Aksi King Kobra Berdiri Tegak Ini Viral, Hampir Angkat Sepertiga Tubuhnya

King kobra berdiri tegak dalam video viral, hampir angkat sepertiga tubuhnya dari tanah.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 13 Mar 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 16:30 WIB
Video King Kobra Berdiri Tegak Ini Viral, Hampir Angkat Sepertiga Tubuhnya
Video King Kobra berdiri tegak ini viral, hampir angkat sepertiga tubuhnya. (Sumber: Twitter/susantananda3)

Liputan6.com, Jakarta Ular menjadi salah satu hewan berbahaya dan menakutkan. Namun belakangan ini, video penampakan ular banyak tersebar di media sosial. Seperti, berita ular masuk rumah. Momen penyelamatan mereka pun cukup mencuri perhatian, termasuk di India.

Tetapi, berbeda dengan video viral yang satu ini. Video yang menampilkan ular berdiri setinggi pohon itu menjadi momen yang jarang ditemukan oleh orang. Baru-baru ini, laman Twitter bernama IFS Susanta Nanda membagikan video menakjubkan. Dalam video tersebut, tampak seseorang merekam seekor ular King Cobra panjang.

Ular kobra panjang itu terlihat berdiri tegak dan menjulang tinggi di atas pohon-pohon kecil di kawasan tersebut. Ular itu tampak seperti sedang mencoba untuk melihat ke luar pepohonan dan memetakan lokasinya saat ia melayang beberapa inci di atas tanah. Tubuh bagian bawahnya menopang kepala dan tubuhnya yang melayang.

"Raja kobra secara harfiah dapat 'berdiri' dan menatap mata orang dewasa. Saat berhadapan, mereka bisa mengangkat hingga sepertiga tubuhnya dari tanah," tulis keterangan pada laman Twitter @susantananda3, seperti dikutip Liputan6.com pada Senin (13/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Video King Kobra berdiri tegak jadi viral

Video King Kobra Berdiri Tegak Ini Viral, Hampir Angkat Sepertiga Tubuhnya
Video King Kobra berdiri tegak ini viral, hampir angkat sepertiga tubuhnya. (Sumber: Twitter/susantananda3)

Dalam video, ular kobra itu tampak seperti sedang mencoba untuk melihat ke luar pepohonan dan memetakan lokasinya saat ia melayang beberapa inci di atas tanah. Tubuh bagian bawahnya menopang kepala dan tubuhnya yang melayang. Laman Twitter @susantananda3 menjelaskan dalam keterangannya.

King Kobra adalah spesies asli negara-negara di Asia Selatan dan Tenggara. Ini dianggap sebagai ular berbisa terpanjang di dunia. Meskipun spesies ular itu berbisa, namun tidak dianggap berbahaya bagi manusia, karena King Kobra diketahui menghindari interaksi dengan manusia.

Pertengkaran apa pun dengan manusia hanya muncul pada saat ular kobra secara tidak sengaja memperlihatkan dirinya atau sedang dikejar. Netizen sangat penasaran dengan perilaku ular yang tidak biasa dalam video tersebut.


Komentar netizen

Video tersebut menuai berbagai komentar dari netizen. Banyak yang bertanya-tanya mengapa ular itu berdiri menjulang tinggi. Sementara, seseorang berbagi pengalaman mereka sendiri dengan pertarungan Kobra seperti itu. Tidak sedikit yang bingung dengan momen tersebut.

"Tapi ular mendengarkan getaran di tanah dan kemudian mengetahui siapa pun di sekitarnya. Foto ini menunjukkan seolah-olah King Cobra dapat melihat hingga jarak tertentu. Tolong ceritakan motif sebenarnya dari ular mengangkat tubuh bagian atas setinggi ini. Semoga ular itu dalam posisi menyerang lebih jauh," ujar netizen.

"King kobra bukanlah ular yang agresif. Terlepas dari reputasinya yang agresif, raja kobra sebenarnya jauh lebih berhati-hati daripada banyak ular yang lebih kecil. Kobra hanya menyerang orang saat terpojok, untuk membela diri atau untuk melindungi telurnya,” tulis salah satu netizen.

"Saya pernah bertatap muka dengan seekor kobra dalam posisi berdiri jauh di tahun 1997. Itu memang mengintimidasi Anda," tulis netizen lain.

"Teman saya dari keonjhar bertemu dengan seekor raja kobra yang berdiri setinggi matanya,” tulis netizen.

"Saya tidak menyangka mereka bisa tumbuh sebesar ini!" ujar netizen lain.


Tonton videonya berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya