mendapatkan yang terbaik dari ban performa tinggi saat ini, roda harus memiliki kekakuan yang tinggi untuk menjaga sambungan yang tepat antara sasis dan ban. Di sisi lain, roda dengan kekakuan rendah dapat dengan mudah berubah bentuk akibat beban ban.


Perusahaan di Bawah Naungan Enkei Group

Mobil balap MP4-31 Mclaren-Honda
Mobil balap F1 hasil kolaborasi McLaren-Honda MP4-31 dipajang di GIIAS 2017. (Herdi Muhardi)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Enkei Indonesia merupakan satu dari puluhan perusahaan yang berada di bawah Enkei Group. Setidaknya ada 28 perusahaan di Enkei Group, yang tersebar di Jepang, Amerika Utara dan Asia.

Berikut adalah daftar perusahaan Enkei di dunia:

1. ENKEI AMERICA (U.S.)

2. ENKEI AMERICA MOULDINGS (U.S.)

3. ENKEI FLORIDA (U.S.)

4. ENKEI INTERNATIONAL INC. (U.S.)

5. ENKEI THAI

6. ENKEI THAI MOULDINGS

7. ENKEI MALAYSIA

8. ENKEI ALUMINUM PRODUCTS (CHINA) ENKEI

9. MOULDINGS (CHINA)

10. ENKEI ZHONGNAN (CHINA)

11. ENKEI INDONESIA

12. ENKEI PHILIPPINES

13. ENKEI WHEELS (INDIA)

14. ENKEI VIETNAM

Adapun perusahaan Enkei yang ada di Jepang, antara lain sebagai berikut:

1. ENKEI CORPORATION (HEAD OFFICE)

2. ENKEI WHEEL CORPORATION (MANUFACTURING)

3. ENBISHI ALUMINUM WHEELS

4. ENKEI AUTOMOTIVE

5. ENKEI PAINTING

6. ENKEI MAKABE

7. ENKEI ACE

8. ENKEI METALS

9. ENKEI ENGINEERING (ENGINEERING)

10. ENKEI TEST AND LABORATORY

11. ENKEI RELATION (OPERATION)

12. ENKEI AUTO ACTIVITY

13. ENKEI AUDIT AND COMPUTER SERVICES

14. ENKEI LOGISPORT

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya