12 Jenis Sepatu Formal Pria Serta Cara Padu Padan dengan Baju

Ada berbagai jenis sepatu formal pria yang bisa dipilih berdasar kebutuhan.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 19 Jun 2023, 13:10 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 13:10 WIB
Sepatu Kulit
Sepatu Kulit (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai jenis sepatu formal pria yang dijual di pasaran. Meski umumnya digunakan pada acara-acara resmi, namun untuk memilih jenis sepatu formal pria yang tepat perlu diperhatikan dari keperluan dan penyesuaian dengan model pakaian yang dikenakan.

Sebab memilih jenis sepatu formal pria yang tepat akan semakin menunjang penampilan. Sebab bentuk dari beberapa jenis sepatu formal pria tersebut sejak awal ditemukan memang ada beberapa yang khusus digunakan untuk jenis pakaian tertentu.

Untuk menjelaskan lebih dalam apa saja jenis sepatu formal pria yang umum dijual di pasaran, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai jenis sepatu formal pria tersebut sebagai referensi sebelum membeli, Rabu (23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis Sepatu Formal Pria

Ilustrasi sepatu
Ilustrasi sepatu (pexels.com)

1. Oxford

Oxford merupakan salah satu jenis sepatu formal pria yang bentuknya klasik dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Jenis sepatu formal pria ini memiliki desain yang timeless. Itulah mengapa, oxford dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang tidak ingin ribet untuk menentukan mana sepatu formal yang harus digunakan, dan jenis sepatu ini juga mudah dipadukan dengan berbagai macam model pakaian formal seperti jas maupun tuxedo.

Adanya ikatan tali sepatu tertutup atau biasa disebut closed lacing, membuat model sepatu ini tidak terlalu lentur. Tapi hal ini sebenarnya yang membuat oxford shoes memiliki tampilan yang lebih formal dibanding jenis sepatu lainnya.

 

2. Derby

Sebenarnya, jenis sepatu formal pria ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan jenis sepatu oxford. Bahkan masih banyak yang sulit membedakan antara satu oxford dengan derby. Jika dicermati lagi, sebenarnya perbedaan dari jenis oxford dan derby ada pada pada ikatan tali sepatunya. Pada derby menggunakan jenis ikatan tali sepatu terbuka atau open lacing.

Dengan penggunaan ikatan tali sepatu terbuka ini, dapat memberi kesan fleksibel dan santai. Inilah yang membuat derby menjadi salah satu sepatu yang tepat digunakan dalam acara formal maupun hanya untuk bergaya casual sehari-hari.

 

3. Brogue

Perbedaan sepatu brogue dengan jenis sepatu formal pria sebelumnya ada pada aksen dekorasi lubang-lubang pada sepatu ini. Lubang-lubang pada sepatu ini ternyata berguna untuk membantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam sepatu.

Selain itu, adanya lubang ini juga dapat memberi tampilan sepatu yang berkarakter dan berbeda dari jenis lainnya. Sepatu ini juga tidak terlalu formal jika dibandingkan oxford, dan sebenarnya lebih cocok jika digunakan untuk ke kantor.


Jenis Sepatu Formal Pria yang Selanjutnya

Sepatu kulit
Sepatu kulit (Image by ✅ Kristianus Kurnia from Pixabay)

4. Wingtip

Jenis sepatu formal pria yaitu wingtip. Jenis sepatu ini tidak terlalu formal jika dibandingkan dengan oxford shoes, namun masih bisa memberi kesan berkelas. Hal ini karena terdapat detail pointed toecap berbentuk “M” atau “W” pada sepatu ini. Selain itu, jenis sepatu ini masih bisa dipadukan dengan pakaian casual sehari-hari.

 

5. Penny loafers

Jenis ini dahulu banyak digunakan pada acara resmi. Namun dewasa ini banyak yang mulai memadukannya dengan jenis pakaian casual. Ciri khas dari penny loafers ada pada penggunaan ban tali di bagian lidah sepatunya yang diberi detil tambahan pada bagian dalam kulit yang dibuat celah berbentuk wajik. Sepatu ini akan sangat cocok digunakan dengan celana panjang dengan bagian bawah digulung dan akan menunjang penampilan agar terlihat rapi.

 

6. Budapester toe

Jenis sepatu ini cukup populer di Jerman dan bagian Eropa Timur. Desain budapester toe terinspirasi dari sepatu tradisional Austro atau Hungaria. Ciri khas jenis sepatu ini terletak pada bagian ujung sepatu yang terdapat ruang yang cukup besar dibanding jenis lainnya. Apabila dilihat dari atas, budapester toe memiliki bentuk sedikit bulat, dan ujungnya terlihat runcing jika dilihat dari samping. Sepatu ini sebenarnya bisa digunakan untuk acara kasual atau formal.


Jenis Sepatu Formal Pria yang Tidak Kalah Menarik

Sepatu Kulit
Sepatu Kulit (Photo by Jia Ye on Unsplash)

7. Monk strap

Perbedaan sepatu ini dengan model sebelumnya ada di bagian tali kulit bahu pengikat sepatu yang cukup lebar. Hal tersebut yang membuat sepatu ini diberi nama “strap” di mana berguna untuk mengencangkan sepatu. Jenis sepatu ini cocok digunakan pada acara formal dan smart-casual. Menggunakan sepatu ini akan memberi kesan mewah ala Eropa.

 

8. Cap Toes

Adanya sebutan “Cap Toes” karena tambahan lapisan pada ujung depan bagian sepatu. Sebenarnya dari segi bentuk sama dengan oxfords. Jenis cap toes bisa dikombinasikan dengan penggunaan jas, tuksedo, bahkan jeans, tergantung dengan style dan tingkat formalitasnya.

 

9. Moccasin shoes

Moccasin merupakan jenis sepatu formal pria yang merupakan perpaduan loafer dan boat shoes. Jenis sepatu ini dinilai lebih nyaman untuk digunakan karena terbuat dari bahan yang lebih lembut. Biasanya untuk membedakan antara jenis yang digunakan untuk pria dan wanita bisa dilihat dari bagian pita di punggung sepatu. Untuk pria tidak terdapat tambahan pita dan terlihat lebih polos. Jenis sepatu formal pria ini mudah dikombinasikan dengan berbagai pakaian dan keperluan.


Jenis Sepatu Formal Pria yang Terakhir

Sepatu Kulit
Sepatu Kulit (Photo by rupixen.com on Unsplash)

10. Plain toe

Jenis sepatu formal pria yang satu ini tidak jauh beda dengan sepatu oxford atau derby. Hanya saja sepatu ini tidak terdapat lipatan atau dekorasi sebagai penghiasnya. Meski terlihat polos dan sederhana, sepatu ini tetap memberi kesan elegan karena kerapian yang ditonjolkan.

 

11. Boat shoes

Sedangkan sepatu ini sangat cocok digunakan untuk gaya casual-formal. Bahkan sepatu ini merupakan salah satu jenis sepatu yang harus dimiliki. Tampilannya terlihat santai dan cukup banyak digemari anak muda.

 

12. Chelsea boots

Lalu jenis sepatu formal pria yang terakhir adalah jenis Chelsea. Sepatu ini adalah sepatu boots yang tidak memiliki tali, modelnya slip-on dan cukup praktis digunakan dibanding sepatu boots biasa. Chelsea boots memiliki model yang lebih resmi serta rapi, dan hal ini memudahkan untuk digunakan dengan setelan formal hingga casual.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya