11 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami, Bisa Lancar dalam 1 Bulan

Kumpulan cara belajar bahasa Inggris bisa lancar dalam waktu 1 bulan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 30 Mei 2023, 09:50 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2023, 09:50 WIB
Manajemen Waktu dan Strategi Belajar
Ilustrasi Belajar Bahasa Credit: pexels.com/Hana

Liputan6.com, Jakarta Belajar dan mahir berbahasa Inggris tentu tak bisa selesai dalam waktu satu sampai dua hari. Akan tetapi, apabila mau menekuni berbagai macam cara belajar bahasa Inggris dengan cepat, bisa lancar dalam waktu 1 bulan bukan hal mustahil. 

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami bisa dilakukan dengan memanfaatkan media massa, media audio-visual, menulis, mengobrol, mempelajari hal-hal mendasar seperti kata dasar dan tenses, berteman dengan orang asing, hingga mencoba mengikuti kursus.

Mengapa berujung pada kursus? Memang benar cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami bisa dilakukan sendiri, tetapi dengan kursus bisa mematangkan betul skill berbahasa Inggris. Segala yang dipelajari secara otodidak bisa diluruskan atau dibenarkan dengan kursus.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sebelas cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami yang paling sering digunakan, Rabu (2/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Contoh Teks Deskripsi
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Melanie

1. Memanfaatkan Media

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami untuk meningkatkan kemampuan reading dan writing, mulailah dengan memanfaatkan berbagai macam media massa. Bagaimana?

- Musik

Mulai dari mendengarkan musik berbahasa Inggris dan menuliskan kembali lirik lagunya. Apabila sudah menulis lirik, cobalah menyanyikannya sambil memahami maknanya, niscaya kemampuan bahasa Inggris reading dan writing cepat terasah.

- Buku

Apabila tidak begitu menyukai musik dan bernyanyi, cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami bisa dengan rajin membaca buku bahasa Inggris. Di awal akan terasa begitu sulit, tetapi jangan mudah menyerah untuk mulai memahami makna tulisan dalam buku berbahasa Inggris.

- Berita

Begitu banyak sumber dan pilihan informasi di media massa, salah satunya berita yang berbahasa Inggris. Mengasah skill atau cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami, bisa dengan rajin membaca berita bahasa Inggris.

Dibanding harus membaca buku berbahasa Inggris, cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan membaca satu atau dua berita bahasa Inggris lebih praktis. Selain berita, cobalah menganalisis isi dari artikel-artikel berbahasa Inggris. Pastikan topik yang dibaca benar-benar menarik perhatianmu, agar tidak membosankan!

2. Memanfaatkan Media Audio-Visual

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami untuk meningkatkan kemampuan speaking dan listening bisa dilakukan dengan memanfaatkan media audio-visual. Bagaimana?

- Menonton Film

Kegiatan yang mengasyikkan bukan? Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan menonton film berbahasa Inggris dan subtitle bahasa Inggris, akan lebih mudah dinikmati prosesnya karena hal ini menyenangkan.

Awalnya akan tampak membosankan, tetapi bila benar-benar ingin berkomitmen dengan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami, lambat laun akan semakin bisa dinikmati. Tertarik mencoba cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami ini?

Jika perlu, cobalah menonton tayangan di YouTube favorit dengan subtitle bahasa Inggris. Momen cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami ini jarang dipakai, tetapi worth it bagi sebagian besar orang, loh.

- Mendengarkan Podcast

Tak hanya menonton film yang bisa dijadikan pilihan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Mulailah dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris juga untuk meningkatkan kemampuan speaking dan listening. Cobalah memahami satu tema podcast berbahasa Inggris yang sekiranya benar-benar menarik perhatian, ya!

3. Menulis Sesuatu

Apabila sudah mempelajari dari media massa dan audio-visual, cobalah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan mulai menuliskan sesuatu. Misalnya saja menulis caption berbahasa Inggris, mengubah CV menjadi bahasa Inggris, menulis tweet pendek berbahasa Inggris, hingga menulis puisi berbahasa Inggris.

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan menuliskan sesuatu memang terlihat sangat remeh, tetapi dampaknya luar biasa. Apabila belum begitu percaya diri dengan tulisan asli berbahasa Inggris, coba cek di fitur terjemah bahasa Inggris dengan search terjemahan di Google. Cek hasil tulisanmu di sana!

Apabila perlu, cobalah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan mengumpulkan kosa kata baru dan menghafalnya setiap hari. Cara ini terdengar sangat kuno tetapi efektif bagi sebagian besar orang, loh.


Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami Selanjutnya

Sekolah Online
Ilustrasi Belajar Secara Online Credit: pexels.com/pixabay

4. Ngobrol

Kegiatan ngobrol selama ini dinilai sebagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami yang cukup efektif. Ngobrol bisa dijadikan cara meningkatkan skill speaking dan conversation bahasa Inggris.

Ajak teman atau siapapun untuk mulai konsisten ngobrol bahasa Inggris sebagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Jangan menyerah hanya karena di proses awal tampak sulit dan membosankan, ya!

Selain berbicara secara tatap muka, cobalah juga cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami dengan ngobrol bahasa Inggris melalui chatting. Ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kategori writing.

Jangan ragu juga untuk praktik berbicara bahasa Inggris di depan cermin sebagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami, ya! Ini bisa bikin lebih pede belajar bahasa Inggris.

5. Mempelajari Hal Dasar

Ada beberapa hal mendasar yang perlu dipelajari agar ahli berbahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami yang dimaksudkan, memahami kata dasar dan tenses. Bagaimana?

- Kata Dasar

Mempelajari kata-kata dasar adalah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Sebelum mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris secara speaking dan writing, ada baiknya mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya kata aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

- Tenses

Mulailah belajar tenses dari mana saja sebagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Ada banyak website di internet yang membahas perihal fungsi, rumus, dan contoh tenses dalam kehidupan sehari-hari. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami seperti memahami tenses akan sangat memudahkan komunikasi. Bukan hanya nampak terstruktur kalimatnya, tetapi enak dibaca dan didengarkan. Setuju?

6. Berteman dengan Orang Asing

Memiliki teman orang asing yang fasih berbahasa Inggris akan membuat cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami semakin cepat disesuaikan. Cobalah mencari teman orang asing di internet maupun saat bertemu di tempat wisata.

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami ini cukup ampuh. Banyak sekali platform media sosial yang bisa digunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan dirimu sedang ingin belajar berbahasa Inggris dengan teman asing tersebut.

7. Kursus

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami sebagai pilihan terakhir, cobalah mengikuti kursus bahasa Inggris. Bila ingin lebih memaksimalkan Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami, pilihan terakhir jatuh pada kursus.

Bukan hanya bikin mahir, tetapi cara yang ini akan mematangkan betul skill kebahasa Inggrisanmu.

Memang cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami ini bukan dengan belajar sendiri. Akan tetapi, apabila kesulitan untuk menerapkan ke beberapa cara cepat bahasa Inggris di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa dipilih.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya