Cara Membuat Lampion Terbang di Rumah, Mudah dan Sederhana

Ternyata cara membuat lampion terbang tidak begitu sulit.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 07 Jun 2023, 05:10 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023, 05:10 WIB
ilustrasi lampion terbang
ilustrasi lampion terbang (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lampion terbang dapat dipraktikkan dengan mudah. Lampion terbang mirip dengan balon udara kecil, terbuat dari kertas minyak dan sumber api sederhana. Lampion yang terbang di malam hari menjadi pesona tersendiri. Tak ada salahnya mengetahui cara membuat lampion terbang sendiri.

Di Asia dan di tempat lain di seluruh dunia, cara membuat lampion terbang atau yang biasa dikenal dengan sky lantern telah diturunkan secara tradisional selama berabad-abad. Lampion terbang ini diluncurkan untuk bermain atau sebagai bagian dari perayaan yang telah berlangsung lama. Cara membuat lampion terbang cukup sederhana.

Lampion terbang di malam hari akan terlihat indah di langit. Sebagian besar alat membuatnya dapat ditemukan di sekitar rumah dan hanya membutuhkan beberapa jam untuk menyelesaikannya. Cara membuat lampion terbang pun tak sulit.

Kamu bisa mecoba cara membuat lampion terbang sendiri di rumah. Berikut cara membuat lampion terbang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampion terbang

bahan untuk membuat lampion terbang
bahan untuk membuat lampion terbang (sumber: instructables)

1. Kertas Minyak

2. Aluminium Foil

3. Sedotan Plastik yang tebal dan tipis

4. Selotip Transparan

5. Kapas

6. Aseton / Minyak Tanah atau bahan bakar lainnya.

7. Wadah kecil (untuk membentuk aluminium foil)

8. Kawat tembaga (kawat logam lainnya berfungsi dengan baik)

9. Paku payung

10. Gunting

11. Lem

12. Pisau


Membuat bagian pembakar

Membuat bagian pembakar
Membuat bagian pembakar (sumber: instructables)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat lampion terbang adalah membuat pembakar. Pembakar berfungsi membuat lampion terbang ke udara.

Pada langkah ini kamu perlu membuat 'kompor' di mana kamu akan menyalakan api untuk menghasilkan udara panas. Udara panas memiliki kepadatan rendah dibandingkan dengan udara dingin. Ini akan membuat lampion dapat terangkat dan terbang ke atas. Berikut langkah-langkahnya:

1. Potong selembar aluminium foil menjadi ukuran yang diperlukan.

2. Gunakan wadah kecil seperti tempat lilin dan bentuk aluminium foil mengikuti wadah.

3. Gunakan kapas sebagai sumbu untuk pembakar.

4. Untuk menyalakannya, kamu akan menggunakan aseton, minyak tanah, minyak goreng, atau nyala lilin. Segala jenis bahan bakar bekerja, sungguh, tapi tetap hati-hati saat menggunakannya.


Membuat lampion

Membuat lampion
Membuat lampion (sumber: instructables)

Langkah selanjutnya adalah membuat badan lampion dengan kertas minyak. Kunci dari membuat lampion ini adalah lampion yang dibuat harus cukup ringan untuk dapat terbang, sementara masih tetap cukup kokoh menahan pembakar untuk menciptakan udara panas.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, lipat kertas minyak berbentuk persegi panjang menjadi dua bagian panjang simetris.

2. Kemudian menggunakan penggaris, buat garis bantu untuk membentuk kertas menjadi bentuk segi lima. Buat garis diagonal dari satu sudut ke sudut lainnya.

3. Potong kertas minyak dan buat empat potong serupa. Kamu bisa menggunakan warna berbeda sesuai keinginan.

4. Kemudian gabungkan keempat kertas minyak berbentuk segi lima. Rekatkan keempat kertas dengan lem dan membentuk struktur seperti tas.


Persiapkan bingkai untuk pembakar

Persiapkan bingkai untuk pembakar
Persiapkan bingkai untuk pembakar (sumber: instructables)

Alat pembakar nantinya akan disokong dengan bingkai atau kerangka. Kerangka ini terbuat dari kawat yang kemudian dilapisi oleh sedotan plastik.

Berikut langkahnya:

1. Pertama, kamu harus memotong sedotan tebal menjadi empat bagian, dan kemudian sedotan tipis menjadi empat potong dengan panjang yang sama.

2. Selanjutnya, atur empat sedotan tebal menjadi bentuk persegi. Rekatkan mereka di tiap sudut sehingga mereka mempertahankan struktur ini dengan sendirinya. Gunakan potongan sedotan tipis di sudut untuk menempelkan potongan sedotan tebal.

3. Gunakan pita perekat transparan untuk mengamankan bingkai agar tak mudah lepas.

4. Tusuk empat lubang kecil di pembakar menggunakan paku payung. Masukkan dua kawat tembaga ke dalam lubang yang dibuat di pembakar.

5. Ikat kawat tembaga ke rangka sedotan yang dibuat sebelumnya.

6. Amankan kawat tembaga menggunakan selotip.


Memasangkan lampion dengan pembakar

Memasangkan lampion dengan pembakar
Memasangkan lampion dengan pembakar (sumber: instructables)

Setelah lampion dan pembakar selesai, saatnya untuk menyatukan keduanya. Berikut langkahnya:

7. Ambil lampion dan letakkan di atas kerangka pembakar, hati-hati jangan sampai merobek tepinya. Tempelkan di sudut dengan selotip.

8. Pastikan ukuran kerangka pembakar dan mulut lampion cocok.

9. Ketika sudah tertempel, kamu bisa menambahkan kertas minyak lain sebagai sirip kecil di sudut bawah lampion. Ini untuk memberikan sentuhan akhir yang bagus uga memberikan peningkatan keseimbangan saat terbang di udara.


Menerbangkan Lampion

Menerbangkan Lampion
Menerbangkan Lampion (sumber: instructables)

Setelah lampion dan kerangka menyatu, kamu sudah bisa menerbangkannya. Bawa ke luar ruangan, aplikasikan api dengan hati-hati dari korek api ke kapas pembakar. Sambil memegangnya di tangan, tunggu api mengembangkan cukup udara panas di dalam lampion untuk terbang.

Setelah itu, dengan lembut dorong lampion ke udara dan biarkan terbang. Jika tidak langsung terbang, pegang beberapa saat dan coba lagi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya