12 Tempat Wisata di Solo Paling Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Wisata di Solo wajib untuk Anda kunjungi bersama teman atau keluarga di hari libur

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 26 Mei 2023, 02:50 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2023, 02:50 WIB
12 Tempat Wisata di Solo Terhits dan Instagramable yang Wajib Dikunjungi
Tempat bersejarah (sumber: amufa25.blogspot)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Solo cukup banyak. Solo adalah salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Kota dengan julukan kota budaya ini menyimpan segudang panorama dan pesona alam yang menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Julukan kota budaya disematkan di Kota Solo, karena di sini adalah peninggalan Kesultanan Mataram yang dipecah melalui Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Dengan adanya keraton yang menyimpan banyak sejarah dan tentunya budaya dari nenek moyang zaman dahulu, maka tak heran jika disini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang terkenal dan patut untuk dikunjungi.

Oleh sebab itu, kota yang dikenal sebagai kampung halaman Presiden Jokowi ini begitu populer, tak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara.

Ada beragam tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika datang ke Solo, seperti belanja batik, wisata kuliner, wisata budaya, dan masih banyak lagi yang tentunya hanya dapat kamu temukan di Solo. Berikut rangkuman liputan6.com dari berbagai sumber tentang beberapa tempat wisata di Solo yang lagi hits dan instagramable yang wajib Anda kunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Destinasi Wisata Budaya di kota Surakarta atau Solo

12 Tempat Wisata di Solo Terhits dan Instagramable yang Wajib Dikunjungi
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah. (Foto: Dok. JIBI/Solopos.com)

Menikmati kota budaya tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Solo yang memiliki unsur kebudayaan. Kita bisa berekreasi sambil belajar dan melestarikan budaya peninggalan dari nenek moyang zaman dahulu. Ini dia beberapa wisata di Solo yang bertemakan budaya yang wajib Anda kunjungi.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat paling terkenal di Solo ialah Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini, dan semua itu harus ditaati karena lingkungan keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 14.00.

2. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta yang dikenal dengan nama Keraton Solo ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo. Masjid yang berada di sekitar alun-alun utara ini terus mengalami renovasi bertahap agar bisa digunakan layaknya masjid pada umumnya.

Masjid Agung Surakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan fungsi yang berbeda-beda. Disini juga terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi yang dihadirkan oleh pemilik atau pengurus masjid.

3. Kampung Wisata Batik Kauman

Tempat wisata di Solo berikutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Kampung Wisata Batik Kauman. Terletak di pusat Kota Solo, kampung ini merupakan tempat untuk Anda dapat belajar batik.

Tentunya semua batik di Kampung Batik Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tak heran jika harga satu baju batik di sini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat sini pun kebanyakan berasal dari luar negeri yang sudah jatuh hati melihat keindahan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.


Destinasi Wisata di Solo yang Menyatu dengan Alam

12 Tempat Wisata di Solo Terhits dan Instagramable yang Wajib Dikunjungi
AIr Terjun Jumog, Karanganyar, Jawa Tengah. (arzrose_/Instagram)

Wisata alam mempunyai pesona sendiri yang dapat membuat mata dan hati menjadi lebih tenang, jika berkunjung ke Solo wajib untuk datang ke wisata alamnya. Berikut ini ada beberapa tempat wisata alam yang lagi hits dan instagramable.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata di Solo selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Grojogan Sewu Tawangmangu yang terkenal sebagai wisata alam. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang menyegarkan ketika berkunjung kesini. Dikelilingi oleh tebing yang hijau, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi untuk menenangkan kejenuhan Anda.

Tiket masuknya sendiri hanya dibandrol sebesar Rp. 18.000 per orang. Untuk berkunjung ke wisata ini jarak yang ditempuh hanya sejauh 37 km dari kota, dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

 5. Air Terjun Jumog

Tempat wisata di Solo yang berbau alam selanjutnya ialah air terjun jumog. Air terjun ini dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi dan dijamin Anda akan takjub dengan pemandangannya. Terletak di lereng gunung lawu, tentunya air terjun ini sangat dingin dan sejuk sekali.

Air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, kolam buatan, warung jajan, dan sebagainya. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp. 5000 per orang.

 6. Parang Ijo

Tempat wisata di Solo yang memiliki pemandangan alam berikutnya adalah Parang Ijo. Air terjun yang berada di balik pepohonan yang menjulang tinggi dan diantara kokohnya gunung ini memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Disini Anda akan langsung dimanjakan dengan berbagai keelokan pemandangan sejak melewati pintu masuk. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti mushola, gardu pandang, dan warung yang menemani Anda menuju air terjun parang ijo.


Tempat Wisata di Solo dengan Spot Foto paling Kece

12 Tempat Wisata di Solo Terhits dan Instagramable yang Wajib Dikunjungi
De Tjolomadoe (Liputan6.com/Pool/BUMN)

Bagi para millenial yang suka sekali mencari tempat wisata dengan spot foto yang kece, mungkin beberapa tempat wisata ini dapat menjadi referensi Anda ketika berkunjung ke kota Solo.

7. The Heritage Palace Solo

Tempat wisata di Solo yang instagramable adalah The Heritage Palace. Tempat yang memiliki nuansa Eropa ini merupakan tempat wisata yang tergholong baru di Solo, tepatnya dibuka pada pertengahan 2018 lalu. Tempat ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu dari tahun 1892 yang direvitalisasi menjadi tempat wisata keluarga.

Buat Anda yang memiliki hobi selfie, tempat wisata ini bisa menjadi pilihannya. Pasalnya hampir setiap sudut tempat yang kental dengan nuansa Eropa klasik ini sangat instagramable dan berkesan seolah-olah bukan di Indonesia. Disini Anda juga dapat menyewa kostum, semakin lengkap bukan. Untuk harga tiket masuknya dibandrol sebesar Rp. 55.000 per orang.

8. Candi Ceto

Ketika datang ke Candi Ceto yang terletak di Karanganyar ini, Anda akan mengira bahwa ini mirip dengan Pura Lempuyangan yang berada di Pulau Dewata. Candi ini berarsitektur Hindu dan Nusantara. Berada di ketinggian 1496 mdpl, menjadikan candi ini sebagai salah satu candi tertinggi di Inonesia.

Banyak wisatawan yang berfoto di gapura ini dengan berlatar belakang langit biru dan awan putih, seakan seperti di gerbang menuju langit ke tujuh. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati alam, budaya, hingga berfoto-foto. Untuk tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 7.000 per orang.

9. De Tjolomadoe

Sejak pertama kali dibuka setelah dilakukan pemugaran, bangunan bekas pabrik gula warisan Hinda Belanda (158 tahun silam) ini langsung hits di Instagram.

Setiap sudut dari De Tjolomadoe ini memang sangat Instagramable. Selain dapat berekreasi, Anda juga bisa melihat dan belajar tentang sejarah perkebunan gula disini. Tempat wisata di Solo ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang.

10.  Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini menjadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Museum milik pribadi ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang adalah kolektor karya seni.

 Museum ini terdapat koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan daya tarik masing-masing. Tempat wisata di Solo ini cocok untuk Anda yang ingin berswafoto dan menikmati karya seni dari sisi yang lain.

Untuk mengunjungi museum ini tidak dikenai biaya masuk, namun Anda harus reservasi terlebih dahulu lewat website resmi. Untuk jumlah pengunjung atau reservasi dalam satu hari dibatasi. Untuk itu, jika tertarik ke museum ini sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.


Pusat Belanja Oleh-oleh di Kota Solo

12 Tempat Wisata di Solo Terhits dan Instagramable yang Wajib Dikunjungi
Pasar Klewer Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Tak lengkap jika tidak membawa buah tangan untuk oleh-oleh keluarga di Rumah. Selain tempat wisatanya yang menakjubkan, kota Solo juga mempunyai tempat wisata untuk berburu oleh-oleh. Berikut ini ada beberapa pusat oleh-oleh di Solo yang dapat menjadi referensi Anda.

11. Pasar Klewer

Pasar yang sering disebut Pasar Slompretan, menjual berbagai barang khas kota Solo yang bisa Anda nikmati di tempat maupun dijadikan sebagai buah tangan. Tentunya, berbagai kain batik dan beragam kuliner khas bisa Anda temukan disini.

12.  Pasar Antik Triwindu

Tempat wisata di Solo yang juga menjadi tempat berbelanja barang antik adalah Pasar Antik Triwindu. Dalam pasar ini terdapat banyak sekali barang-barang antik yang pastinya menjadi sasaran empuk bagi Anda yang menyukai barang lawas. Meskipun begitu, Anda pun harus benar-benar jeli dalam memilih barang antik tersebut karena merupakan barang second.

Itulah beberapa wisata di Solo yang lagi hits dan Instagramable yang wajib Anda kunjungi. Tak ada salahnya untuk meluangka waktu bersama teman atau keluarga untuk sekedar melepas penat di hari libur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya