Ulasan adalah Teks Berisi Penilaian Karya atau Produk, Begini Cara Menulisnya

Ulasan adalah jenis teks berisi opini yang dipaparkan berdasarkan fakta dan sifatnya objektif.

oleh Laudia Tysara diperbarui 16 Jan 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi membaca buku, cerpen
Ilustrasi membaca buku, cerpen. (Foto oleh Streetwindy/Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ulasan adalah jenis teks yang berisi penilaian suatu karya atau produk. Sinonim kata ulasan adalah ulas, analisis, keterangan, kajian, penyelidikan, telaah, pemeriksaan, hingga pembahasan. Ini mengapa teks ulasan tidak bisa ditulis semarangan.

Penulisan teks ulasan adalah memiliki tujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman akan suatu karya atau produk. Dalam buku berjudul Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 Kelas VIII SMP/Mts oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ulasan adalah teks yang berisi analisis seseorang terhadap suatu hal. 

Cara menulis teks ulasan adalah harus berisi opini yang dipaparkan berdasarkan fakta dan sifatnya objektif. Sementara itu, struktur teks ulasan harus terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Simak penjelasannya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ulasan, pengertian ulasan, jenis-jenis ulasan, dan cara menulis ulasan, Senin (16/1/2023).


Ulasan adalah Teks Berisi Penilaian

Kutipan Inspiratif Novel Outliers Bagian III
Ilustrasi Membaca Credit: pexels.com/Kinga

Ulasan adalah berupa teks yang isinya penilaian karya yang dilakukan dengan objektif. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menggambarkan ulasan adalah kupasan atau tafsiran atau komentar. Sementara itu, Tesaurus Bahasa Indonesia menjelaskan sinonim kata ulasan adalah ulas, analisis, keterangan, kajian, penyelidikan, telaah, pemeriksaan, hingga pembahasan.

Dalam buku berjudul Top Fokus Ulangan & Ujian SMP (2020) oleh Tim Maestro Eduka, ulasan adalah teks yang memuat tinjauan suatu karya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai.

Ulasan adalah teks yang tidak bisa ditulis sembarangan. Ulasan sama dengan jenis teks resensi. KBBI menggambarkan resensi adalah sebagaimana bentuk pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau semacam ulasan buku. Ulasan adalah teks yang umumnya terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Dalam buku berjudul Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 (2021) oleh Heriyanto, S. Od., M. Pd, isi sebuah ulasan adalah informasi yang mengemukakan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk. Opini pada teks ulasan ditulis atau dikemukakan berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.

Tidak hanya sama dengan resensi, ulasan adalah sama dengan bentuk kritikan yang bisa mengungkap kelebihan dan kekurangan sesuatu. Dalam buku berjudul Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 Kelas VIII SMP/Mts oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ulasan adalah teks yang berisi analisis seseorang terhadap suatu hal.

Pada praktiknya, peserta didik diminta untuk mengembangkan sikap kritisnya melalui pembuatan teks ulasan tentang suatu film atau drama. Selain mengembangkan sikap kritis, praktik membuat teks ulasan juga bagian dari peranan penting untuk mengembangkan kreativitas peserta didik.


Cara Menulis Teks Ulasan

Kutipan Novel And Then There Were None Bagian I
Ilustrasi Membaca Credit: pexels.com/Ying

Bagaimana cara menulis teks ulasan? Ulasan adalah teks yang berisi penilaian pada sesuatu, baik itu karya maupun produk. Cara menulis teks ulasan keduanya sama. Sama-sama berisi opini yang dipaparkan berdasarkan fakta dan sifatnya objektif.

Dalam buku berjudul Super Complete SMP/MTs (2020) oleh Elis Khoerunnisa, dkk, dijelaskan ulasan adalah teks yang isinya hasil penelitian terhadap karya misalnya drama, film, atau buku. Teks ulasan untuk buku atau novel, umumnya disebut dengan resensi. Teks ulasan adalah harus berisi ulasan yang kritis dan tidak subjektif agar memberikan kontribusi kemajuan untuk karya yang sedang diulas.

Cara menulis teks ulasan harus memenuhi kaidah struktur teks ulasan. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, struktur teks ulasan adalah terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Ini penjelasan cara menulis teks ulasan dalam buku berjudul Top Fokus Ulangan & Ujian SMP (2020) oleh Tim Maestro Eduka:

1. Orientasi

Cara menulis teks ulasan bagian orientasi adalah berisi gambaran umum terhadap suatu bahan atau karya sastra yang akan dibahas. Gambaran umum ini dapat berupa paparan tentang nama, fungsi, dan lain sebagainya.

2. Tafsiran

Cara menulis teks ulasan bagian tafsiran adalah mengandung pandangan pengulas sendiri mengenai karya atau produk yang hendak dibahas. Pada bagian ini, pengulas biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dinilai mirip. Pengulas juga baiknya harus menyisipkan kekurangan dan kelebihan karya atau produk yang diulas.

3. Evaluasi

Cara menulis teks ulasan bagian evaluasi adalah memuat gambaran terperinci terkait suatu benda atau karya. Evaluasi pada teks ulasa ini meliputi bagian-bagian, ciri, dan kualitas karya terkait.

4. Rangkuman

Cara menulis teks ulasan bagian rangkuman adalahakan memuat gambaran akhir mengenai kesimpulan suatu karya.

Apalagi yang perlu diketahui tentang cara membuat teks ulasan? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada tiga jenis teks ulasan, mulai dari jenis teks ulasan yang isinya informatif, deskriptif, dan kritis. Ini penjelasan dari perbedaan ketiga jenis teks ulasan yang dimaksudkan:

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan informatif ini memiliki gambaran singkat, padat, dan umum sebuah karya. Ulasan jenis ini tidak menyampaikan isi karya secara keseluruhan, melainkan hanya menyampaikan bagian yang penting saja serta lebih menekankan kelebihan atau kekurangan karya tersebut.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan deskriptif berisi gambaran detail tiap bagian karya. Teks ulasan ini sering dilakukan pada karya fiksi untuk mendapat gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, serta kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis pada sebuah karya.

3. Teks Ulasan Kritis

Teks ulasan kritis berisi ulasan suatu karya yang terperinci dan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya teks ulasan ini ditulis secara objektif dan kritis, serta tidak berdasar pandangan subyektif dari penulis ulasan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya