Aksi Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri Bikin Heboh, Gemas Pilot Terlambat

Pengumuman Bradley menggantikan pilot itu disambut sorak-sorai dari para penumpang.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 21 Jan 2024, 16:15 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2024, 16:30 WIB
Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri
Aksi Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri Bikin Heboh (Sumber: Michael Bradley via Irish Mirror)

Liputan6.com, Jakarta Tugas pilot tak lain adalah menerbangkan pesawat. Meski didampingi asisten, pilot tak bisa serta merta meninggalkan kokpit, harus digantikan pilot cadangan. Agar tidak terjadi seperti kisah penerbangan Manchester menuju Alicante, Spanyol pilot justru digantikan penumpang. 

Benar adanya, seorang pelancong asal Inggris merasa frustasi karena pilot easyJet tak muncul untuk penerbangan ke Spanyol. Lantas ia mengambil alih kendali. Michael Bradley akhirnya, menggantikan posisi yang kosong itu di Bandara Manchester.

Kisah unik ini sebenarnya terjadi pada 2019, tapi menjadi ramai kembali usai sejumlah media Inggris memberitakannya dan mencuri perhatian publik belum lama ini.

Bradley, yang sedang berlibur dengan keluarganya, menyampaikan pengumuman kepada penumpang sebelum lepas landas. Meskipun tanpa seragam, ia menyampaikan ke awak kabin segera lepas landas. 

 "Jadi, jika Anda tidak keberatan jika salah satu pilot Anda terlihat seperti ini hari ini, kami akan pergi ke Alicante."

Berikut Liputan6.com merangkum aksi penumpang terbangkan pesawat melansir dari New York Post dan Independent, Sabtu (6/1/2024).


Penumpang Ternyata Juga Pilot

Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri
Aksi Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri Bikin Heboh (Sumber: Michael Bradley via Irish Mirror)

Bradley sendiri merasa jenuh tak melakukan apapun dipaksa menanti jadwal keberangkatan. Usut punya usut, pilot pesawat yang seharusnya bertugas terlambat. 

"Saya berdiri di terminal tanpa melakukan apa pun. Saya sudah mendapatkan lisensi saya," ucap Bradley saat menelepon easyJet. Dalam 38 detik, dia diundang untuk menerbangkan pesawat ke Alicante, tujuan yang dituju, ungkap Bradley mengutip dari Evening News.

Juru bicara easyJet memuji keputusan Bradley yang sukarela mengambil alih penerbangan. "Ini menunjukkan komitmen serta dedikasi kru kami," kata juru bicara tersebut kepada media.

Menurut Bradley, dia diizinkan secara hukum untuk menerbangkan pesawat, meski dia sedang libur empat hari dia membawa surat lisensi izin terbangnya.

Penerbangan tanpa insiden tersebut membuktikan bahwa tindakan Bradley memastikan pelanggan mencapai tujuan mereka. Keterlibatan pilot yang sedang tidak bertugas memberikan kepercayaan kepada penumpang, meski kejadian ini cukup luar biasa.


Aksi Penumpang Gantikan Pilot Banjir Pujian

Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri
Aksi Penumpang Terbangkan Pesawat Sendiri Bikin Heboh (Sumber: Michael Bradley via Irish Mirror)

Keberhasilan penerbangan tanpa insiden tersebut juga menggambarkan bahwa keputusan Bradley untuk mengambil alih kendali benar-benar memastikan bahwa para penumpang mencapai tujuan mereka dengan aman. Pengumuman Bradley menggantikan pilot itu disambut sorak-sorai dari para penumpang.

Keterlibatan seorang pilot yang sedang tidak bertugas memberikan keyakinan kepada penumpang, membuktikan bahwa di dunia penerbangan, kerjasama dan keberlanjutan layanan memiliki peran krusial.

Kisah ini mengangkat pentingnya keputusan cepat dan tanggap dalam dunia penerbangan, di mana situasi tak terduga dapat terjadi kapan saja. Sikap positif dan siap siaga Bradley dalam menghadapi ketidakpastian memberikan contoh tentang bagaimana seorang profesional dapat menjawab situasi darurat dengan penuh dedikasi.

Dalam pernyataannya, Bradley menyampaikan bahwa ia siap membantu demi keamanan dan kepuasan penumpang. Insiden ini menciptakan narasi yang memotivasi, menunjukkan bahwa dedikasi dan semangat pribadi dapat menjadi kekuatan dalam menjawab tantangan tak terduga di dunia penerbangan yang dinamis.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya