Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya

Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 06 Jun 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 19:40 WIB
Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya
Ilustrasi uang rupiah. (Bola.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Pemberian ini tidak termasuk dalam gaji pokok yang memang telah menjadi hak yang harus didapatkan oleh para pekerja.

Tujuan utama dari pemberian insentif adalah agar para karyawan dapat bekerja dengan lebih maksimal karena merasa lebih termotivasi dan dihargai kinerjanya. Dengan semakin semangat dan termotivasinya para pekerja dalam bekerja, perusahaan juga mampu mendapat manfaat yang signifikan pastinya. Yang paling nampak adalah produktivitas perusahaan menjadi lebih baik dan dapat berkembang dengan lebih pesat dari yang seharusnya.

Meskipun berguna sebagai motivasi atau perangsang karyawan, namun pemberian insentif ini harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang karena harus bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan dan pencapaian karyawan tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian insentif menurut para ahli, tujuan, manfaat, dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (19/11/2021).

Pengertian Insentif Menurut Para Ahli

Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya
Ilustrasi Insentif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian insentif adalah tambahan pemasukan di luar gaji yang didapatkan pekerja atas tindakan suatu tugas. Jadi apa itu insentif adalah bentuk kompensasi dari perusahaan kepada tenaga kerja sebagai tambahan penghasilan di luar gaji atau upah bulanan sebagai penghargaan atas kerja kerasnya dalam bekerja. Sementara, ada beberapa sejumlah pendapat lain dari para ahli mengenai pengertian insentif adalah:

Adams dan Hicks

Insentif adalah semua bentuk imbalan dan hukuman (punishments) yang diterima oleh para pemberi layanan (providers) sebagai konsekuensi dari organisasi tempat mereka bekerja, institusi yang mereka operasionalkan, dan intervensi-intervensi yang mereka lakukan.

Nitisemito

Insentif adalah penghasilan tambahan yang akan diberikan kepada para karyawan yang dapat memberikan prestasi sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Pangabean

Insentif adalah kompensasi yang mengaitkan gaji dengan produktivitas. Insentif merupakan penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan.

Andrew F. Sikula

Insentif adalah sesuatu yang mendorong atau mempunyai kecenderungan untuk merangsang suatu kegiatan, insentif adalah motif-motif dan imbalan-imbalan yang dibentuk untuk memperbaiki produksi.

Heidjrachman

Pengupahan insentif dimaksudkan untuk memberikan upah atau gaji yang berbeda karena prestasi kerja yang berbeda.

Tujuan Insentif

Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya
Ilustrasi Penerimaan Insentif Credit: pexels.com/cottonbro

Di bawah ini adalah penjelasan tujuan insentif diberikan, yaitu:

1. Karena Karyawan Telah Melakukan Sesuatu Di Luar Tugasnya

Alasan pertama perusahaan memberikan insentif adalah pekerja telah melakukan suatu hal di luar tugasnya. Biasanya karyawan dengan capaian prestasi dan kinerja melebihi target perusahaan akan menerima uang insentif. Hal ini dilakukan perusahaan sebagai bentuk apresiasi atas hasil usahanya dalam memberikan capaian terbaik dan menguntungkan bagi perusahaan.

2. Karyawan Mengikuti Kegiatan Pelatihan

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawainya, biasanya perusahaan mengirimkan beberapa delegasi karyawannya untuk mengikuti pelatihan. Supaya pekerja semangat dan bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, maka perusahaan memberikan uang insentif sebagai dorongan atau motivasi untuk karyawannya.

3. Karyawan Menjadi Perwakilan Bisnis di Suatu Acara

Tujuan lain perusahaan menyediakan uang insentif adalah balas jasa karena karyawan menjadi perwakilan bisnis di suatu acara. Supaya pegawai semakin bersemangat dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil perusahaan dan menjaga citra perusahaan dalam suatu acara, maka karyawan akan diberikan tunjangan insentif.

4. Karyawan Telah Melakukan Hal Penting Bagi Keselamatan Bisnis

Insentif juga diberikan kepada karyawan yang telah melakukan hal penting bagi keselamatan bisnis perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih dari perusahaan atas hasil usahanya membawa bisnis perusahaan dalam posisi stabil.

Manfaat Insentif

Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/fauxels

1. Manfaat Insentif Bagi Karyawan

Dari sudut pandang pegawai, adapun manfaat insentif adalah berikut ini.

a. Motivasi Kerja Meningkat

Pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan sangat signifikan dengan motivasi dan semangatnya dalam bekerja. Pegawai yang menerima uang insentif akan mendapatkan dorongan etos kerja lebih tinggi dan berusaha semaksimal mungkin memberikan usaha terbaiknya untuk perusahaan.

b. Menerima Pendapatan Selain Gaji

Manfaat lain insentif adalah karyawan menerima pendapatan tambahan selain gaji. Pastinya hal ini bisa menambah pemasukan dan dapat digunakan oleh karyawan untuk memenuhi keperluan lainnya.

c. Menumbuhkan Rasa Dihargai

Pencapaian karyawan atas hasil usaha dan kerja kerasnya untuk memajukan perusahaan akan dirasa lebih dihargai melalui tunjangan insentif. Insentif adalah tanda terima kasih perusahaan kepada kinerja pegawainya, karena usaha karyawan diukur secara kualitatif dan kuantitatif dengan adanya fasilitas insentif.

2. Manfaat Insentif Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, beberapa manfaat insentif diberikan kepada karyawan yaitu:

a. Kinerja Karyawan Makin Baik

Insentif adalah suntikan motivasi dari perusahaan kepada karyawan. Harapannya, pemberian uang insentif mampu mendorong kinerja karyawan semakin baik. Sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

b. Karyawan Makin Menghormati Pimpinan

Manfaat lain bagi perusahaan dalam menyediakan insentif adalah karyawan semakin menghormati pimpinan. Dengan adanya uang insentif, karyawan akan merasa lebih dihargai sehingga respeknya pada pimpinan pun meningkat.

c. Rasa Memiliki Karyawan Terhadap Perusahaan Makin Besar

Ketika perusahaan menghargai kinerja dan kerja keras pegawainya melalui dukungan insentif, artinya perusahaan mempunyai rasa kepemilikan karyawan sangat besar. Perusahaan tidak serta menuntut pekerjanya untuk bekerja, tetapi terdapat hubungan kerja sama dan saling menghargai antara karyawan dan perusahaan.

d. Turnover Karyawan Rendah

Adanya uang insentif membuat karyawan merasa nyaman dengan perusahaan. Akhirnya, turnover karyawan pun akan turun seiring dengan makin banyaknya karyawan bertahan di perusahaan.

e. Karyawan Rela Melakukan Sesuatu di Luar Tugasnya

Terakhir, bagi perusahaan manfaat insentif adalah karyawan rela melakukan sesuatu di luar tugasnya. Ketika pekerja menerima insentif, maka akan muncul rasa balas jasa dan dorongan meningkatkan kerja kerasnya untuk perusahaan. Sehingga saat perusahaan mempercayakannya pada suatu pekerjaan di luar tugasnya, maka karyawan tersebut akan melaksanakannya dengan senang hati.

Jenis-Jenis Insentif

Insentif Adalah Bonus dari Perusahaan untuk Karyawan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya
Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Menurut CHR. Jimmy L. Goal, jenis-jenis insentif bagi karyawan dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Insentif Finansial

Adalah berbentuk bonus, komisi yang dihitung berdasarkan penjualan yang melebihi standar, pembayaran yang ditangguhkan.

2. Insentif Non-Finansial

Adalah insentif bukan uang yang tersedia, misalnya hiburan, pendidikan, latihan, pujian, terjaminnya tempat kerja, terjaminnya komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.

3. Insentif Sosial

Adalah lebih kepada keadaan dan sikap dari para rekan kerja.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya