8 Cara Mengenali Cowok Red Flag, Jangan Biarkan Urusan Asmaramu Jadi Merana

Mengenal tanda-tanda pria red flag sejak awal dapat mencegah terjadinya patah hati.

oleh Miranti diperbarui 14 Agu 2024, 19:37 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 19:37 WIB
Ilustrasi bermain tebak-tebakan bersama pasangan, pacar, tertawa, lucu
Ilustrasi bermain tebak-tebakan bersama pasangan, pacar, tertawa, lucu. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjalin hubungan yang sehat dan menguntungkan, penting untuk mengenali tanda-tanda pria red flag yang berbahaya. Istilah Red flag atau tanda bahaya dalam hubungan mengacu pada tanda peringatan yang menunjukkan perilaku tidak sehat atau manipulatif. Selain itu istilah red flag juga sering kali digunakan dalam percakapan seputar hubungan yang toxic.

Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu kamu menghindari hubungan yang tidak sehat dan merugikan. Sementara ciri-ciri pria red flag sering kali tampak sepele pada awalnya, namun bisa berkembang menjadi masalah besar jika diabaikan. 

Salah satu ciri-ciri pria red flag adalah perilaku kontrol yang berlebihan. Ciri-ciri pria red flag lainnya adalah kecenderungan untuk merendahkan atau mengkritik secara terus-menerus. Ini dia beberapa ciri-ciri yang perlu kamu tahu tentang pria red flag sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (14/8/2024):

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mengabaikan batasan

Ilustrasi bertemu mantan pacar
Ilustrasi bertemu mantan pacar. (Foto oleh RDNE Stock project: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dan-wanita-berdiri-di-samping-mobil-putih-5617740/)

Pria yang tidak menghormati batasan seringkali menunjukkan perilaku yang tidak menghormati privasi dan ruang pribadimu. Sebagai contoh, dia terus-menerus menghubungimu meskipun kamu sudah mengatakan sedang sibuk atau tidak ingin diganggu. 


2. Mengontrol dan Posesif

Salah satu ciri ciri pria red flag adalah sikap mengontrol dan posesif. Dia mungkin ingin tahu semua kegiatan, dengan siapa kamu bertemu, dan bahkan memeriksa ponsel tanpa izin. Sikap ini bisa menandakan bahwa dia tidak mempercayaimu.


3. Emosional yang Tidak Stabil

Pria yang sering marah tanpa alasan jelas, atau yang suasana hatinya berubah-ubah secara drastis, bisa menjadi tanda bahaya. Emosional yang tidak stabil bisa mempengaruhi kesehatan mental kamu dan menciptakan lingkungan yang tidak nyaman. 


4. Manipulatif

Pria yang manipulatif cenderung memutarbalikkan fakta atau membuatmu merasa bersalah untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Dia mungkin menggunakan taktik seperti gaslighting untuk membuatmu meragukan diri sendiri dan keputusan.


5. Tidak Bertanggung Jawab

Ciri-ciri pria red flag lainnya adalah ketidakmampuan untuk bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka. Dia mungkin sering menyalahkan orang lain atau situasi atas kesalahannya sendiri, dan jarang mengakui kesalahan. 


6. Memiliki Riwayat Kekerasan

Campur Tangan Keluarga hingga Masalah KDRT
Ilustrasi KDRT Credit: pexels.com/Karolina

Pria yang memiliki riwayat kekerasan, baik fisik maupun verbal, terhadap pasangan sebelumnya atau orang lain, sebaiknya dihindari. Kekerasan dalam bentuk apapun tidak dapat diterima dan merupakan tanda bahaya besar dalam sebuah hubungan.


7. Tidak Mendukung Pertumbuhan Pribadi

pria yang tidak mendukung atau bahkan menghalangi pertumbuhan pribadi dan profesional juga merupakan red flag. Dia mungkin merasa terancam oleh kesuksesanmu atau tidak ingin Anda berkembang lebih jauh karena takut kehilangan kontrol.


8. Berbicara Buruk tentang Mantan

Membuatmu Membohongi Diri Sendiri dan Orang Lain
Ilustrasi Pasangan yang Toxic Credit: pexels.com/Oleg

Jika dia sering berbicara buruk tentang mantan pasangan atau menunjukkan rasa benci yang berlebihan, ini bisa menjadi tanda bahwa dia belum sepenuhnya move on. Ini dapat menciptakan ketidakamanan dalam hubungan kalian. 

Mengenali ciri-ciri cowok red flag ini dapat membantu kamu menghindari hubungan yang tidak sehat dan merugikan. Penting untuk selalu mendengarkan intuisi dan tidak ragu untuk mengambil langkah mundur jika kamu merasa ada tanda-tanda bahaya dalam hubungan.  

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya