8 Sikap Angkuh yang Bisa Membuatmu Jadi Public Enemy, Segera Introspeksi Diri

Terdapa beberapa ciri sikap angkuh yang membuat orang lain tidak menyukaimu dan menjauhimu.

oleh Miranti diperbarui 26 Jul 2024, 15:48 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 15:48 WIB
Ilustrasi orang sombong, keras kepala
Ilustrasi orang sombong, keras kepala. (Image by kues1 on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Sikap angkuh atau sombong sering kali menjadi penghalang utama dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain. Ketika seseorang memperlihatkan sikap merasa superior atau tidak peduli terhadap perasaan orang lain, hal ini dapat menciptakan ketegangan dan merusak interaksi sosial.

 Akibat parahnya berujung pada kamu yang tidak disukai bahkan dijauhi oleh orang-orang di sekitarmu. Tak menutup kemungkinan juga kamu jadi public enemy atau musuh bersama.

Nah, yuk kita kenali tanda-tanda sikap angkuh ini agar kamu dapat menghindarinya dan menjadi pribadi yang lebih disukai oleh orang-orang di sekitar kita. Berikut selengkapnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (26/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Suka Membanggakan Diri Secara Berlebihan

Sulit Terpengaruh, 5 Zodiak Ini Terkenal Keras Kepala
Ilustrasi sombong, angkuh, wanita. (Freepik)

Tak ada kesalahan dalam merasa bangga atas prestasi yang telah diraih, namun apabila kamu terlalu sering membanggakan diri sendiri dan meremehkan pencapaian orang lain, hal ini dapat membuatmu terlihat sombong. Orang-orang justru lebih menyukai individu yang rendah hati dan mampu menghargai keberhasilan orang lain juga.


2. Kurang Empati

Anak Kurang Empati, Harus Bagaimana?
Anak Kurang Empati, Harus Bagaimana?

Sikap sombong sering kali disertai dengan kekurangan rasa empati terhadap perasaan orang lain. Jika dirimu lebih condong tidak ambil pusing dengan kesulitan atau perasaan individu di sekitarmu, hal ini bisa menyebabkan mereka merasa diabaikan dan dijauhi. Mari belajar untuk lebih sensitif terhadap perasaan orang lain dan menunjukkan kepedulian yang tulus.


3. Suka Menilai Orang Lain

Menilai orang lain
Ilustrasi membicarakan orang lain. (Foto: Pixabay)

Menghakimi atau mengomentari orang lain dengan mudah adalah bukti nyata dari kesombongan. Jika kita terlalu sering mengeluarkan komentar negatif tentang penampilan, pekerjaan, atau kehidupan pribadi orang lain, kamu akan terlihat angkuh dan tidak menyenangkan. Sebaiknya kamu berusaha untuk lebih mengedepankan hal-hal positif dan menghindari menghakimi orang lain.


4. Tidak Mengakui Kesalahan

Mengedepankan Ego dan Tidak Mau Mengakui Kesalahan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Alex

Seringkali, orang yang terlalu angkuh sulit untuk mengakui kesalahan yang mereka lakukan. Mereka lebih suka menyalahkan orang lain atau bahkan mencari berbagai alasan untuk menutup-nutupi kesalahan mereka sendiri.

Namun, sebenarnya mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah ciri dari kedewasaan dan kerendahan hati. Tindakan ini juga menunjukkan betapa kamu menghargai hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu.


5. Suka Pamer

Pameran Pariwisata Arab Saudi di Luar Umrah Digelar di Mal Kota Kasablanka, Kesempatan Bikin Visa Turis di Tempat
Ilustrasi wisata ke Arab Saudi. (dok. Otoritas Pariwisata Arab Saudi)

Apabila seringkali kamu menunjukkan dengan bangga barang-barang mewah atau kekayaanmu di hadapan orang lain, sikap ini dapat dianggap sebagai angkuh yang tak dihargai. Sebaliknya, kesederhanaan dan kerendahan hati justru lebih disukai oleh banyak orang. Maka, berusahalah untuk tetap rendah hati dan tidak terlalu mencolok dalam memamerkan apa yang kamu miliki.


6. Tidak Mendengarkan Orang Lain

Sulit Terpengaruh, 5 Zodiak Ini Terkenal Keras Kepala
Ilustrasi sombong, angkuh, wanita, marah. (Freepik)

Orang yang angkuh cenderung tidak mendengarkan orang lain dan lebih suka berbicara tentang diri mereka sendiri. Ini bisa membuat orang lain merasa tidak dihargai dan diabaikan. Mendengarkan dengan baik adalah tanda bahwa kamu menghargai orang lain dan peduli dengan apa yang mereka katakan.


7. Merasa Paling Benar

Ilustrasi ego
Ilustrasi ego. (Image by master1305 on Freepik)

Sikap angkuh seringkali ditunjukkan dengan merasa diri paling benar dan sulit menerima pendapat orang lain. Jika kamu sering mengabaikan atau meremehkan pandangan orang lain dan selalu merasa bahwa hanya pendapatmu yang benar, ini bisa menjadi tanda sikap angkuh. Cobalah untuk lebih terbuka mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain.


8. Merasa Lebih Superior

perempuan angkuh
Ilustrasi perempuan yang merasa paling hebat/copyright unsplash.com/Tamara Bellis

Individu yang merasa lebih unggul dari orang lain seringkali menunjukkan sikap merendahkan atau tidak menghargai pendapat serta kontribusi orang lain. Sikap ini membuat orang di sekitarnya merasa tidak dihargai dan dapat menciptakan ketidaknyamanan dalam berinteraksi.

Tidak ada yang sempurna dan setiap orang pasti pernah menunjukkan sikap angkuh dalam hidupnya. Namun, penting untuk selalu berusaha memperbaiki diri dan menghindari sikap-sikap yang bisa membuat kita dijauhi oleh orang lain. Dengan menjadi pribadi yang rendah hati, empatik, dan menghargai orang lain, kamu bisa membangun hubungan yang lebih baik dan lebih harmonis dengan orang-orang di sekitarmu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya