8 Cara Merawat Tas Kulit agar Tidak Jamuran, Hindarkan dari Sinar Matahari

Cara merawat tas kulit agar tidak jamuran yang jarang diperhatikan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Jun 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi tas kulit | pexels.com
Ilustrasi tas kulit | pexels.com

Liputan6.com, Jakarta Menginginkan barang tidak cukup hanya dengan membelinya saja. Perawatan juga harus rutin dilakukan dengan lebih telaten agar barang tidak rusak. Seperti ketika menginginkan tas kulit, harus paham cara merawat tas kulit agar tidak jamuran tentunya.

Tas yang berbahan dasar kulit ini dikenal cukup berkualitas. Sayangnya jika tinggal di daerah tropis, bahan dasar kulit lebih rentan rusak. Misalnya saja seperti terkena jamur, debu, hingga mengelupas. Agar terhindar dari kerusakan, coba perhatikan cara merawat tas kulit agar tidak jamuran.

Cara merawat tas kulit agar tidak jamuran jelas tidak sembarangan. Salah sedikit, akan membuatnya dihinggapi jamur. Hal yang harus diperhatikan adalah tempat penyimpanan, barang yang ada dalam tas, dan lain sebagainya.

Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas cara merawat tas kulit agar tidak jamuran dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyerap Kelembapan dan Keringkan

Tas kulit
Ilustrasi tas kulit (iStockphoto)

Penyerap Kelembapan

Memberi tas kulit penyerap kelembapan sangat efektif untuk menghindarkan dari jamur. Hal ini bisa dilakukan jika terpaksa tidak ada tempat penyimpanan yang memiliki suhu normal. Namun, sesekali juga berikan sedikit paparan sinar matahari. Sedikit dan sebentar saja karena tas kulit bisa mengelupas karenanya.

Bisa juga gantungkan pada luar ruangan untuk menjaganya tetap kering. Selain menyimpan tas di tempat dengan sirkulasi udara baik, yang tidak kalah penting adalah juga membiarkan tas berada di luar ruang penyimpanan. Gantunglah tas di luar ruangan selama beberapa jam pada siang hari untuk menjaganya tetap kering.

Keringkan

Mengeringkan tas kulit jekas penting sekali dilakukan. Apalagi setelah dihadapkan dengan keadaan yang tidak terduga. Misalnya saja air hujan, air minum tumpah, atau terciprat air lainnya. Cara merawat tas kulit agar tidak jamuran ini wajib dilakukan.

Perawatannya bisa mulai dengan menggunakan lap kain kering. Sebaiknya hindari memakai kertas tisu karena dapat menempel di tas. Lakukan pengelapan sesuai alur serat bahan tas kulit. Bisa juga dengan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

Membersihkan dengan ditepuk lebih aman daripada mengusapnya. Hal ini untuk mengantisipasi mengusap yang akan memengaruhi serat kulit tas. Untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan seperti minyak, jangan pernah menggunakan air. Justru kulit akan mudah terkelupas.

 


Lotion Anti Jamur dan Sirkulasi Udara Baik

Tas Kulit
Ilustrasi tas kulit. (dok. Unsplash/Novi Thedora)

Lotion Anti Jamur

Ternyata rajin membersihkannya saja tidak cukup. Harus disertai dengan memberinya lotion anti jamur. Lotion ini bisa diberikan setelah metode pembersihan selesai dilakukan. Hal ini juga perlu dilakukan setelah menggantungnya di luar atau menjemurnya. Satu hal penting yang juga tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan lotion anti jamur usai membersihkannya. Kemudian barulah simpan tas di tempat penyimpanan dengan suhu yang sudah diperhatikan.

Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara yang baik akan memengaruhi kualitas tas kulitmu. Jamur  akan lebih mudah tumbuh jika berada di tempat tertutup dan lembap. Cara merawat tas kulit agar tidak jamuran ini menuntut pemilik lebih peka dengan tempat penyimpanannya. Sirkulasi udara yang baik berarti tidak lembap dan hal ini akan membuatnya tidak rentan terkena jamur.

Jangan sampai sudah membelinya dengan harga mahal tetapi rusak begitu saja. Alih-alih jarang menggunakannya, sebenarnya lebih baik untuk lebih sering menggunakannya. Tas kulit yang jarang digunakan akan lebih rentan mengalami pengelupasan. Pastikan juga bahwa tempat penyimpanan tasmu pada suhu ruang normal.

 


Hindari Sinar Matahari dan Menumpuk

Ilustrasi tas kulit | pexels.com
Ilustrasi tas kulit | pexels.com

Hindari Sinar Matahari

Sudah pasti tas kulit harus dijauhkan dari sinar matahari. Sinar matahari bisa menyebabkan warna tas kulit pudar. Bahkan, tekstur tas kulit juga bisa lebih mudah retak.

Hal ini juga perlu dihindari ketika tas basah atau lembap. Lebih baik simpan tas di tempat yang sejuk dan kering. Jika basah, tepuk-tepuk dengan handuk agar bisa lebih cepat kering. Melakukannya termasuk cara merawat tas kulit agar tidak jamuran.

Jangan Ditumpuk

Agar tidak merusak tas kulit, jangan menumpuknya. Menumpuk tas kulit bisa merusak apalagi jika barang yang menumpuk lebih berat. Tas kulit juga butuh bernapas. Pori-pori tas kulit yang tertutup tidak akan bisa bernapas dan bisa menimbulkan jamur.


Periksa Isi Tas dan Beri Baking Powder

baking powder
ilustrasi baking powder/Photo by Kaboompics .com from Pexels

Periksa Isi Tas

Memeriksa isi tas kulit ini penting dilakukan. Cara merawat tas kulit agar tidak jamuran ini juga menuntut kepekaan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya benda yang akan memicu kerusakan seperti jamur. Misalnya saja seperti plastik.

Tas kulit yang tertempel oleh barang bahan plastik atau plastik bisa memicu jamur. Plastik bisa menyerap bahan pencelup warna pada bahan kulit dan memunculkan noda seperti jamur. Jadi, agar tas kulit lebih awet sebaiknya selalu cek isi tasmu secara rutin, ya.

Baking Powder

Tas kulit juga akan rentan berbau tidak sedap. Apalagi jika tas sudah terlalu lama disimpan dan tidak digunakan. Cara merawat agar tas kulit tidak jamuran harus diserati dengan perawatan agar tidak berbau. Bukan dengan menyemprot parfum, tetapi dengan baking powder.

Letakkan satu mangkuk baking powder ke dalam tas kuit. Pastikan juga bahwa tas kulit sudah terlindungi dust bag atau sarung bantal. Lalu diamkan 24 jam dan bubuk pengembang tersebut akan menyerap bau tidak sedap.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya