Ini Adalah Kata Tunjuk dan Termasuk Demonstrativa, Simak Penjelasan dan Contoh

Ini adalah kata yang bisa memberikan informasi tentang objek atau subjek yang berdekatan dengan pembicara.

oleh Laudia Tysara diperbarui 10 Nov 2023, 11:53 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 09:30 WIB
Perpustakaan Nasional RI
Siswa Sekolah Dasar (SD) membaca buku di ruang baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Selasa (18/2/2020). Selain megah dan memiliki koleksi lengkap, Perpusnas juga menyediakan ruangan perpustakaan untuk anak-anak, layanan untuk penyandang disabilitas dan lansia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kata ini dalam bahasa Indonesia berperan sebagai kata penunjuk atau kata tunjuk. Ini adalah kata yang bisa memberikan informasi tentang objek atau subjek yang berdekatan dengan pembicara atau dalam konteks pembicaraan.

Bersifat deiktis, kata ini memberikan petunjuk mengenai lokasi atau letak objek atau subjek dalam kaitannya dengan pembicaraan. Termasuk dalam kategori demonstrativa, kata ini adalah fungsinya khusus  menunjukkan atau menandai objek atau subjek tertentu.

Dalam pemakaian sehari-hari, kata ini fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai konteks pembicaraan. Meskipun umumnya berfungsi sebagai penunjuk objek dekat, kata ini dapat digunakan dengan adaptasi yang baik dalam berbagai situasi, baik formal maupun informal.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kata ini, fungsi, dan contoh kalimat dalam situasi formal serta informalnya, Jumat (10/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Penunjuk atau Tunjuk

Keriuhan Pelajar Ketika Membaca di Halaman Istana
Suasana di halaman Istana Negara saat sejumlah siswa memperingati Hari Buku Nasional, Jakarta, Rabu (17/8). Sebanyak 500 pelajar menikmati membaca dan mendengarkan dongeng di halaman istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kata ini dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai kata penunjuk atau kata tunjuk yang digunakan untuk menunjukkan objek atau subjek yang berada dekat dengan pembicara atau dalam konteks pembicaraan. Fungsinya bersifat deiktis, yang artinya kata ini memberikan informasi tentang lokasi atau letak objek atau subjek yang diacu relatif terhadap pembicaraan atau pembicara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan kata ini adalah kata penunjuk terhadap sesuatu yang letaknya tidak jauh dari pembicara. Kata ini pun termasuk jenis demontrativa. Pustaka Digital Indonesia menjelaskan demonstrativa adalah kata yang berfungsi untuk menunjuk atau menandai secara khusus orang atau benda, termasuk "ini" dan "itu."

Penggunaan kata ini merujuk pada objek fisik yang dapat diidentifikasi secara konkret, seperti benda, orang, atau tempat yang terletak dalam jarak yang relatif dekat dengan penutur. Misalnya, ketika seseorang mengatakan "Buku ini sangat menarik untuk dibaca," kata ini digunakan untuk menunjukkan bahwa buku tersebut berada dekat dengan penutur atau sedang dibicarakan pada saat itu.

Selain sebagai penunjuk objek dekat, kata ini juga dapat digunakan sebagai pembeda di antara berbagai objek atau sebagai penunjuk pilihan. Contohnya, dalam kalimat "Saya suka warna merah ini," kata "ini" digunakan untuk merinci bahwa warna merah yang sedang dibahas adalah warna merah yang konkretnya ditemukan atau dilihat oleh penutur. Dalam situasi pilihan, kata ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan preferensi atau pilihan subjek pembicara.

Dalam bahasa sehari-hari, kata ini seringkali digunakan secara fleksibel dan dapat muncul dalam berbagai konteks pembicaraan. Meskipun secara umum berfungsi sebagai penunjuk objek dekat, pemakaiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik dalam situasi formal maupun informal.


Contoh Kalimatnya

Perpustakaan Nasional RI
Siswa Sekolah Dasar (SD) membaca buku di ruang baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Selasa (18/2/2020). Selain megah dan memiliki koleksi lengkap, Perpusnas juga menyediakan ruangan perpustakaan untuk anak-anak, layanan untuk penyandang disabilitas dan lansia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kalimat di Situasi Formal

  1. Sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan, proposal ini harus disampaikan sebelum akhir bulan ini.
  2. Dalam sidang ini, kami akan membahas berbagai aspek implementasi rencana strategis perusahaan.
  3. Ketua rapat memandang perlu untuk mengklarifikasi poin-poin ini sebelum memasuki tahap diskusi lebih lanjut.
  4. Laporan penelitian ini menyajikan temuan-temuan yang signifikan terkait dengan dampak perubahan iklim di wilayah ini.
  5. Kami menilai bahwa keberhasilan proyek ini sangat tergantung pada pengelolaan risiko yang cermat sepanjang tahapan ini.
  6. Dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional, perusahaan ini akan menerapkan perubahan dalam kebijakan manajemen sumber daya manusia.
  7. Peraturan ini diberlakukan untuk memastikan kepatuhan semua pihak terhadap standar keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan ini.
  8. Dalam situasi ini, manajemen telah mengambil keputusan untuk meninjau ulang rencana pengembangan bisnis jangka panjang.
  9. Kami ingin mengingatkan semua anggota tim untuk memberikan kontribusi maksimal dalam mencapai tujuan proyek pada fase ini.
  10. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor risiko, keputusan untuk mengalokasikan dana investasi ini telah dibuat setelah kajian yang menyeluruh.

Kalimat di Situasi Informal

  1. Ini dia nih, hasil kreatifku yang baru selesai aku buat semalam. Keren, kan?
  2. Wah, tadi di kantor seru banget, gue sempet bingung sendiri sama peraturannya yang baru ini.
  3. Kamu mau makan di warung nasi goreng ini nggak? Enak loh, udah aku coba kemarin.
  4. Gimana kabarnya, nih? Udah lama nggak ketemu. Ada cerita apa dari liburan kali ini?
  5. Baru dapet info kalo konser band favorit bakal ada di kota ini bulan depan. Kita nonton yuk!
  6. Ini sih bener-bener hal yang nggak nyangka, gue kaget banget kemarin pas tau ini berita.
  7. Aku pengen ngajak kamu ke kafe baru ini, katanya sih kopi mereka paling enak di sekitar sini.
  8. Nih, foto yang aku ambil pas liburan kemarin. Lokasinya di pantai ini, indah banget kan?
  9. Gue lagi mikir, mungkin besok bisa dateng ke acara pesta ulang tahun temen deket kita ini.
  10. Sumpah, film yang baru tayang ini kocak abis! Pengen banget ngajak lo nonton bareng.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya