Cara Membuat Keset dari Kain Perca yang Mudah, Kenali Kreasi Lainnya

Cara membuat keset dari kain perca sangat praktis dan mudah, namun memerlukan ketelitian dan keahlian dalam menjahit.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 27 Mar 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi Keset
Ilustrasi keset (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Keset dari kain perca adalah suatu teknik mengolah kain. Ia terbuat dari sisa-sisa atau potongan-potongan kain bekas, menjadi keset yang berguna untuk membersihkan permukaan atau lantai rumah. Cara membuat keset dari kain perca sangat mudah, di mana Anda bisa mengumpulkan dan menggabungkan potongan-potongan kain perca dengan berbagai ukuran dan warna, kemudian dijahit untuk menghasilkan keset yang unik dan berwarna-warni.

Cara membuat keset dari kain perca selain mudah dan praktis, juga merupakan salah satu upaya untuk mengurangi limbah tekstil dan menjaga lingkungan. Perlu Anda ketahui juga bahwa setelah memilih kain, maka jangan lupa untuk dicuci dan disetrika, kemudian potong kain dengan masing-masing dengan ukuran 20 cm x 20 cm, namun dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Cara membuat keset dari kain perca juga memerlukan ketelitian dan keahlian dalam menjahit, namun hasilnya bisa sangat memuaskan. Keset yang dihasilkan dapat digunakan di berbagai ruangan, seperti di kamar mandi, dapur, atau ruang tamu. Selain itu, membuat keset dari kain perca juga merupakan cara yang kreatif dan ramah lingkungan untuk memanfaatkan kain bekas yang tidak terpakai.

Berikut ini cara membuat keset dari kain perca yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panduan Membuat Keset

Dekor
Jadikan keset unik sebagai ornamen tambahan di kamar kos Anda. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  1. Kain perca
  2. Kain katun atau flanel
  3. Gunting
  4. Mesin jahit atau jarum dan benang

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Ukur dan potong kain perca menjadi ukuran yang diinginkan. Pastikan kain perca dalam ukuran yang sama.
  2. Cara membuat keset dari kain perca selanjutnya, yaitu ukur dan potong kain katun atau flanel menjadi ukuran yang sama dengan kain perca. Pastikan potongan kain katun atau flanel juga sama.
  3. Tempatkan kain perca dan kain katun atau flanel bersama-sama, dengan sisi kanan kain menghadap ke dalam dan jahit sisi-sisi mereka bersama-sama. Jahitlah sisi-sisi dengan jarak 1/4 inch dari tepi kain.
  4. Balik keset, sehingga sisi kanan kain perca terlihat dan sisi katun atau flanel tersembunyi di dalam.
  5. Cara membuat keset dari kain perca selanjutnya, yaitu jahit sisi yang terbuka dengan jahitan rata-rata, dengan jarak 1/4 inch dari tepi kain.
  6. Jahitlah keempat sisi keset untuk memberikan kekuatan pada keset. Setelah keset terjahit, gunting sisa kain atau benang yang terlihat dari tepi keset.
  7. Pastikan bahwa potongan tepi keset rata dan bersih, lalu cuci keset dengan mesin cuci atau tangan dan keringkan di bawah sinar matahari. Anda dapat menambahkan pelembut kain jika diinginkan.
  8. Setelah keset kering, Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi pada keset Anda. Anda dapat menambahkan bordir, rajutan, atau pita sesuai dengan preferensi Anda.

Inovasi menarik dari kain perca

keset handmade
foto: onegreenplanet

1. Tas Tote Dari Kain Perca

Tas tote adalah jenis tas yang sangat populer dan mudah dibuat dari kain perca. Untuk membuat tas tote, Anda akan memerlukan kain perca, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Potong kain perca sesuai dengan ukuran tas yang diinginkan.
  2. Jangan lupa untuk memotong dua bagian untuk sisi depan dan belakang, dua bagian untuk sisi samping, dan satu bagian untuk bagian bawah.
  3. Jika Anda ingin menambahkan kantong, potong kain perca sesuai ukuran yang diinginkan dan jahitkan ke salah satu sisi depan tas.
  4. Jahitkan sisi depan dan belakang bersama-sama pada bagian atas dan tepinya.Jahitkan sisi samping pada sisi depan dan belakang, dan jahitkan bagian bawah pada tempatnya.
  5. Terakhir, jahitkan tali atau gantungan pada sisi depan dan belakang untuk membentuk pegangan tas.

2. Alas Meja Dari Kain Perca

Anda dapat membuat alas meja yang cantik dan unik dari kain perca. Alas meja akan melindungi meja Anda dari goresan dan noda, serta memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan Anda. Untuk membuat alas meja, Anda akan memerlukan kain perca, lapisan penahan panas, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur meja Anda dan tambahkan beberapa inci pada setiap sisinya untuk lipatan.
  2. Potong kain perca dan lapisan penahan panas sesuai ukuran yang diinginkan.
  3. Jahitkan kain perca dan lapisan penahan panas bersama-sama, tepi dengan tepi dan sisakan bagian bawahnya terbuka.
  4. Balikkan kain perca dan lapisan penahan panas, sehingga bagian bawah kain perca terlihat.
  5. Jahitkan bagian bawahnya dengan jahitan tangan atau mesin jahit untuk menutupnya.
  6. Sekarang Anda siap menempatkan alas meja di atas meja Anda.

3. Gantungan Kunci Dari Kain Perca

Gantungan kunci dari kain perca adalah cara yang bagus untuk membuat hadiah unik dan kreatif untuk teman dan keluarga Anda. Untuk membuat gantungan kunci, Anda akan memerlukan kain perca, lapisan katun, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, kunci cincin, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Potong kain perca dan lapisan katun dalam ukuran yang diinginkan. Pastikan kain perca dan lapisan katun sejajar dan pas.
  2. Jahitkan tepinya bersama-sama, dan jangan lupa untuk meninggalkan sebagian kecil bagian atas terbuka agar dapat membalikkan kain setelah selesai dijahit.
  3. Balikkan kain ke dalam dan jahit bagian atas yang terbuka dengan jahitan tangan atau mesin jahit.
  4. Masukkan kunci cincin melalui bagian atas dan Anda telah berhasil membuat gantungan kunci yang cantik dan unik dari kain perca.

4. Sarung Bantal Dari Kain Perca

Sarung bantal dari kain perca adalah cara yang bagus untuk mengubah tampilan bantal lama menjadi sesuatu yang baru dan unik. Untuk membuat sarung bantal, Anda akan memerlukan kain perca, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur bantal yang akan Anda tutupi dengan kain perca.
  2. Potong kain perca dalam ukuran yang lebih besar dari ukuran bantal, sehingga dapat dilipat dan menjahit tepinya.
  3. Lipat kain perca dan jahitkan tepinya dengan mesin jahit atau jahitan tangan. Pastikan bagian bawahnya terbuka agar dapat memasukkan bantal ke dalamnya.
  4. Balikkan kain perca sehingga bagian kanan terlihat, lalu masukkan bantal ke dalam sarung bantal dan jahitkan bagian bawahnya dengan jahitan tangan atau mesin jahit.

Kreasi Selain Kain Perca

Keset dari Indonesia Jadi Tas Mahal di Amerika
Keset. dok: worldofbuzz.com

Selain kain perca, ada beberapa bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat keset. Berikut adalah beberapa ide untuk membuat keset dari bahan lain:

1. Keset dari Kain Flanel

Kain flanel memiliki tekstur lembut dan tebal sehingga cocok untuk membuat keset. Untuk membuat keset dari kain flanel, Anda akan memerlukan kain flanel, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur dan potong kain flanel sesuai dengan ukuran keset yang Anda inginkan.
  2. Lipat tepi kain flanel dan jahitkan tepinya dengan mesin jahit atau jahitan tangan.
  3. Pastikan tepi kain rapi dan tidak berantakan, lalu hiasi keset dengan menggambar atau menjahitkan bentuk atau pola yang diinginkan pada kain flanel.
  4. Setelah selesai, cuci keset dengan air dingin dan jemur hingga kering.

2. Keset dari Kain Felt

Kain felt adalah bahan yang cocok untuk membuat keset karena memiliki tekstur tebal dan dapat menyerap air dengan baik. Untuk membuat keset dari kain felt, Anda akan memerlukan kain felt, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur dan potong kain felt sesuai dengan ukuran keset yang Anda inginkan.
  2. Lipat tepi kain felt dan jahitkan tepinya dengan mesin jahit atau jahitan tangan.
  3. Pastikan tepi kain rapi dan tidak berantakan, kemudian hiasi keset dengan menambahkan bordir atau pola pada kain felt.
  4. Setelah selesai, cuci keset dengan air dingin dan jemur hingga kering.

3. Keset dari Kain Katun

Kain katun adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat keset karena mudah dicuci dan memiliki tekstur yang nyaman. Untuk membuat keset dari kain katun, Anda akan memerlukan kain katun, benang jahit, jarum jahit, gunting kain, dan mesin jahit (jika Anda memiliki satu). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur dan potong kain katun sesuai dengan ukuran keset yang Anda inginkan.
  2. Lipat tepi kain katun dan jahitkan tepinya dengan mesin jahit atau jahitan tangan.
  3. Pastikan tepi kain rapi dan tidak berantakan, lalu hiasi keset dengan menambahkan aplikasi atau pola pada kain katun.
  4. Setelah selesai, cuci keset dengan air dingin dan jemur hingga kering.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya