Report adalah Teks Berisikan Informasi Mengenai Sesuatu Secara Umum, Kenali Contohnya

Report adalah satu di antara beberapa jenis teks yang perlu kamu pahami dalam bahasa Inggris.

oleh Husnul Abdi diperbarui 01 Mei 2023, 12:50 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 12:50 WIB
Ilustrasi menulis teks
Ilustrasi menulis teks. (Foto oleh Ron Lach : https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-hijau-mesin-tik-dalam-ruangan-7969729/)

Liputan6.com, Jakarta Report adalah satu di antara beberapa jenis teks yang perlu kamu pahami dalam bahasa Inggris. Teks report adalah jenis tulisan berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang suatu objek. Penjelasan yang dirangkai dalam teks report bukan suatu hal yang fiktif atau karangan semata.

Teks report secara jelas menggambarkan serta menjelaskan hasil pengamatan dari sang penulis. Sering kali, report text dianggap mirip dengan jenis descriptive text karena keduanya sama-sama memberi informasi tertentu kepada pembaca.

Namun, report text lebih menjelaskan sesuatu hal secara umum, sementara descriptive text mengulas informasi secara lebih spesifik. Report text biasanya menggunakan simple present tense, karena secara umum berisi mengenai fakta atas suatu kejadian atau peristiwa tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/5/2023) tentang report.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Report adalah

Report adalah
Report adalah Credit: unsplash.com/Green

Dalam bahasa Indonesia, arti report adalah laporan. Istilah report ini lebih dikenal sebagai salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris, terutama bagi pelajar. Kamu yang belajar bahasa Inggris dasar tentunya tidak asing lagi dengan berbagai jenis teks, termasuk teks report atau report text ini.

Report adalah teks yang berisikan informasi detail mengenai sesuatu secara umum berdasarkan penelitian.  Teks report adalah teks faktual, karena melaporkan suatu hal berdasarkan fakta atau penelitian. Hal-hal yang biasanya dilaporkan dalam teks report adalah peristiwa alam, gejala sosial, benda mati, serta lingkungan sekitar.

Report adalah teks yang melaporkan suatu informasi atau hasil penelitian yang sifatnya sangat umum. Hal ini berbeda dengan teks deskriptif yang menyampaikan suatu informasi yang lebih spesifik dan khusus. Contoh teks report adalah artikel-artikel ilmiah yang ada pada ensiklopedia. 


Struktur Report Text

Struktur Report Text
Struktur Report Text. (Photo created by drobotdean on www.freepik.com)

Setelah mengenali pengertian teks report atau report text, kamu perlu memahami strukturnya. Tidak berbeda dengan descriptive text, report text juga memiliki dua struktur umum, yaitu:

1. General Classification

Sruktur pertama dari teks report adalah general classification atau klasifikasi umum. Bagian ini berisikan pernyataan umum yang menjelaskan keterangan subjek laporan. Contohnya yaitu menjelaskan tentang kucing sebagai hewan mamalia.

2. Description

Sruktur kedua dari teks report adalah description. Bagian kedua dari report text ini umumnya memberikan gambaran fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan ataupun tingkah lakunya. Pada intinya, bagian ini menjabarkan klasifikasi yang disajikan secara ilmiah. Contohnya yaitu menjelaskan tentang perilaku kucing yang senang mengeong hingga kucing yang suka menggosokkan kepalanya ke kaki tuannya.


Contoh Teks Report atau Report Text

Ilustrasi hewan kangguru
Ilustrasi hewan kangguru. (Photo by Ondrej Machart on Unsplash)

Mengutip Merdeka, contoh teks report adalah sebagai berikut:

 

Kangaroo (Kanguru)

Kangaroo is an animal found only in Australia. Kangaroos eat grass and plants. They have short front legs, but very long and very strong back legs and a tail. These they use for sitting up on and for jumping.

Kangaroos have been known to make forward jumps of over eight meters. They can also run at speeds of over 45 kilometers per hour.

Kangaroos are marsupials. This means that the female kangaroo has an external pouch on the front of her body.

 

Artinya:

"Kanguru adalah hewan yang hanya ditemukan di Australia. Kanguru memakan rumput dan tumbuhan. Mereka memiliki kaki depan yang pendek, tetapi kaki belakang dan ekor yang sangat panjang dan sangat kuat. Ini mereka gunakan untuk duduk dan melompat.

Kanguru telah dikenal dapat membuat lompatan ke depan lebih dari delapan meter. Mereka juga dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam.

Kanguru adalah hewan berkantung. Artinya kanguru betina memiliki kantong luar di bagian depan tubuhnya."


Media

Media
Media, credit: Unsplash/Glen

Do you know what media is? What are its benefits for human being? Media consists of various constantly updated information which become the most important thing nowadays.

Media creates, modifies, informs, and delivers products to viewers. They can be in form of news, weather reports, TV shows, musics, films, even communication channels such as phone calls and social medias.

The main purpose of the media is to earn some money by creating advertisement of some the products and services.

 

Artinya:

"Apakah Anda tahu apakah media itu? Apa manfaatnya bagi manusia?

Media berisi berbagai informasi yang terus menerus diperbarui dan menjadi hal yang paling penting saat ini.

Media menciptakan, memodifikasi, menginformasikan, dan memberikan produk-produk kepada para pemirsanya. Mereka bisa dalam bentuk berita, laporan cuaca, acara TV, musik, film, bahkan saluran komunikasi seperti telepon dan media sosial.

Tujuan utama dari media adalah untuk mendapatkan uang dengan membuat iklan dari beberapa barang dan jasa."


Mango (Mangga)

Mangga - Vania
Ilustrasi Mangga/https://unsplash.com/Ardi Evans

The mango is a juicy fruit that belongs to the genus Mangifera, consisting of numerous tropical fruiting trees, cultivated mostly for edible fruit. The majority of these species are found in same areas as wild mangoes. They belong to the flowering plant family Anacardiaceae. The mango is original plant from South and Southeast Asia, from where it has been distributed worldwide to become one of the most cultivated fruits in the tropical areas. The central diversity of the Mangifera genus is in India.

While other Mangifera species are also grown on a more localized basis, Mangifera indica—the “common mango” or “Indian mango”—is the only mango commonly cultivated in many tropical and subtropical places. It originated in India, Pakistan, and Burma.

It is the national fruit of India, Pakistan, and the Philippines, and the national tree of Bangladesh. In several cultures, its fruit and leaves are ritually used as floral decorations at weddings, public celebrations, and religious ceremonies.

 

Artinya:

"Mangga adalah buah berair yang termasuk genus Mangifera, yang terdiri dari banyak pohon berbuah tropis, dibudidayakan terutama untuk buah konsumsi. Mayoritas spesies ini ditemukan di daerah yang sama dengan mangga hutan. Mereka termasuk keluarga tanaman berbunga Anacardiaceae. Mangga adalah tanaman asli dari Asia Selatan dan Tenggara, dari mana ia telah didistribusikan ke seluruh dunia untuk menjadi salah satu buah yang paling dibudidayakan di daerah tropis. Pusat jenis – jenis yang berbeda genus Mangifera ini terdapat di India.

Sementara spesies Mangifera lain juga tumbuh berdasarkan lokasi tumbuhnya, Mangifera indica- “mangga kebanyakan” atau “mangga India” -adalah satu-satunya mangga yang biasa dibudidayakan di banyak tempat tropis dan subtropis. Ini berasal dari India, Pakistan, dan Myanmar.

Ini adalah buah nasional dari India, Pakistan, dan Filipina, dan pohon nasional dari Bangladesh. Dalam beberapa budaya, buah dan daun nya digunakan sebagai dekorasi bunga pada upacara – upacara pesta pernikahan, perayaan publik, dan upacara keagamaan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya