Zinc adalah Zat Mineral Penting bagi Tubuh, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Zinc adalah zat mineral esensial yang penting untuk metabolisme tubuh.

oleh Nurul Lutfiyah diperbarui 12 Mei 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 12:00 WIB
Gambar Ilustrasi Zinc
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Zinc adalah zat mineral esensial yang penting untuk metabolisme tubuh. Nama lain dari zinc adalah seng. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi zinc secara alami. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zinc akan sangat bermanfaat bagi tubuh.Berbagai makanan nabati dan hewani memiliki kandungan zinc di dalamnya, seperti kacang-kacangan, daging, dan seafood.

Zinc berperan dalam sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, pembekuan darah, dan lainnya. Manfaat tersebut tidak boleh terlewatkan begitu saja. Hal ini membuat zinc harus dikonsumsi dengan dosis dan waktu yang tepat. Apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, zinc memegang peran penting untuk hal itu.

Berikut informasi mengenai zinc beserta manfaatnya dan efek sampingnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu Zinc?

[Bintang] OMG! 7 Vitamin Ini Ternyata Berisiko Buruk bagi Kesehatanmu
Zinc. (Via: power-beauty.com)

Zinc adalah salah satu mineral esensial paling penting setelah zat besi. Tubuh manusia yang tidak bisa memproduksi zinc secara alami menjadikan konsumsi zat ini harus diperhatikan. Kebutuhan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia adalah sekitar 100 mg setiap harinya. Sumber zinc dapat diperoleh dari berbagai makanan yang mengandung zinc seperti daging merah, kacang-kacangan, umbi-umbian, sereal gandum seafood, dan polong-polongan.


Manfaat Zinc Bagi Tubuh

Gambar Ilustrasi Suplemen Zinc
Sumber: Freepik

Kebutuhan zinc dalam manusia perlu diperhatikan agar tubuh dapat memperoleh manfaatnya. Berbagai manfaat zinc sangat berpengaruh bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat zinc bagi tubuh manusia.

1. Sistem Kekebalan Tubuh

Zinc adalah salah satu zat yang berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh. Rendahnya zinc meningkatkan risiko infeksi seperti pneumonia. Zinc membantu tubuh manusia untuk melawan infeksi.

2. Penyembuhan Luka

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat terbantu akan adanya zinc. Orang dengan luka jangka panjang hingga bisul memiliki kadar zinc yang rendah. Perubahan kulit seperti terjadinya eksim akan dicegah secara cepat oleh zinc.

3. Flu Biasa

Flu menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian orang. Zinc membantu mengurangi gejala pilek dan membuat flu mereda lebih cepat. Mengonsumsi pelega tenggorokan atau sirup yang mengandung zinc dalam 24 jam pertama akan memaksimalkan kerja zinc untuk meredakan flu.

4. Degenerasi Makula

Makula merupakan salah satu area mata yang berperan dalam ketajaman penglihatan. Zinc adalah zat yang penting untuk mencegah degenerasi manula. Terlebih lagi jika degenerasi tersebut terkait dengan usia yang semakin bertambah. Beberapa penelitian menunjukkan zinc berperan penting dalam hal tersebut.

5. Penyakit Kronis

Zinc yang memiliki sifat antioksidan membantu dalam mengurangi stress oksidatif. Paara ahli percaya bahwa stress oksidatif berhubungan dengan penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik.

6. Kesehatan Seksual

Zinc adalah zat mineral yang berperan penting dalam perkembangan seksual, kesuburan, dan kesehatan seksual lain pada pria. Antioksidan dalam zinc berperan dalam penyeimbang hormon. Kekurangan zinc akan membuat terjadinya toksisitas dan berbahaya bagi sperma.

7. Gejala Neuorologis

Penelitian kecil pada tahun 2020 membuat kesimpulan bahwa adanya kemungkinan hubungan kadar zinc dengan gejala neuorologis. Terdapat 63 orang yang diamati dengan sakit kepala, kesemutan, dan neuropati porifer. Setelah dilakukan pengobatan, orang-orang tersebut melaporkan adanya perbaikan dari gejala neurologis mereka. Namun, hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.


Efek Samping Konsumsi Zinc Berlebih

Gambar Ilustrasi Wanita Sakit Kepala dan Pilek
Sumber: Freepik

Konsumsi zinc adalah langkah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Takaran konsumsi zinc ini disesuaikan dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan seseorang. selain itu, kondisi lain seperti hamil juga akan lebih membutuhkan banyak zinc. Konsumsi zinc berlebih dapat menimbulkan beberapa efek samping di dalamnya. Berikut beberapa efek samping konsumsi zinc berlebih.

  • Sakit kepala,
  • Kehilangan nafsu makan,
  • Kandungan HDL (kolestrol baik) yang rendah,
  • Sakit perut, mual, muntah, dan diare,
  • Kekurangan tembaga dan magnesium, dan
  • Memburuknya fungsi kekebalan tubuh.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya