14 Makanan Khas Kota Bekasi, dari Kuliner Berat sampai Camilan

Bekasi punya kuliner yang istimewa.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 20 Jun 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 14:00 WIB
Makanan Khas
Makanan Khas (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas kota Bekasi tak boleh terlewat saat berkunjung ke kota ini. Sebagai salah satu bagian dari kota Metropolitan, Bekasi menjadi kota padat penduduk yang tak pernah sepi. Tak cuma dikenal sebagai kota industri dan urban, Bekasi juga punya kuliner yang begitu khas.

Makanan khas kota Bekasi didominasi oleh kuliner Betawi. Meski kuliner Betawi bisa ditemukan di wilayah Jabodetabek lainnya, makanan khas kota Bekasi punya keistimewaan sendiri. Makanan khas kota Bekasi ini dapat dengan mudah ditemukan di tiap sudut kota Bekasi.

Makanan khas kota Bekasi juga sudah menjadi bagian tersendiri dari identitas kota satelit ini. Makanan khas kota Bekasi punya ragam bentuk mulai dari makanan berat, makanan ringan, hingga oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Berikut 14 makanan khas kota Bekasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(27/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makanan khas kota Bekasi

Deretan Kuliner Betawi Langka di Peluncuran Wajah Baru Tos.ca Dharmawangsa
Gabus pucung. (dok. 101 Hotel Dharmawangsa/Dinny Mutiah)

Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung merupakan kuliner Betawi yang terkenal di Bekasi. Kota Bekasi termasuk tempat budidaya ikan gabus. Dulu, Bekasi memiliki banyak rawa tempat ikan gabus hidup. Ini membuat Sayur Gabus Pucung menjadi andalan kuliner masyarakat sekitar. Gabus yang sudah digoreng dimasak dengan kuah hitam yang terbuat dari campuran kluwak yang rasanya sedikit pedas. Pemerintah Bekasi bahkan meminta seluruh hotel di wilayahnya memasukkan Gabus Pucung di dalam menu makanannya.

Oblok Tongki

Oblok Tongki mungkin nampak asing di telinga. Oblok Tongki merupakan makanan khas kota Bekasi yang berasal dari Betawi. Oblok Tongki merupakan olahan daging bebek yang dibumbui dengan cabai dan rempah yang kuat. Sekilas Oblok Tongki punya tampilan mirip rendang.


Makanan khas kota Bekasi

Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat
Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat

Sop Janda

Sop Janda bukan sop yang dibuat oleh janda, melainkan merupakan akronim dari "Jawa-Sunda". Sop ini cukup terkenal di Bekasi yang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedasnya. Sop Janda terdiri dari daging dan tulang sapi dipadukan dengan kuah panas yang segar.

Sayur Asam Bekasi

Makanan khas kota Bekasi yang tak kalah populer adalah sayur asam. Keistimewaan sayur asam Bekasi terletak pada rasanya yang lebih asam dari sayur asam lainnya.


Makanan khas kota Bekasi

Soto Tangkar
Soto tangkar tanpa jeroan dengan santan yang gurih (Liputan6.com/Komarudin)

Bandeng Rorod

Makanan khas kota Bekasi selanjutnya adalah Bandeng Rorod. Bandeng ini termasuk olahan bandeng tanpa duri yang diberi racikan bumbu khusus. Bandeng ini juga kerap dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang singgah di Bekasi. Nama Rorod didapat dari istilah Betawi cara menarik paksa tulang bandeng.

Soto Tangkar

Kuliner Betawi yang menjadi makanan khas kota Bekasi selanjutnya adalah Soto Tangkar. Soto ini berbahan dasar iga sapi yang direbus dengan bumbu dan rempah hingga lunak. Soto Tangkar merupakan salah satu kuliner yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.


Makanan khas kota Bekasi

Melihat Produksi Dodol Betawi yang Menurun Selama Pandemi Covid-19
Dodol Betawi (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dodol Bekasi

Dodol Bekasi mirip dengan dodol khas Betawi. Dodol ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa. Dodol Bekasi menjadi pilihan oleh-oleh yang banyak dicari pelancong. Dodol ini memiliki cita rasa legit dan manis di lidah.

Kue rangi

Kue rangi terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dicetak dengan cetakan pukis. Adonan kue ini dibakar dan disajikan bersama siraman kinca atau saus gula merah yang akan meleleh di mulur. Kue rangi bisa ditemukan di pasar atau tempat jajanan tradisional di Bekasi.


Makanan khas kota Bekasi

Akar Kelapa
Akar Kelapa makanan khas Betawi yang juga jarang ditemui saat ini (Liputan6.com/Komarudin)

Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa merupakan kue legendaris yang ada di Bekasi. Kue ini terbuat dari olahan tepung, kelapa parut, dan tepung ketan yang dibentuk seperti akar kelapa. Nama lain dari kue ini adalah kue procot, diambil dari salah satu proses pembuatannya.

Kue Dongkal

Kue Dongkal terbuat dari beras yang digiling kasar, kelapa parut, gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Rasa dongkal mirip dengan kue putu. Bedanya dongkal biasanya berbentuk kerucut mirip tumpeng. Dongkal biasanya disajikan diatas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa diatasnya.


Makanan khas kota Bekasi

6 Kue Khas Lebaran, Mana Incaranmu?
Biji Ketapang sangat popular di Jakarta dan menjadi kue yang selalu hadir saat Lebaran. Warnanya kecoklatan dan rasanya gurih. Kadang kala jika salah membuatnya rasanya bisa sekeras batu. (Istimewa)

Kue Duit

Ke duit memiliki bentuk mirip dengan kepingan uang logam. Bentuknya pipih bulat dengan rasa yang manis dan renyah. Kue ini banyak ditemukan di pasar tradisional dan toko oleh-oleh.

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang juga merupakan kue khas Betawi yang menjadi makanan khas kota Bekasi. Bentuknya mirip dengan biji ketapang dengan rasa manis yang renyah. Kue Biji Ketapang terbuat dari tepung terigu, mentega, gula, serta telur. Kue ini menjadi oleh-oleh yang populer di Bekasi dan kota Jabodetabek lainnya.


Makanan khas kota Bekasi

Wajik Ketan
Wajik Ketan (dok. Vidio.com/Masak.tv)

Kue Jalabia

Jalabia merupakan salah satu jajanan khas Betawi yang begitu legendaris. Kue ini terbuat dari tepung ketan, tepung beras, kelapa, santan, serta perasa gula merah. Jalabia punya bentuk bulat mirip donat namun memiliki warna hitam. Tekstur Jalabia mirip dengan dodol yang lengket. Jalabia punya rasa yang sangat manis dan legit.

Wajik Ketan

Makanan khas kota Bekasi terakhir adalah wajik ketan. Wajik ketan terutama ketan hitam menjadi makanan khas kota Bekasi yang banyak ditemukan. Wajik Ketan terbuat dari beras ketan dan gula merah. Makanan ini kerap hadir di berbagai acara dan melambangkan perekat silaturahmi dalam masyarakat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya