7 Doa Sehari-Hari yang Mudah Dihafalkan, Ini Amalannya

Berdoa adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 29 Jul 2024, 14:48 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 14:48 WIB
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir. (Image by Aamir Mohd Khan from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Berdoa adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Dengan berdoa, dapat merasa lebih dekat dengan Tuhan, memperoleh ketenangan batin, dan mendapatkan petunjuk dalam menjalani kehidupan. Memiliki kebiasaan berdoa setiap hari juga dapat membantu untuk menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri dan positif.

Namun, terkadang menghafalkan banyak doa bisa terasa sulit, terutama bagi anak-anak atau mereka yang baru mulai beribadah secara rutin. Oleh karena itu, penting untuk memulai dengan doa-doa yang sederhana dan mudah dihafal.

Berikut ini adalah tujuh doa sehari-hari yang singkat dan praktis, tetapi penuh makna dan manfaat bagi kehidupan yang telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa sebelum Tidur

anak tidur
ilustrasi anak tidur/copyright By TinnaPong from Shutterstock

Membaca doa sebelum tidur adalah sebuah bentuk penghormatan dan ketergantungan kepada Allah swt. Dengan mengucapkan doa sebelum tidur, harus menyadari bahwa hidup dan kematian berada dalam kekuasaan-Nya. Berikut ini adalah doa sebelum tidur yang perlu dibaca: "Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati." (Sahih Bukhari, At-Tauhid: 6845).

 


2. Doa Bangun Tidur

anak bangun tidur
Ilustrasi anak bangun tidur bahagia/copyright shutterstock.com/bluedog studio

Membaca doa ketika bangun dari tidur merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah swt atas anugerah hidup yang diberikan-Nya. Berikut ini adalah doa bangun tidur yang perlu di baca: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya kami akan kembali."

 


3. Doa sebelum Makan

Menyiapkan Snack Sehat
Ilustrasi Anak Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Alex

Membaca doa sebelum makan sangat disarankan. Dengan menyebut nama Allah sebelum makan, mengingatkan diri sendiri bahwa rezeki dan nikmat berasal dari Allah. Doa sebelum makan juga merupakan ungkapan syukur atas makanan yang diberikan kepada anda.

Berikut ini adalah doa sebelum makan yang sebaiknya dibaca: "Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada kami atas rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka." (HR Malik) Setelah berdoa, dapat menikmati makanan dengan rasa syukur dan kesadaran atas anugerah dari Allah. Selalu berdoa dengan ikhlas dan tulus, serta bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

 


4. Doa Bercermin

Menengok Anak-Anak Yatim Beribadah Saat Ramadan di Srinagar
Anak-anak yatim Muslim mengenakan masker berdoa sambil menjaga jarak sosial di dalam pusat panti asuhan selama bulan suci Ramadan di Srinagar (11/5/2020). (AFP/Tauseff Mustafa)

Doa bercermin diucapkan ketika  berdiri di depan cermin dan bertujuan untuk menyelaraskan niat serta menyadari bahwa penampilan fisik hanyalah milik Allah Swt. Yang lebih penting adalah akhlak dan budi pekerti. Doa ini memohon kepada Allah agar membantu menjadi pribadi yang baik, sopan, dan bertakwa dalam kehidupan.

Berikut ini adalah doa bercermin yang sebaiknya di baca: "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindahkanlah akhlakku." (HR Tirmidzi)


5. Doa Naik Kendaraan

ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Membaca doa sebelum naik kendaraan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah atas kemudahan yang diberikan-Nya dalam bertransportasi. Dengan berdoa seperti ini, harus mengakui bahwa segala yang di miliki, termasuk kendaraan yang digunakan, adalah karunia dan kehendak-Nya.

Ini adalah doa yang harus di baca dan amalkan sebelum naik kendaraan: "Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wama kunna lahu muqriniin, wa inna ila rabbina lamunqalibuun." Artinya: Mahasuci Allah yang telah menundukkan segala makhluk untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. 


6. Doa Masuk Kamar Mandi

Doa Mandi Wajib Setelah Haid
Doa Mandi Wajib Setelah Haid (sumber: pixabay)

Kamar mandi adalah tempat yang sering dihuni oleh jin dan setan. Oleh karena itu, sebelum memasuki kamar mandi, sebaiknya membaca doa berikut ini: "Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaitsi." Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.


7. Doa Keluar Kamar Mandi

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. (Photo created by 8photo on www.freepik.com)

Doa Keluar kamar mandi , ini yang doa yang dibaca saat keluar kamar mandi ,"Ya Allah, dengan harapan ampunan-Mu, segala puji hanya bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari tubuhku dan menjadikanku sehat". 

Dengan menggunakan bahasa yang menarik dalam Bahasa Indonesia,  dapat berdoa dengan penuh keikhlasan dan harapan agar Allah membantu untuk menjadi pribadi yang baik dan bertakwa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya