8 Alasan Mengikuti OSIS yang Wajib Disimak, Bentuk Mental yang Kuat

Alasan mengikuti OSIS adalah untuk mengembangkan kepemimpinan.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 12 Jul 2024, 18:20 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 18:20 WIB
Ilustrasi anak sekolah (freepik)
Ilustrasi anak sekolah (freepik)

Liputan6.com, Jakarta Mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan pilihan yang menguntungkan, untuk membangun mental yang kuat. Terdapat beberapa alasan mengikuti OSIS salah satunya adalah terlibat dalam kegiatan-kegiatan OSIS, di mana siswa dapat belajar bagaimana mengatur waktu dengan bijak.

Beban tugas sebagai anggota OSIS mungkin bisa menantang, tetapi hal ini dapat mengajarkan siswa untuk mengelola waktu mereka dengan baik, agar tetap dapat menyelesaikan tugas dan kewajibannya sehari-hari. 

Alasan mengikuti OSIS juga memungkinkan siswa berinteraksi dengan sesama anggota OSIS lainnya. Saat mengikuti rapat dan menjalankan proyek bersama, siswa dapat belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain, bekerja dalam tim, serta mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.

Kolaborasi dalam OSIS juga dapat membantu siswa mengenal dan mendapatkan teman-teman baru, yang memiliki minat dan tujuan serupa, dalam membangun kepribadian dan karakter yang kuat. Selain itu, OSIS seringkali memberikan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kepemimpinan. Dengan menjadi anggota OSIS, siswa memiliki kesempatan untuk mempelajari dan mengasah berbagai keterampilan kepemimpinan. 

OSIS juga memberikan kesempatan siswa, untuk belajar tentang tanggung jawab dan pengambilan keputusan. Dalam menjalankan tugas-tugas mereka sebagai anggota OSIS, siswa akan memahami pentingnya bertanggung jawab atas tindakan mereka, dan mengenali dampak dari setiap keputusan yang mereka ambil. Berikut ini alasan mengikuti OSIS yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekilas Tentang Osis dan Strukturnya

Ilustrasi anak sekolah, teman sekelas
Ilustrasi anak sekolah, teman sekelas. (Photo by cottonbro studio from Pexels)

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah, adalah organisasi yang ada di sekolah-sekolah di Indonesia, terdiri dari siswa-siswi yang terorganisir dalam sebuah struktur kepengurusan yang jelas. Organisasi ini bertujuan untuk membentuk sikap kepemimpinan, meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap sekolah, serta mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh. OSIS juga berfungsi sebagai wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan ide dan gagasan demi kemajuan sekolah.

Dalam OSIS, terdapat berbagai jabatan seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan lainnya. Setiap jabatan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Selain itu, OSIS juga biasanya terbagi dalam beberapa departemen seperti kegiatan sosial, olahraga, seni dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi berbagai minat dan bakat siswa, serta memastikan semua aspek kehidupan sekolah dapat terjangkau oleh program OSIS.

Peran OSIS dalam kehidupan sekolah sangatlah penting. Organisasi ini menjadi wadah bagi siswa untuk berkontribusi dalam pengembangan sekolah dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat sekitar. Melalui OSIS, siswa dapat belajar dan berkembang secara menyeluruh, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Berikut ini struktur OSIS yang mencakup:

- Ketua OSIS: Pemimpin teratas yang bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatan OSIS.

- Wakil Ketua OSIS: Membantu ketua dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

- Sekretaris OSIS: Bertanggung jawab atas dokumentasi, pengelolaan arsip, dan penyusunan laporan kegiatan OSIS.

- Bendahara OSIS: Mengelola keuangan OSIS, termasuk dana masuk dan keluar serta penyusunan laporan keuangan.

- Dewan Pelaksana: Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan-kegiatan OSIS.

- Dewan Penasehat: Memberikan saran dan masukan kepada anggota OSIS.

Struktur OSIS bisa bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing sekolah. Beberapa sekolah mungkin memiliki struktur yang lebih kompleks dengan tambahan divisi atau jabatan lainnya, untuk mengakomodasi kebutuhan khusus. Namun, inti dari struktur OSIS tetap sama, yaitu untuk memastikan organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam mencapai tujuannya.


Alasan Mengikuti OSIS

Ilustrasi anak sekolah, siswa
Ilustrasi anak sekolah, siswa. (Photo by Wasio Kadir on Pexels.com)

1. Mengasah Jiwa Kepemimpinan

Bergabung dengan OSIS merupakan kesempatan emas, untuk melatih dan mengasah kemampuan kepemimpinan. Bahkan jika kamu tidak menjabat sebagai ketua, berbagai agenda dan kegiatan dalam organisasi ini sangat efektif, untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan. Melalui interaksi dan koordinasi dengan anggota OSIS lainnya, kamu akan terlibat dalam pengambilan keputusan, perencanaan dan pelaksanaan berbagai kegiatan. Proses ini akan membantu kamu memahami dinamika kepemimpinan yang sebenarnya, membentuk karakter yang kuat, serta melatih kemampuan untuk memimpin orang lain dengan efektif.

2. Membentuk Mental yang Kuat

Selain mengasah kepemimpinan, menjadi anggota OSIS juga sangat bermanfaat untuk membentuk mental yang kuat. Dalam OSIS, kamu akan sering berinteraksi dengan berbagai anggota dan menghadapi beragam tantangan. Sebagai koordinator kegiatan sekolah, kamu akan belajar bagaimana mengatasi tekanan, mengelola stres, dan mengambil keputusan penting dalam situasi yang menantang. Seiring waktu, kamu akan mengembangkan ketahanan mental yang lebih baik dan kematangan emosional, sehingga lebih siap menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari tanpa mudah terpengaruh oleh hal-hal yang sensitif.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika kamu sering merasa takut, minder, atau kurang percaya diri, bergabung dengan OSIS bisa menjadi solusi yang tepat. Berbagai kegiatan dan aktivitas dalam organisasi ini akan memberimu banyak kesempatan untuk tampil dan berbicara di depan umum. Kamu akan sering berpartisipasi dalam sosialisasi kegiatan sekolah, kampanye peraturan dan presentasi di depan banyak orang. Dengan seringnya melakukan hal-hal tersebut, rasa percaya dirimu akan meningkat secara signifikan. Setiap pengalaman berbicara di depan umum akan memberikan kepercayaan diri lebih, yang bermanfaat baik dalam kehidupan akademis maupun profesional di masa depan.

4. Prestasi dan Peluang Akademis

Salah satu keuntungan yang tak kalah penting dari menjadi pengurus OSIS adalah terbukanya peluang akademis yang lebih luas. Keterlibatan aktif dalam OSIS dapat membuka jalur khusus untuk masuk perguruan tinggi. Banyak universitas yang memberikan nilai tambah bagi calon mahasiswa yang aktif di organisasi sekolah, termasuk OSIS. Selain itu, menjadi pengurus OSIS juga dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan beasiswa. Partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti OSIS menunjukkan komitmen dan kemampuan manajemen waktu yang baik, serta kemampuan berorganisasi dan memimpin. Semua ini dapat berdampak positif terhadap prestasi akademis dan memperkuat aplikasi beasiswa maupun pendaftaran ke perguruan tinggi.


5. Menambah Jaringan Pertemanan

Ilustrasi siswa, anak sekolah, SMP
Ilustrasi siswa, anak sekolah, SMP. (Photo by Ed Us on Unsplash)

OSIS juga merupakan tempat yang tepat untuk menambah jaringan pertemanan. Melalui berbagai kegiatan dan pertemuan OSIS, kamu akan memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman dari berbagai kelas dan tingkatan. Ini tidak hanya memperluas lingkaran sosialmu tetapi juga meningkatkan kemampuan dalam berkolaborasi dengan orang lain. Dengan menjalin hubungan baik dengan siswa-siswa lain di sekolah, kamu akan belajar bekerja dalam tim, menghargai perbedaan, dan memahami dinamika kelompok yang beragam.

6. Mengasah Rasa Tanggung Jawab

Mengembangkan rasa tanggung jawab tidak perlu menunggu sampai kamu menjadi ketua OSIS. Sebagai anggota biasa pun, kamu akan diberikan tugas-tugas tertentu yang harus dilaksanakan selama masa kepengurusan. Misalnya, jika kamu menjabat sebagai sekretaris, tanggung jawabmu adalah membuat pengumuman dan selebaran mengenai kegiatan sekolah yang akan dibagikan kepada siswa lainnya. Setiap tanggung jawab yang diberikan akan mengajarkan kamu untuk lebih disiplin, bertanggung jawab atas peran yang diemban, dan berkomitmen terhadap tugas yang diberikan. Ini akan membantumu membangun karakter yang bertanggung jawab dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

7. Kontribusi Positif terhadap Sekolah

Salah satu tujuan utama bergabung dengan OSIS dan menjadi pengurus aktif, adalah memberikan kontribusi positif terhadap kehidupan sekolah. Sebagai anggota OSIS, kamu memiliki kesempatan untuk berperan serta dalam menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan suportif. Melalui berbagai kegiatan dan program yang diinisiasi oleh OSIS, kamu dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa, membangun rasa kebersamaan, dan menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan akademis dan non-akademis. Partisipasimu dalam OSIS juga menunjukkan rasa tanggung jawab dan komitmen terhadap kemajuan sekolah, yang akan diingat dan dihargai oleh seluruh komunitas sekolah.

8. Memahami Proses Kelembagaan

Menjadi pengurus OSIS juga memberikan pemahaman mendalam tentang proses kelembagaan. OSIS berfungsi sebagai miniatur lembaga yang menyiapkan kit,  untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan terlibat aktif dalam OSIS, kamu belajar bagaimana sebuah lembaga, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, beroperasi dan bagaimana dinamika internalnya berjalan. Kamu akan mengamati dan berpartisipasi langsung dalam interaksi antara siswa, guru, dan pihak sekolah. Pengalaman ini akan memberi kamu wawasan tentang tata kelola organisasi, pembuatan kebijakan, serta cara mengelola konflik dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi semua pihak.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya